Cek Surat Keterangan Tunjangan Sertifikasi (SKTP) Info GTK

Cek SKTP Info GTK

infogtk.org – Sahabat GTK pada kesempatan kali ini admin akan berbagi penjelasan tentang cara Cek Surat Keterangan Tunjangan Sertifikasi (SKTP) pada laman Info GTK tahun 2021. Seiring telah berjalannya tahun pelajaran 2020/2021 yang telah memasuki periode semester awal, tentunya hal ini berdapak pada Aplikasi Dapodik yang mana telah terjadi update besar dalam penggunaannya, yang berdampak pada semua aplikasi yang dikelola oleh pihak Kemendikbud guna memberika akses layanan kepada para GTK.

Salah satunya adalah akses layanan yang diperuntuk untuk mengecek keabsahan data validasi guru yang juga diperuntukan bagi guru yang telah mendapatkan tunjangan sertifikasi. Dengan laman dan interface terbaru pada halaman info GTK yang diperuntukan untuk periode Juli-Desember 2020. Rekan-rekan GTK dimanapun berada, akhirnya yang selama berbulan-bulan yang dinanti SKTP semester 3 akhirnya sudah terbit dan dapat dicek di halaman Info GTK .

 

Admin Simtun Pusat sudah menerbitkan status Surat Keterangan tunjangan Profesi (SKTP) bagi rekan-rekan  GTK  guru penerima tunjangan profesi. SKTP merupakan Surat Keputusan Tunjangan Profesi yang dikeluarkan oleh admin tunjangan pusat selaku pengelolan tunjangan. SKTP ini menjadi penentu apakah guru yang berstatus bersertifikat pendidik tersebut tunjangan profesinya akan cair atau tidak. Dengan sudah diterbitkanya tunjangan profesi dengan demikian pencairan sertifikasi guru atau tunjangan profesi semester 3 tahun ini tinggal menunggu saja sampai pada proses pencairan dana masuk pada rekening guru masing-masing.

Baca Juga : Cek Info GTK Terbaru Menggunakan Login Manajemen Dikdasmen

Namun bagi rekan-rekan GTK harus mengetahui bahwa untuk dapat mengcek SKTP tahun 2021 sudah memiliki perubahan dari sebelumnya yang sudah sama-sama kita ketahui. Dengan laman dan interface baru Info GTK tentunya sangat mudah bagi rekan-rekan GTK untuk mengecek tunjangn profesi yang statusnya sudah valid atau belum data rekan-rekan GTK .

Adapun bagi rekan-rekan GTK yang ingin mengetahui cara cek mengecek SKTP terbaru rekan-rekan GTK dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cek Surat Keterangan Tunjangan Sertifikasi (SKTP) Info GTK_1

  • Pada beranda terdapat 2 pilihan akses yang diberikan, yakni akses “Login Langsung Ke GTK” dan “Login Menggunakan SSO”, silahkan pilihan sesuai kebutuhan dan kemudahan masing-masing.
  • Pada contoh kasus ini admin menggunakan akses “Login Langsung Ke GTK”

Cek Surat Keterangan Tunjangan Sertifikasi (SKTP) Info GTK_2

  • Untuk akun dan password silahkan tanyakan pada Operator Dapodik  yang telah dibuatkan pada Aplikasi Dapodiks Sekolah. Kemudian “Masukan kode yang tertulis pada gambar diatas” setelah data user dan kode keamamanan diisi dengan benar klik “Login” maka sistem akan menampilkan beranda GTK.
  • Setelah tampil Beranda Infogtk silakan cek status validasi rekan-rekan GTK, jika status valid maka rekan-rekan GTK tinggal menunggu verifijkasi dinas dan jika staus belum valid silakan status data tunjangan profesi dan silakan diperbaiki pada aplikasi dapodik

Cek Surat Keterangan Tunjangan Sertifikasi (SKTP) Info GTK_3

  • Jika status pada data sudah terbit SKTP makan rekan-rekan GTK tinggal menunggu pencairan saja.

Catatan: Seringkali karena melonjaknya jumlah akses pengunjung ke server info gtk dan terbatasnya kemampuan server. Seringkali website tidak bisa dibuka (situs tidak dapat dijangkau). Atau karena dalam pemeliharaan.  Solusinya cari waktu lain yang sekiranya longgar.

Cara Cetak Info GTK

Pada umumnya SKTP ini berlaku untuk 6 bulan. Biasanya periode setiap SKTP yaitu Januari-Juni dan Juli-Desember atau berlaku untuk satu semester. Apabila status validasi data telah dinyatakan valid dan SK pencairan tunjangan profesi Bapak dan Ibu Guru telah terbit. Diharapkan untuk menyimpan halaman tersebut sebagai bukti apabila dikemudian hari terjadi kesalahan baik dalam hal pencairan maupun data.

Untuk mencetaknya cukup mudah, silahkan klik menu “Cetak” yang terdapat daibagian atas atau pada halaman peramban (browser) cukup tekan tombol “CTRL dan huruf P”. Kemudian akan muncul halaman pengaturan cetakan. Pada kolom tujuan silahkan pilih format PDF agar bisa disimpan tanpa ada perubahan.

Setelah itu pilih simpan dan tentukan lokasi penyimpanan yang mudah diakses. Setelah selesai pengunduhan, silahkan Bapak dan Ibu Guru buka file tersebut kemudian baru dicetak menggunakan printer.

Demikian informasi terbaru perihal cara cek Surat Keterangan Tunjangan Profesi (SKTP) guru tahun 2021 Pada laman INFO GTK terbaru Versi 2020.2. Semoga artikel ini bermanfaat untuk rekan-rekan GTK apabila terdapat kekurangan dan kekeliruan dalam penyempaian informasi artikel ini silakan ditanyakan pada kami pada kolom komentar, Anda juga dapat mengkitu informasi lainnya memlalui fanspage infogtk di facebook terima kasih.

Share This Post

Post Comment