7 Hal Yang Wajib Anda Ketahui Tentang PIP

7 Hal Yang Wajib Anda Ketahui Tentang PIPinfogtk.org – Sahabat Info GTK pada pembahasan kali ini akan dijelaskan secara rinci tentang 7 Hal Yang Wajib Anda Ketahui Tentang PIP (Program Indonesia Pintar). Pada dasarnya Program Indonesia Pintar atau yang biasa kita sebut dengan istilah PIP melalui KIP (Kartu Indonesia Pintar).

PIP adalah program bantuan tunai pendidikan kepada seluruh anak usia sekolah (6-21 tahun) yang memiliki KIP (Kartu Indonesia Pintar), atau yang berasal dari keluarga miskin dan rentan contohnya keluarga/rumah tangga pemegang KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) atau siswa yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya.

Sebelum kita bahas lebih dalam PIP (program indonesia pintar) setidaknya ada beberapa hal yang perlu anda ketahui, diantaranya sebagai berikut:

Alur Tentang PIP (Program Indonesia Pintar)

1 Apa itu PIP?
Seperti ulasan diatas bahwa PIP (Program Indonesia Pintar) melalui KIP (Kartu Indonesia Pintar) adalah biaya bantuan tunai pendidikan yang disalurkan kepada anak usia sekolah (usia 6 – 21 tahun), sasarannya berasal dari keluarga miskin, rentan miskin: pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), peserta PKH (Program Keluarga Harapan), yatim piatu, penyandang disabilitas, korban bencana alam/musibah. Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan bagian dari penyempurnaan program BSM (Bantuan Siswa Miskin).

 

[artikel number=3 tag=”pip” ]

2. Untuk apa tujuan PIP?
Pada dasarnya PIP (Program Indonesia Pintar) disusun untuk membantu anak-anak usia sekolah yang berasal dari keluarga miskin/rentan miskin/prioritas agar bisa mendapatkan layanan pendidikan sampai dengan tamat pendidikan menengah, baik itu yang jalur pendidikan formal (mulai SD/MI hingga anak Lulus SMA/SMK/MA) maupun jalur pendidikan non formal (Paket A hingga Paket C serta kursus terstandar).

Melalui program PIP (Program Indonesia Pintar) pemerintah mencoba berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar dapat kembali melanjutkan pendidikannya. PIP (Program Indonesia Pintar) ini juga diharapkan dapat meringankan beban biaya personal pendidikan peserta didik.

3. Untuk Siapa Sasaran Utama PIP?
Point utama sasaran penerima dana bantuan PIP (Program Indonesia Pintar) adalah:

  • Peserta didik pemegang KIP (Kartu Indonesia Pintar).
  • Peserta didik yang berasal dari keluarga miskin/rentan miskin dengan berbagai pertimbangan khusus.
  • Peserta didik SMK yang menempuh studi keahlian kelompok bidang: Pertanian, Perikanan, Peternakan, Kehutanan, Pelayaran, dan Kemaritiman.

Share This Post

Post Comment