Aplikasi Supervisi Pengawas Dan Kepala Sekolah LPMP Banten

Aplikasi Supervisi Pengawas Dan Kepala Sekolah LPMP Banten

infogtk.org – Panduan Pengisian Aplikasi Supervisi Pengawas Dan Kepala Sekolah LPMP Banten. Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan atau umumnya disingkat dengan sebutan LPMP adalah organisasi pemerintah sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) pusat di daerah dalam lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di bawah naungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK dan PMP).

LPMP mempunyai tugas pokok: “melaksanakan Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah di daerah untuk mencapai standar mutu pendidikan Nasional”. Secara definisi bahwasanya LPMP mempunyai tugas melaksanakan penjaminan mutu pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan kesetaraan pendidikan dasar dan menengah di provinsi berdasarkan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Definisi Supervisi Pendidikan

Kata supervisi berasal dari bahasa Inggris yaitu “Supervision”. Kata Super memilii arti diatas, dan vision memiliki arti melihat. Jika diartikan secara sitilah makna supervision memiliki arti melihat dari atas. Yang maksudnya adalah mengawasi orang lain yang dilakukan oleh orang yang memiliki jabatan lebih tinggi dari pada orang yang memiliki jabatan lebih rendah.

Secara etimologi istilah Supervisi yaitu memiliki konsekuensi disamakan dengan pengertian supervisi pengawasan dalam pengertian lama, dalam bentuk inspeksi sebagai kontrol yang otoriter.

Jadi secara umum istilah supervisi pendidikan adalah bentuk pengawasan kepada aktivitas akademik yang dalam bentuk proses belajar mengajar, pengawasn kepada guru dalam mengajar, dan pengawasan kepada situasi yang menyebabkannya.

Kembali ke pembahasan awal supervisi satuan pendidikan dasar dan pendidikan  menengah dalam pencapaian standar nasional pendidikan merupakan bagian dari tugas pokok dan fungsi dari LPMP Banten. LPMP Banten berusaha untuk memberikan  yang  terbaik  dalam  pelayanan terhadap masyarakat pendidikan di Provinsi Banten agar peningkatan mutu pendidikan  bisa  terasa dan nyata  dalam keseharian. LPMP Banten mengembangankan aplikasi supervisi untuk mempermudah masyarakat pendidikan.

Aplikasi Supervisi LPMP Banten dapat diakses melalui link http://supervisi.lpmpbanten.id atau http://lpmpbanten.kemdikbud.go.id/supervisi ini  diharapkan dapat  membantu  tugas  dari  pengawas, kepala sekolah dan Dinas Pendidikan dalam melakukan salah satu tugas dan fungsinya dalam melakukan supervisi terhadap sekolah binaannya maupun guru binaan yang ada dalam sekolah tersebut.

Cara akses login untuk menggunakan atau masuk ke Aplikasi E-Supervisi LPMP Banten adalah dengan masukkan alamat website yang telah disebutkan diatas pada  address box  untuk  bisa  mengakses Web aplikasi supervisi LPMP Banten maka akan muncul tampilan sebagai berikut:
Menu Login Utama Supervisi LPMP Banten

Langkah Awal Pengisian Supervisi LPMP Banten

Spesifikasi Komputer

Aplikasi Supervisi LPMP Banten merupakan aplikasi yang berbasis webbased sehingga tidak memerlukan spesifikasi khusus dalam komponen perangkat komputer yang tinggi. Layaknya aplikasi lainnya ada syarat minimal dan ideal agar aplikasi dapat berjalan dengan baik dan lancar.

1. Syarat Minimal

  • Komputer Pentiun IV 1 Ghz
  • Memory 2 Gb

2. Syarat Ideal

  • Komputer Intel Core 2 Dou 2.0 Ghz
  • Momory 4 Gb
  • Sistem Operasi (OS) Win. XP Sp2
  • Web Browser Moziila/Chrome

Berikut ini beberapa bagian menu yang terdapat pada aplikasi Supervisi LPMP Banten untuk Pengawas dan Kepala Sekolah.

1.  Beranda Pengawas
a. Menu Beranda

1. Beranda Supervisi Pengawas
Beranda Supervisi Pengawas

Apabila telah memasukan User dan Pasword akan muncul tampilan seperti gamabr diatas. Dalam menu utama beranda akan tampil berisi informasi Nama Pengawas  pada bagian bawah. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kekeliruan dan kesalahan dalam status berkasnya. Apabila setelah login ternyata tidak sesuai silahkan logut kembali.

b. Menu Sekolah Binaan

2. Sekolah Binaan Pengawas
Daftar Sekolah Binaan Pengawas

Pada menu Sekolah Binaan terdapat list sekolah binaan pengawas, Klik tombol “+ sekolah binaan” untuk menambah sekolah binaan, dan tombol “Hapus Daftar” apabila terjadi ketidak sesuai data pada saat menambah daftar sekolah binaan.

c. menu Formulir Supervisi

3. Formulir Supervisi Pengawas
Formulir Supervisi Pengawas

Pada tahap ini pengawas mulai mulakukan supervisi pada sekolaah binaan yang telah didaftar pada menu sebelumnya.  Sebagai langkah awal pilih sekolah binaan yang akan dilakukan supervisi maka secara otomatis menu NPSN dan data lainnya akan terisi kemudian pilih tahap supervisi, dalam hal ini terdapat 2 tahap, kemudian klik tombol “Set Data”.

Pada tahap selanjutnya maka akan tampil beberapa form pertanyaan yang harus diisi oleh pengawas terkait supervisi tadi. Pertanyaan meliputi SPMI, Manajemn, Pembelajaran, dan SKL yang disesuaikan dengan keadaan masing-masing sekolah binaan.

d. Menu Hasil Supervisi Sekolah

4. Hasil Supervisi Sekolah
Hasil Supervisi Sekolah

Pada menu Hasil Supervisi Sekolah, pengawas dapat melihat daftar skolah binaan yang telah selesai dilakukan supervisi. Pengawas dapat mengedit hasil supervisi dengan mengklik tombol “Supervisi” yang ada disamping kanan menu. Apabila  tombol supervisi diklik maka akan kembali ke menu form pertanyaan, janga lupa untuk selalu menyimpan setiap perubahan.

e. Hasil Supervisi KS

5. Hasil Supervisi KS

Hasil Supervisi KS

Pada menu Hasil Supervisi KS, pengawas dapat melihat daftar nama guru-guru sekolah binaan yang sebelumnya telah disepervisi oleh pihak kepala sekolah. Pengawas dapat memberikan catatan apabila terdapat hal-hal yang perlu disampaikan pada menu edit supervisi seperti pada menu supervisi sekolah binaan, dan hasil akkhir dari proses supervisi dapat langsung dicetak pada tombol “printer” yang ada disamping kanan menu supervisi.

Pages ( 1 of 2 ): 1 2Next »

Share This Post

Post Comment