Aplikasi My SAPK BKN Pengganti PUPNS 2019

infogtk.org – Sahabat Info GTK secara resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah merilis aplikasi My SAPK BKN, pada dasarnya MySAPK sendiri merupakan aplikasi turunan untuk keperluan kepegawaian berbasis mobile app yang diperuntukkan untuk setiap Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berstatus aktif dimana didalamnya terdapat beberapa informasi kepegawaian yang dapat diakses oleh PNS tersebut secara mandiri.

Pihak BKN mengakomodir setiap pegawai dalam rangka memudahkan pengelolaan data Pegawai Negeri Sipil untuk melihat, mengubah dan memperbaharui data kepegawaian yang tercatat di Badan Kepegawaian Negara, melihat atas dasar tersebut secara resmi Badan Kepegawaian Negara telah meluncurkan aplikasi kepegawaian terbaru yakni My SAPK BKN berbasis mobile yang bisa digunakan oleh setiap PNS melalui gadget android masing-masing.

Aplikasi mobile yang diluncurkan BKN diperuntukan guna mengecek dan memperbaiki data Kepegawaian. Dengan tujuan pengaplikasiannya data  kepegawaian PNS dapat diperbaiki secara mandiri melalui aplikasi mobile ini. Namun demi menjaga hal-hal yang tidak diharapkan tidak semua data dapat diperbaiki secara mandiri guna menjaga human error yang mengakibatkan error pada sistem, apabila PNS menemukan data yang tidak sesuai tetapi tidak memperbaikinya sendiri maka hal tersebut dapat langsung memperbaikinya di dinas terkait

Beberapa fitur utama yang terdapat pada Aplikasi My SAPK BKN seperti laman profile PNS BKN bisa digunakan untuk mengecek Kenaikan Pangkat Golongan PNS. Utamanya aplikasi ini dilengkapi dengan fiture Notifikasi yang dapat memberikan informasi sudah atau belum diterbitkan PERKEP BKN terkait kenaikan Pangkat PNS, sudah atau belum dibuatkan SK Kenaikan Pangkat PNS dan lainnya.

Unduh Aplikasi My SAPK BKN Sebagai Alternatif PUPNS

Aplikasi My SAPK BKN Pengganti PUPNS 2019 _1

Dikutif dari lama resmi Wikipedia PUPNS atau Pendataan Ulang PNS secara Elektronik (ePUPNS) adalah Reformasi sistem birokasi dari konvesional yang dikemas menjadi sistem modern berbasis aplikasi teknologi informasi sesuai dengan perkembangan sistem yang ada dalam segi kehidupan untuk keperluan bagi pegawai negeri sipil (PNS) menggunakan Pendataan Ulang PNS (e-PUPNS) BKN. Sebutan PNS yang telah berubah menjadi ASN (Aparatur Sipil Negara) yang telah diatur dalam Undang-undang No. 5 Tahun 2014: Aparatur Sipil Negara.

Beranjak dari permasalahan tersebut Badan Kepegawaian Negara meluncurkan aplikasi baru sebagai pengganti dari APliaksi PUPUNS, My SAPK  adalah aplikasi kepegawaian berbasis mobile app yang diperuntukkan bagi setiap PNS aktif dimana terdapat beberapa informasi kepegawaian yang dapat diakses oleh PNS secara mandiri.

My SAPK BKN sendiri adalah kepanjanagan dari Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian. Aplikasi My SAPK BKN ini sebenarnya sudah beberapa bulan yang lalu dilaunching oleh BKN namun penggunaan dan sosialiasinya ditingkat daerah dan individu PNS belum dimaksimal. Singkat cerita bahwa aplikasi baru versi mobile ini merupakan sebagai pengganti aplikasi PUPNS 2015 berbasis web yang pernah dilaksanakan tahun 2015 lalu.

Fitur-fitur dan Manfaat My SAPK BKN

Tujuan utama dari dibuatnya My SAPK BKN bagi PNS adalah untuk melengkapi data Kepegawaian, termasuk mengubah data, mengupdate dan memperbaharui data lama PNS secara mandiri. Dalam aplikasi ini terdapat beberapa menu yakni profil PNS, Ubah data, My KPE (KPE Virtual), Pelacakan, dan personalisasi.

Bagi Anda PNS / ASN yang ingin mencoba atau hendak mengupdate data kepegawaiannya secara mandiri mungkin tidak ada salahnya mendownload dan menggunakan aplikasi MySAPK BKN ini.

Berikut Admin Info GTK uraikan beberapa cara penggunaan Aplikasi My SAPK BKN. Untuk Login dan menggunakan Login Aplikasi ini, ASN terlebih dahulu mendownload Aplikasi “My SAPK BKN” di Google Play Store.

Cara login ke Aplikasi My SAPK BKN adalah:

  1. Download Aplikasi Mobil via Playtsore “My SAPK BKN” di DISINI
  2. Masukkan Username : NIP baru
  3. Masukkan password : NIK (Nomor Induk Kependudukan)
  4. Jika terdapat data yang tidak sesuai, maka  ASN dapat melaporkan ke Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Kotawaringin Barat untuk diproses perbaikan datanya.

Untuk Login dan menggunakan Aplikasi My SAPK BKN versi 2019 silahkan perhatikan penjelasan berikut ini:

  1. Setelah Aplikasi terinstall, buka Aplikasi kemudian klik SIGN IN
  2. Lakukan Login dengan menginput username berupa NIP dan password berupa NIK
  3. Periksa kembali data yang ada di aplikasi seperti Data Utama, Pangkat, Golongan, Jabatan, dan Posisi lainnya. Jika terdapat ketidaksesuaian ASN bisa langsung menguhubungi BKD masing-masing atau pengelola kepegawaian di instansi masing-masing.
  4. Cek menu Update Data, lakukan pengisian data yang diperlukan untuk menambah atau menyempurnakan data Anda.
  5. Bagi yang sedang mengajukan kenaikan pangkat, bisa membaca fitur notifikasi untuk melacak proses kenaikan pangkat Anda.
  6. Cek menu yang lain, lengkapi data jika bisa dilakukan.
Demikian informasi uraian terkait tentang penggunaan dan manfaat dari Aplikasi My SAPK BKN Pengganti PUPNS 2019 untuk PNS berbasis Android semoga bermanfaat dan dapat menjadi perhatrian lebih bagi para PNS/ASN terhadapt kepedulian data yang dimiliknya. Jika ada hal-hal yang belum dimengerti silahkan diskusikan melalui kolom komenar yang telah disediakan.
Akhmad Syadzili Fadhli
Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 5 Kota Tangerang | Berbagi Informasi Melalui Wadah infogtk.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *