Angka Kredit Menjadi Syarat Untuk Kenaikan Pangkat

infogtk.org – Persoalan Angka Kredit Menjadi Syarat Untuk Kenaikan Pangkat menjadi topik bahasan kali ini. Menjadi guru memang mempunyai banyak kelebihan, dan keutungan yang tak terduga salah satunya yaitu mendapat kesempatan untuk naik pangkat. Tetapi dalam prosesnya, kenaikan pangkat guru bisa diusahakan dengan jalan yang cukup sulit. Guru harus memenuhi akumulasi beberapa angka kredit yang harus dipenuhi. Angka kredit proses kenaikan pangkat bisa didapat guru biasanya setelah melakukan Penilaian Kinerja Guru (PKG).

Proses Penilaian Kinerja Guru (PKG) didasari pada pada pencapaian kerja guru selama satu tahun dan jumlah keseluruhan angka kredit yang ia ambil. Maka timbulah pertanyaan yang bikin penasaran, apakah angka kredit saya sudah memenuhi untuk proses kenaikan pangkat ?

Jawaban pertanyaan ini bisa kita dapatkan dengan lugas pada Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Birokrasi PermanRB nomer 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru, dan Angka Kreditnya. Yang kurang lebih berbunyi bahwa setiap guru supaya mendapat kenaikan pangkat harus memenuhi persyaratan angka kredit keseluruhan minimal serta angka kredit per jenjang.

Untuk lebih mempermudah pemahaman guru tentang jumlah angka kredit kumulatif minimal serta angka kredit perjenjang maka akan saya ilustrasi sebagai berikut:

Pak Maman sekarang berposisi pada jabatan guru pertama dengan pangkat penata muda tingkat I, III/b. Supaya naik jabatan pada jenjang selanjutnya yaitu jabatan guru muda pangkat penata, III/c. Maka angka kredit yang harus dipenuhi yaitu lima puluh, supaya paling tidak angka kredit kumulatif menjadi dua ratus.

[artikel number=3 tag=”pendidikan” ]

Namun perlu kita perhatikan, usut punya usut angka kredit sebanyak lima puluh, ini setidaknya memenuhi beberapa cakupan diantaranya harus memenuhi komposisi 90% dari unsur utama, serta 10% unsur penunjang.

Komposisi Angka Kredit Guru
Kemudian unsur utama sendiri setidaknya terdiri dari kegiatan pembelajaran, pendidikan, serta pelatihan keprofesian.

Pages ( 1 of 2 ): 1 2Next »

Share This Post

Post Comment