Cara Cek Valid Atau Tidaknya NIK Melalui Website Resmi Dukcapil Kab/Kota

infogtk.org – Cara Cek Valid Atau Tidaknya NIK Melalui Website Resmi Dukcapil Kab/Kota. E-KTP diperluas dari elektronik – KTP yang dalam bahasa Indonesia berarti Kartu Tanda Penduduk. KTP elektronik adalah kartu tempat kependudukan baru yang dikeluarkan oleh pemerintah yang dilindungi oleh sistem informasi administrasi yang akurat, aman, tertib karena terintegrasi langsung dengan basis data populasi di Kemendagri pusat.

Setiap penduduk hanya diperbolehkan memiliki satu KTP yang terdaftar pada Nomor Induk Keluarga (NIK), bahkan jika orang tersebut tinggal di tempat tinggal nomaden atau memiliki lebih dari satu alamat rumah.

Bagaimana Cara Kerja Sistem E-KTP dan Apa Tujuan Utama Penerapannya?

Identitas kartu ID elektronik menggunakan biometrik, yang merupakan sistem verifikasi dan validasi catatan sipil melalui pengenalan karakteristik fisik atau perilaku manusia. Ada banyak teknik keamanan melalui metode ini tetapi apa yang digunakan pada kartu ID-Indonesia di Indonesia adalah dengan menggunakan sidik jari.

Sidik jari yang direkam pada e-KTP semuanya adalah semua jari tetapi hanya dua jari yang dimasukkan ke dalam chip, ibu jari kanan dan jari telunjuk. Alasan menggunakan otentikasi sidik jari adalah biayanya yang rendah, paling ekonomis dibandingkan teknik biometrik lainnya, bentuknya dapat dipertahankan serta unik karena setiap orang memiliki karakter sidik jari seseorang yang selalu berbeda walaupun kembar.

Kebanyakan orang awam tidak tahu dan mengerti apakah e-KTP yang mereka miliki benar-benar asli atau bahkan palsu. Karena itu, sangat perlu untuk memeriksanya. Dengan kemajuan teknologi yang pesat seperti sekarang, sangat mudah bagi Anda untuk memastikan apakah NIK yang terkandung dalam e-KTP telah disimpan dalam database kependudukan atau tidak. Berikut ini telah diringkas beberapa cara termudah yang dapat Anda gunakan.

Cara Cek NIK KTP Secara Online menurut Kemendagri

Kementerian Dalam Negeri sempat membuka layanan pengecekan NIK KTP secara online melalui tautan dukcapil.kemendagri.go.id/ceknik. Namun, sejak 2016 silam layanan ini telah ditutup. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya penyalahgunaan identitas oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Kementerian Dalam Negeri kemudian mengimbau bagi warga yang ingin mengecek status NIK-nya untuk langsung datang ke kantor Dinas Catatan Sipil Dukcapil setempat. Hal ini karena akses untuk mengecek keabsahan NIK hanya dimiliki oleh Dinas Dukcapil dari Kementerian Dalam Negeri.

Aplikasi CEK NIK Dukcapil

Kemendagri juga terus menekankan pada masyarakat bahwa Kemendagri tak pernah merilis aplikasi pengecek NIK KTP seperti yang beredar di internet. Hal ini kembali ditekankan pada cuitan akun resmi Kemendagri, @Kemendagri_RI yang menjelaskan tak adanya aplikasi resmi untuk cek KTP.

“Kemendagri tidak pernah membuat aplikasi CEK NIK. Jika anda ingin cek KTP-el anda, silahkan datang langsung ke Dinas Dukcapil terdekat” begitu cuitan @Kemendagri_RI pada 31 Mei 2018 lalu.

Akhmad Syadzili Fadhli
Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 5 Kota Tangerang | Berbagi Informasi Melalui Wadah infogtk.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *