4 Rahasia Agar Anak Tetap Sehat dan Bugar Dalam Aktivitas Sekolah

4 Rahasia Agar Anak Tetap Sehat dan Bugar Dalam Aktivitas Sekolah

Infogtk.org – Sahabat Info GTK masa dimana anak memasuki usia sekolah adalah satu masa dimana kita selaku orang tua sangat bahagia, Kenapa? Sedikit tips 4 Rahasia Agar anak Tetap Sehat dan Bugar Dalam Aktivitas Sekolah.

Karena pada masa itu anak sudah belajar bersosialisasi dengan temen seusianya memliki teman baru. Anak sudah belajar aktif untuk menjalanka proses belajar bersama temannya.

Akan tetapi jarang atau sedikit orang tua yang mengetahui masalah yang terjadi pada anak. biasanya ada beberapa anak yang pulang sekolah tetap aktif dirumah dan ada juga anak yang mengalami lelah ketika pulang sekolah.

Hal ini perlu kita waspadai artinya selaku orang tua harus awas pada kondisi anak dalam aktivitas anak sehari-hari. Baca juga informasi mengenai 11 Bahaya Gadget Pada Anak Untuk Masa Depannya agar menjadi catatan penting dalam mengasuh dan mendidik anak.

Baca Juga : 11 Bahaya Gadget Pada Anak Untuk Masa Depannya

Jika anak mengalami permasalahan yang diatas, maka perhatikan 4 hal dibawah ini:

4 Rahasia Agar anak Tetap Sehat dan Bugar Dalam Aktivitas Sekolah

1. Kurang asupan dari buah dan sayur

Keluhan orang tua biasanya anak suka menolak jika orang tua menyuruh mamakan buah dan sayur. hal ini bukan suatu yang baru dihadapi oleh orang tua terhadap anak dimasa usia sekolah maupun balita, padal kita sudah mengetahui vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan dalam tumbuh kembang pada tubuh anak. Pada akhirnya anak dalam aktivitas sering mengeluh susah buang air besar atau sembelit pada saat buang air besar.

Untuk dapat mengatasi hal tersebut. Ibu dapat menyajikan buah dan olahan sayur menjadi yang menarik dan kretaif. Contoh buah buahan yang dapat disajikan dengan cara menarik anak. misal ibu dapat sajikan buah dalam bentuk yang lain misal buha yang dikemas seperti sate buah, jus buah, dan es buah dll. bebrapa contoh sayuran yang dikemas mearik buat anak dengan menggunakan ide Nugget dibentuk yang lucu atau sayuran dimasukkan dalam risolis dan seterusnya.

2. Kurang istirahat 

Dunia anak memang dunia bermain namun tidak sedikit anak jika sudah bermain lupa pada istirahatnya, jam tidur siang sangat penting untuk anak. Pada malam hari anak keasikan menonton TV sehingga lupa pada istirhatnya lupa pada tugas sekolahnya karena keasikan menonton TV.

Orang tua harus berperan aktiv untuk mengingatkan anak agar beristirahat pada waktu yang sudah ditentukan untuk istirahat. anak  dapat bisa kehilangan konsentrasi jika kurangnya istrihat sehinggga terdapat anak yang tdiru dalam kelas. masalah berat badan dan emosi yang tidak stabil.

3. Jajan sembarangan 

Jajan adalah suatu hal yang disukai anak. Dalam hal ini orang tua kesulitan memantau secara langsung aktivitas jajan disekolah, sehingga banyak anak yang jajan sembarangan. Kita sama-sama ketahui jajanan yang terdapat diluar lingkungan rumah sering terdapat banyak pengawet, pewarna dan MSG yang mana zat ini tidak aman untuk kesehatan anak.

Baca Juga : Pendidikan Karakter: Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Urgensinya Bagi Pendidikan

4. Tidak mencuci tangan sebelum makan atau setelah dari toilet

Mencuci tangan sebelum makan adalah suatu hal yang sangat penting dilakukan, walaupun makanan yang dimakan sehat tetapi kalau tidak cuci tangan maka kesehatannya pun terganggu. Hal ini sering dialami oleh anak kita disekolah. Aktivitas anak yang dunianya bermain bisa saja memegang suatu hal yang teradapat kuman, apalagi kalau anak suka bermain dilapangan banyak debu dll.

Dalam hal ini orang tua harus selalu mengingatkan pada anak untuk mencuci tangan sebelum makan, agar anak kita terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh kuman.

Demikianlah Info GTK sedikit ulasan 4 Rahasia Agar anak Tetap Sehat dan Bugar Dalam Aktivitas Sekolah yang bisa bapak/ibu terapkan dilingkungann sekolah maupun lingkungan keluarga, semoga bermanfaat.

Syarif Hidayatullah
Operator SDN Periuk 3 Kota Tangerang | Pembina Pramuka | Guru Spritual

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *