Cara Membuat Akun PTK Pada Aplikasi Dapodik 2019.d

infogtk.org – Berhubung Aplikasi Dapodik Versi terbaru sudah rilis, dan bagi operator sekolah yang telah mengupdate aplikasi tersebut pasti sudah melihat beberapa perubahan dan pembaruannya, berikut Admin Info GTK jelaskan untuk rekan operator semua.

Pada kesempatan kali ini kami coba uraikan mengenai cara membuat akun PTK pada aplikasi Dapodik 2019.d. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pada aplikasi dapodik 2019.d, terdapat pembaharuan fitur dimana operator sebagai orang yang bertugas mengentri data tidak bisa secara langsung menginput data maupun mengedit data PTK melalui akun aplikasi dapodik.

Operator hanya dapat mengedit atau merubah data PTK melalui akun PTK masing-masing yang sebelumnya telah dibuat oleh operator.Agar bisa melakukan update perubahan data PTK, maka hal yang paling utama adalah PTK memiliki email yang sudah diinfut di data rinci PTK serta memiliki akun yang telah di buat pada menu penugasan. Berikut ini adalah cara membuat Akun PTK pada aplikasi Dapodik 2019.d:

  • Operator sekolah login ke Aplikasi Dapodik 2019.d menggunakan akun dapodik sekolah
  • Pastikan bahwa PTK tersebut mempunya alamat Email yang sudah terinfut pada data diri PTK. Guna memastikan email terentri, anda dapat memlih menu GTK–>>sub tab Menu Guru–>>Pilih Nama Guru–>>Klik Menu Ubah–>>cek data pribadi–>>data kontak. Apabila tidak terdapat email dari PTK tersebut, silahkan anda mintakan email aktif dari PTK yang bersangkutan
  • Silahkan anda klik menu penugasan lalu klik menu buat/ubah akun PTK. Lalu Entri password dan konfirmasi password yang telah anda buat lalu klik menu simpan. Lihat contoh dalam gambar:

  • Silahkan anda logout dari aplikasi dapodik anda dan kemudian login kembali dengan menggunakan email dan password yang telah didaftarkan. Berikut ini adalah contoh dashboard dari aplikasi dapodik 2019.d dengan menggunakan akun PTK:

Silahkan anda lakukan langkah yang sama seperti di atas pada masing-masing GTK/Tendik yang terdaftar pada sekolah anda. GTK/tendik yang sudah memiliki akun PTK bisa login menggunakan akun tersebut pada aplikasi dapodik sekolah anda. Namun bagaimana caranya akan saya jelaskan di bawah ini.

  • Silahkan logout dari aplikasi dapodik sekolah anda.
  • Kemudian silahkan masukkan email/user serta kata sandi sesuia dengan akun GTK yang sudah anda buat.
  • Sama seperti login sekolah hanya berbeda dengan user dan kata sandinya
  • Klik Tahun Pelajaran genap 2018/2019
  • Kemudian klik Login
Akhmad Syadzili Fadhli
Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 5 Kota Tangerang | Berbagi Informasi Melalui Wadah infogtk.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *