Cara Cek Valid Atau Tidaknya NIK Melalui Website Resmi Dukcapil Kab/Kota

Cara Cek Valid Atau Tidaknya NIK Melalui Website Resmi Dukcapil

Cara Memeriksa Valid atau Tidak dari NIK Melaui Diskucapil Kab/Kota

Berdasarakan informasi yang Admin Info GTK rangkum, Cara cek NIK bisa melalui website pemerintah daerah atau dinas terkait yaitu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) tingkat kota atau kabupaten.

Misalnya, kamu tinggal di Kota Tangerang , kamu bisa melakukan cek KTP Elektronik online dengan membuka situs Disdukcapil kota Tangerang di halaman https://disdukcapil.tangerangkota.go.id/ceknik/.

Berikut ini adalah pencarian admin Info GTK di situs web Disdukcapil kota Tangerang mengenai Pemeriksaan Identitas. Cukup Buka halaman resmi yang disediakan pihak Kab/Kota Pemeriksaan Dukcapil Non-KTP Resmi sejak 2016, bersama dengan kutipan informasi:

  1. Silakan klik tautan berikut: https://disdukcapil.tangerangkota.go.id/ceknik/
  2. Masuk ke halaman Status Cek NIK, silakan isi NIK Anda sesuai KTP / KK Anda. Kemudian klik tombol “Cek NIK”.

Jika hasilnya muncul ‘Kesalahan’ seperti di bawah ini, mungkin ketika kamu memeriksa NIK waktunya tidak tepat, yaitu untuk memeriksa NIK pada saat orang tidak mengakses cek NIK lagi seperti hari sibuk atau tengah malam.

Cara Cek Valid Atau Tidaknya NIK Melalui Website Resmi Dukcapil Kab/Kota

Kesalahan seperti seperti ini muncul karena admin memeriksa NIK-nya ketika orang sibuk bekerja alias di pagi hari. Setidaknya ada beberapa kemungkinan mengapa NIK Anda tidak terdaftar. Berikut beberapa kemungkinan mengapa NIK Anda tidak terdaftar di Dikscapil.

  • NIK yang Anda miliki tidak terdaftar dalam versi E-KTP, tidak terdaftar di Database Disdukcapil Kab/Kota. Wajar saja bila NIK Anda tidak muncul di laman Disdukcapil.
  • KTP yang Anda miliki palsu. Bisa jadi Anda membuat KTP dari broker atau melalui calo yang ilegal.
  • NIK tidak terdaftar secara online bisa jadi karena Anda belum finger print saat pembuatan E-KTP. Kesalahan ini cukup sering dilakukan orang.

Nah itulah cara cek valid atau tidaknya NIK Melalui Website Resmi Disdukcapil. Terima kasih atas perhatian Anda, atau untuk kolega yang telah berhasil memeriksa NIK mereka, juga dapat berbagi di sini, cara berkomentar di kolom komentar di bawah. Jadi kita bisa saling membantu. Salam dan berbagi informasi.

Akhmad Syadzili Fadhli
Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 5 Kota Tangerang | Berbagi Informasi Melalui Wadah infogtk.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *