Aplikasi Sistem Informasi Pengadaan Sekolah – Siplah Kemendikbud

infogtk.orgSahabat Info GTK guna memanfaatkan luasnya pasar online di Indonesia, secara resmi pihak Kemendikbud meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Pengadaan Sekolah yang bakal kita kenal kenal dengan sebutan Siplah Kemendikbud. Aplikasi ini merupakan aplikasi sistem Informasi Pengadaan Sekolah yang rencananya akan dirilis per tanggal 1 Juli 2019. Tujuan utama dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan merilis aplikasi tersebut adalah agar digunakan dalam PBJ (Pengadaan Barang dan Jasa) sekolah yang bersumber dari pendapatan dana BOS dengan pembelian dan pendistribusian dilakukan secara daring (Online Marketplace).

Sebagai informasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan program dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Reguler yang selanjutnya dikenal dengan istilah BOS Reguler, yang merupakan program Pemerintah Pusat guna menyediakan pendanaan biaya operasi personalia dan nonpersonalia bagi sekolah-sekolah yang bersumber dari dana alokasi khusus nonfisik. Adapun prosedur penyaluran dana BOS Reguler dilakukan setiap triwulan, bagi wilayah dengan geografis yang sulit dijangkau penyaluran dana BOS Reguler dilakukan tiap semester.

Pemanfaatan aplikasi Siplah Kemendikbud adalah untuk memanfa atkan Sistem Pasar Daring (Online Marketplace) yang dioperasikan oleh pihak ketiga. Sistem pasar daring yang dapat dikategorikan sebagai SIPLah harus memiliki fitur tertentu untuk merealisasikan rencana kerja anggaran sekolah dan memenuhi kebutuhan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam mengawasi penggunaan dana BOS sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sebagai bahan pengenalan terhadap Aplikasi Siplah ini baiknya pelajari dokument yang bisa anda unduh di bwah ini:

  1. Unduh Pengumuman (disini)
  2. Registrasi (disini)
Update Perubahan KAK
  1. Unduh Kerangka Acuan Kerja (KAK) Terbaru (disini)
  2. Berita Pengumuman Perubahan KAK & Adendum Dokumen Pemilihan (disini)

Untuk mendownload KAK dapat dilakukan setelah melakukan registrasi atau unduhan update KAK pada link di atas.

Fitur SIPLah

Apliaksi SIPLah setidaknya harus memiliki fitur utama agar dapat memfasilitasi keperluan sekolah untuk dapat merealisasikan Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS) untuk mendapatkan  informasi mengenai penyedia barang dan jasa, informasi mengenai barang dan jasa yang akan dibeli dari penggunaan dana BOS Reguler, melakukan perbandingan harga barang dan jasa, melakukan pemesanan barang dan jasa, melakukan pemantauan pemenuhan pesanan, melaksanakan pembayaran non tunai, dan mengelola dokumentasi proses serta bukti transaksi PBJ.

Apliaksi SIPLah disusun untuk dapat menjadi media interaksi daring antara sekolah sebagai pihak pembeli dengan penyedia barang dan jasa dan sebagai pihak penjual. SIPLah juga harus dapat menjadi alat bantu supervisi proses PBJ oleh Kepala Sekolah dan/atau Bendahara Sekolah. SIPLah juga harus dapat memenuhi kebutuhan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam melakukan pengawasan atas proses pengadaan barang dan jasa sekolah serta realisasi dari penggunaan dana BOS Regulersesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Tujuan SIPLah

Sistem berbasis teknologi informasi dan komunikasi dengan konsep sistem elektronik BOS diharapkan dapat mewujudkan sistem tata kelola keuangan yang lebih transparan dan efektif khususnya dalam pengelolaan dana BOS. Didalamnya akan terdiri dari beberapa aplikasi berbasis TIK untuk melakukan tata kelola, mulai dari perencanaan, realisasi dan pelaporan dana BOS.

Jangan lupa download Permendikbud Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Juknis BOS Reguler tahun 2019 Revisi terbaru

Aplikasi SIPLah dapat digunakan oleh:

  1. Pelaku Usaha, individu atau badan hukum, sebagai Penyedia Barang dan Jasa Sekolah.
  2. Sekolah, yang diwakili Kepala Sekolah dan/atau Bendahara BOS, sebagai Pembeli Barang dan Jasa Sekolah.
  3. Direktorat Teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Pengawas PBJ Sekolah.
Akhmad Syadzili Fadhli
Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 5 Kota Tangerang | Berbagi Informasi Melalui Wadah infogtk.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *