Aplikasi Penyusun Kriteria Ketuntasan Minimal Kurikulum 2013 SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 Revisi 2019

infogtk.org – Aplikasi Penyusun Kriteria Ketuntasan Minimal Kurikulum 2013 SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 Revisi 2019 atau yang disingkat dengan KKM K13 merupakan kriteria paling rendah untuk menyatakan peserta didik dalam mencapai ketuntasan. KKM Kurikulum 2013 ini dibuat atau ditetapkan pada awal tahun pelajaran oleh satuan pendidikan berdasarkan hasil musyawarah atau sidang dewan guru dalam satuan pendidikan.

Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan yang mengacu pada standar kompetensi kelulusan, dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik, karakteristik muatan pelajaran, dan kondisi Satuan Pendidikan.

Aplikasi KKM Kurikulum 2013 adalah aplikasi KKM SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang dapat digunakan oleh guru satuan pendidikan jenjang Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) untuk mempermudah mengolah standar ketuntasan belajar siswa atau mengolah nilai Kriteria Ketuntasan Belajar Minimal bagi sekolah yang menerapkan kurikulum 2013. Aplikasi Penyusun Kriteria Ketuntasan Minimal menggunakan format excel sehingga sangat mudah untuk digunakan oleh Bapak/ibu guru dalam menentukan kriteria ketuntasan minimal

Setelah melalui proses musyawarah antar kelompok Guru mata pelajaran dan menentukan dan menemukan nilai minimal yang akan ditentukan, maka dengan bantuan aplikasi ini tugas akhir para guru akan menjadi lebih mudah. Hal tersebut dikarenakan nilai nilai dari 3 poin penilaian yang diambil dari :

  1. Penilaian kompleksitas materi
  2. Kemampuan siswa atau biasa disebut dengan intake
  3. Kompleksitas materi KKM ini diambil

Aplikasi Penyusun Kriteria Ketuntasan Minimal Kurikulum 2013 SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 Revisi 2019 ini sangat membantu guru SD/MI untuk menentukan KKM per kelas sehingga lebih cepat dalam pengerjaan KKM. Aplikasi KKM K13 revisi 2019 ini merupakan file excel sehingga dapat menghitung sendiri hanya sekali kerja saja semua nilai KKM dapat ditentukan secara otomatis.

Akhmad Syadzili Fadhli
Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 5 Kota Tangerang | Berbagi Informasi Melalui Wadah infogtk.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *