Cara Menentukan Titik Koordinat di Aplikasi Dapodik 2021

Cara Menentukan Titik Koordinat di Aplikasi Dapodik 2021

Infogtk.org – Sahabat infogtk seiring dengan perkembangan dan pengembangan aplikasi tim dapodikasmen dalam melakukan pemutakhiran data salah satunya adalah pengembangan titik koordianat yang wajib diinfut dalam aplikasi dapodik. Dalam kesempatan kali ini admin mencoba untuk membahas seputar Cara Menentukan Titik Koordinat di Aplikasi Dapodik 2021 dengan detail dan akurat.

Kami berusaha memberikan pandangan dalam panduan proses pengisian Lintang dan Bujur baik pada PTK maupun Siswa pada aplikasi Dapodik versi 2021. Perlu diketahui adanya pembaruan terkait penginfutan titik koordinat ini mulai diberlakukan pada aplikasi Dapodik versi 2020.

Sahabat infogtk sama-sama sudah ketahui pada aplikasi dapodik sebelumnya namun pada aplikasi dapodik 2020.a terbaru memiliki beberapa penambahan Fitur penamabahan kolom lintang dan bujur atau yang biasa kita sebut dengan nama tititk koordinat pada PTK dan Peserta Didik.

Adanya penambahan Pengisian pada kolom lintang dan bujur pada peserta didik sama-sama kita ketahui untuk mengukur jarak tempuh dan tempat tinggal para siswa/siswi dengan sekolah untuk mengakomodir kebijakan peraturan baru PPDB yaitu Sistem zonasi yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan N0.17 tahun 2017. Pada penerapannya akan muncul warning  pada apliaksi dapodik sebagai pemberitahuan dan peringatan jika kolom ini tak diisi, maka  mari kita simak untuk itu prosedur pengisian lintang dan bujur pada kolom peserta didik dan PTK sebagai berikut :

Berikut Cara Menentukan Titik Koordinat  Lintang dan Bujur Aplikasi Dapodik 2021

Sebelum memulai pastikan komputer atau laptop terhubung dengan internet .

1. Login dahulu ke Aplikasi Dapodik versi 2021

2. Klik menu pada  PTK atau Peserta didik selanjutnya pilih salah satu siswa/siswi yang ingin diinfut Lintang dan Bujurnya

3. Klik ubah dan gulir ke bawah sampai ke menu Lintang dan Bujur terlihat

Cara Menentukan Titik Koordinat di Aplikasi Dapodik 2021_1

4. Selanjutnya klik dan Buka Peta Koordinat untuk menginfut titik yang akan ditentukan

5. Setelah terbuka umunya titik akan terisi otomatis sesuai alamat lokasi kecamtan dan kelurahan (dalam contoh Alamat Gebang Raya kec. Periuk – Kota Tangerang 15132) yang diisi pada data awal Selanjutnya kita tinggal klik “Pilih Koordinat”.

Cara Menentukan Titik Koordinat di Aplikasi Dapodik 2021_4

6. Apabila terdapat kekeliruan dalam penetuan titik koordinat dalam pencarian silahkan isi (Cari Lokasi) dengan menggunakan kata kunci yang sesuai seperti nama jalan, nama desa/dusun, dll.

Cara Menentukan Titik Koordinat di Aplikasi Dapodik 2021_3

7. Pada aplikasi Dapodik versi 2021 untuk mode satelit, jika diklik akan diarahkan ke layanan pihak ke tiga, berbeda dengan aplikasi sebelumnya.

8. Klik “tutup” maka akan terisi  Lintang dan Bujur secara otomatis

Demikian beberapa langkah yang perlu kita lakukan dalam Menentukan Titik Koordinat di Aplikasi Dapodik 2021 atau cara mengisi lintang bujur di Aplikasi Dapodik 2021, Pastinya langkah ini adalah langkah alternatif bagi yang masih menemukan kendala susahnya menemukan peta koordinat siswa pada aplikasi dapodik yang bisa diterapkan oleh rekan-rekan operator dapodik dalam pelakukan update data, kritik dan saran silahkan tuliskan dikolom komentar. Semoga bermanfaat.

Share This Post

Post Comment