Cara Menginput Nilai UKG di Aplikasi Dapodik 2019

infogtk.org – Sahabat GTK, pada postingan kali ini Info GTK akan membahas salah satu menu/fitur yang terdapat pada Aplikasi Dapodik 2019. Menu/fitur yang dimaksud adalah Nilai Test, yang digunakan untuk menginput nilai UKG. Mengingat pentingnya hal tersebut, Info GTK akan menjelaskan Cara Menginput Nilai UKG di Aplikasi Dapodik 2019.

Nilai UKG (uji kompetensi guru) yang sekarang menjadi SIM PKB harus di input pada aplikasi dapodik 2019. SIM PKB merupakan program yang diperuntukkan bagi semua guru di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bagi bapak dan ibu guru yang sudah pernah mengikuti UKG di tahun 2015 pastinya sudah mengetahui nilainya. Nilai yang bapak dan ibu guru dapat, perlu di input ke dalam aplikasi dapodik 2019. Hal tersebut dikarenakan tidak semua guru telah mengikuti UKG di tahun 2015. Jadi akan sangat disayangkan jika tidak di input nilainya.

Mungkin akan terlintas di benak kita semua, Apakah Aplikasi Dapodik 2019 terhubung dengan Program SIM PKB ? Menurut para pakar dapodik yang sudah memberikan kejelasan bahwa Aplikasi Dapodik 2019 terhubung dengan Program SIM PKB. Karena data guru yang masuk ke dalam Aplikasi Dapodik 2019 maka akan otomatis masuk kedalam daftar GTK di SIM PKB.


Dari penjelasan diatas kita sudah mengetahui bahwa Aplikasi Dapodik 2019 memiliki hubungan yang erat dengan SIM PKB. Perlu diingat juga bahwa info GTK hanya dapat bisa dilihat oleh guru yang telah memiliki akun SIM PKB.

Setelah mengetahui bahwa Aplikasi Dapodik 2019 terhubung dengan SIM PKB, pastinya bapak dan ibu guru juga ingin mengetahui cara input nilai UKG tersebut. Berikut penjelasannya.

Trisna Agustama
Operator | Writer | Netsurfer | Berkumpul dengan rekan seprofesi untuk berbagi tulisan yang dapat membantu dan menginspirasi orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *