Apa Keunikan Rumah Adat Lamin

Apa Keunikan Rumah Adat Lamin

Rumah lamin adalah rumah panggung dengan daya tampung yang sangat besar. Suku dayak ini punya rumah yang sudah turun temurun mereka gunakan.

Pin On Home Decor

Rumah ini dibangun dengan dua jenis tiang.

Apa Keunikan Rumah Adat Lamin. Rumah adat ini dianggap juga sebagai identitas masyarakat dayak di kalimantan timur. Lamin bisa dihuni 12 sampai 30 keluarga. Besarnya daya tampung rumah ini merupakan tanda bahwa masyarakat dayak di daerah kalimantan timur memiliki sifat kekeluargaan yang tinggi.

Mereka hidup di sekitar hutan dan aliran sungai besar. Rumah lamin memiliki panjang sekitar 200 300 meter dengan lebar 15 meter dan tinggi 3 meter. Lamin memiliki panjang sekitar 300 meter sambung menyambung dengan lebar kurang ebih 15 meter dan tinggi 3 meter.

Berikut ini penjelasan lengkapnya. Kamu bisa menyebut hunian mereka dengan nama rumah adat. Karena ukurannya yang cukup besar rumah lamin dapat dihuni oleh beberapa keluarga.

Keunikan rumah lamin terletak pada ukurannya yang besar. Nah demikian sedikit yang bisa kami sampaikan tentang keunikan rumah adat kalimantan timur yang bernama rumah lamin. Keunikan rumah adat lamin yang terletak di kalimantan timur menarik untuk diulas pada kesempatan ini.

Panjang yang dimiliki rumah lamin berkisar 300 meter lebar 15 meter dan dengan tinggi. Jenis kayu hutan ini memiliki tingkat ketahanan dengan level yang sangat tinggi. Rumah adat ini berbentuk rumah panggung yang sambung menyambung.

Rumah adat lamin merupakan salah satu rumah adat yang dimiliki oleh suku dayak yang berasal dari kalimantan timur. Bahkan satu rumah lamin ada yang dihuni hingga 30 keluarga. 5 keunikan rumah adat tradisional lamin kalimantan timur yang keren.

Keunikan lain yang dimiliki rumah lamin yang membuatnya berbeda dari rumah adat yang lain adalah bentuknya yang memiliki ukuran besar. Rumah dari suku dayak ini bukan saja berfungsi untuk tempat tinggal namun juga sebagai sebagai tempat digelarnya acara adat bersama warga setempat. Bentuk rumahnya sangat unik tapi cukup aman menjaga penghuninya dari berbagai macam bahaya.

Kalimantan sangat terkenal dengan hasil kayunya salah satunya adalah jenis kayu ulin yang hanya ada di kalimantan. Bahkan untuk ukuran jumbo ini ada rumah yang berukuran 300x15x3 meter untuk panjang lebar dan tingginya. Rumah adat ini sendiri diresmikan oleh pemerintah pada tahun 1967 dan mempunyai beberapa ciri ciri yang dapat dikenali sebagai tanda dan keunikan rumah adat suku dayak yang satu ini.

Nah apa saja keunikan rumah adat lamin khas kalimantan timur. Rumah ini berbeda dengan jenis rumah adat lainnya yang hanya bisa menampung satu keluarga. Hal ini disebabkan karena rumah lamin mewakili kultur serta tradisi masyarakat dayak yang telah turun temurun tersebut.

Dengan ukuran tersebut lamin bisa dihuni. Rumah lamin merupakan rumah adat yang ditinggali oleh masyarakat asal kalimantan timur. Semoga pemaparan tetntang sejarah arsitektur nilai filosofis dan fungsi dari rumah adat ini dapat membuat anda semakin mengenali khasanah budaya bangsa peninggalan nenek moyang kita.

Bahan dari kayu ulin. Rumah adat lamin provinsi kalimantan timur dihuni oleh suku asli yaitu dayak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *