Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.c (Dapodik Versi 2019.c)

infogtk.org – Dalam rangka pemutakhiran data Semester 2 Tahun Ajaran 2018/2019 yang merupakan perbaikan dan pembaruan dari Versi 2019.b. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah telah merilis Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.c (Dapodik Versi 2019.c)

Menurut Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Perbaikan ini sebagai bentuk tindak lanjut dari laporan-laporan adanya bugs atau eror pada aplikasi sebelumnya.

Beberapa perbaikan dan pembaruan pada aplikasi ini di antaranya pengaturan untuk mengakomodasikan program SKS, pengaturan pada rombongan belajar, validasi pada NIK, NISN, dan titik koordinat serta pengaturan lainnya.

Di Kutip dari Laman Dapodikdasmen Aplikasi ini dirilis dalam bentuk INSTALLER yang mana dapat teman-teman OPS unduh pada laman resmi Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah atau pada laman ini.

Aplikasi ini dirilis dalam bentuk INSTALLER yang dapat diunduh pada lampiran berita ini. Uninstall Aplikasi Dapodikdasmen versi lama (Versi 2019.b) kemudian unduh dan install Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.c serta lakukan registrasi ulang.

Tata Cara untuk melakukan update Dapodik Versi 2019.c juga sangat mudah, cukup Uninstall Aplikasi Dapodikdasmen versi lama (Versi 2019.b) kemudian unduh dan install Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.c serta lakukan registrasi ulang seperti biasanya.

Salah satu perbedaan utama pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.c (Dapodik Versi 2019.c) terkait kelengkapan data agar menjadi perhatian untuk dipersiapkan Sekolah di Semester 2 (genap) Tahun Ajaran 2018/2019 adalah : NIK (Nomor Induk Kependudukan). Data NIK tersebut menjadi hal wajib dientrikan untuk semua civitas akademis warga sekolah baik Guru, Siswa, TU, OPS.

NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang di entri di Dapodik menyinkronkan data siswa untuk penerimaan PIP. Masalah entri NIK sudah di infokan sebelumnya pada pemutakhiran Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah Semester 1 Tahun Ajaran 2018/2019.

Akhmad Syadzili Fadhli
Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 5 Kota Tangerang | Berbagi Informasi Melalui Wadah infogtk.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *