Cara Meningkatkan Semangat Motivasi Belajar Siswa dan Mahasiswa

infogtk.org – Sahabat Info GTK berikut uraian terkait Cara Meningkatkan Semangat Motivasi Belajar Siswa dan Mahasiswa. Kata motivasi berasal dari kata “motif”, yang berarti alasan untuk melakukan sesuatu, suatu kekuatan yang menyebabkan seseorang bergerak untuk melakukan suatu kegiatan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Depdikbud, 1996: 593) motivasi didefinisikan sebagai dorongan yang muncul dalam diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu.

Sondang P. Siagian (2004: 138), memberikan definisi motivasi sebagai kekuatan pendorong yang menghasilkan seseorang yang mau dan mau mengerahkan kemampuan, energi dan waktu mereka untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Dengan demikian motivasi adalah suatu upaya yang dapat menyebabkan seseorang atau sekelompok orang tertentu bergerak untuk melakukan sesuatu keinginan untuk mencapai tujuan yang diinginkan atau mendapatkan kepuasan dengan tindakannya.

Untuk alasan itu, motivasi adalah proses internal yang mengaktifkan, membimbing, dan mempertahankan perilaku dalam rentang waktu tertentu. Dengan kata lain, motivasi adalah apa yang membuat kita melakukan, membuat kita terus maju dan menentukan arena mana yang ingin kita lakukan.

Motivasi dapat dikatakan sebagai pengaruh dari kebutuhan dan keinginan pada intensitas dan arah seseorang yang menggerakkan orang tersebut untuk mencapai tujuan dari tingkat tertentu.

Menurut Mc. Donald dikutip oleh Oemar Hamalik (2002: 1973), motivasi adalah perubahan energi pada seseorang yang ditandai dengan munculnya afektif, dan reaksi untuk mencapai tujuan, serta dorongan dari dalam diri sendiri dan dorongan ini adalah kekuatan pendorong .

Akhmad Syadzili Fadhli
Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 5 Kota Tangerang | Berbagi Informasi Melalui Wadah infogtk.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *