Cek Tugas Operator Sekolah Untuk Verval PD

infogtk.org – Salah satu alur yang harus dilakukan saat mengelola NISN adalah melalui Aplikasi Verval PD. Sebagaimana yang Kita ketahui bahwa NISN menjadi data pokok yang penting keberadaannya untuk identitas siswa atau peserta didik dimanapun mereka berada. Data siswa tersebut akan diinput oleh petugas operator sekolah yang nantinya harus memasukkan data siswa di setiap tahun ajaran baru berlangsung.

Operator sekolah memiliki tugas yang penting yang mana harus dilakukan dengan hati-hati dan teliti. Proses input data siswa nantinya akan berdampak langsung pada verifikasi dan validasi peserta didik, inventaris sekolah, program KIP hingga pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah. Nah sebelum Kita mengulas tentang verval atau verifikasi dan validasi Peserta Didik, sebelumnya Anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang apa saja tugas dan fungsi pokok dari seorang Operator Sekolah.

Cek Tugas Operator Sekolah Untuk Verval PD

Tugas dan Fungsi Pokok Seorang Operator Sekolah

Seorang operator sekolah biasanya memiliki posisi sebagai tenaga kependidikan yang bekerja di lembaga sekolah. Berikut ini adalah sembilan tugas dan fungsi pokok yang dimiliki oleh seorang operator sekolah.

  1. Mengelola Aplikasi Dapodik

Sumber utama yang dipakai oleh pihak sekolah dan pemerintah untuk mengetahui kondisi sekolah yang bersangkutan adalah data dapodik. Data dapodik akan langsung terhubung dengan instansi pemerintah yang lain seperti misalnya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, KPK dan BPK.

Data dapodik akan terus mengalami perubahan atau update. Setidaknya dalam setahun ada dua kali proses sinkronisasi data terkecuali jika ada pembaruan data yang dilakukan sewaktu-waktu. Namun menurut operator sekolah, yang paling sulit adalah saat tahun ajaran baru datang. Dimana input data siswa harus dilakukan satu persatu. Meski kini hal itu bisa dilakukan dengan mudah dengan memanfaatkan fitur Tarik Peserta Didik.

  1. Mengelola Aplikasi Pemetaan Mutu Pendidikan

Operator sekolah seharusnya memiliki tugas untuk mengumpulkan dan mengirimkan data atau kuesioner yang diisi oleh berbagai elemen tenaga kependidikan. Namun pada prakteknya, di berbagai sekolah terjadi dimana pengisian kuesioner Pemetaan Mutu Pendidikan juga dilakukan oleh Operator Sekolah.

  1. Melakukan pengajuan KIP untuk pelaksanaan program PIP

Dalam hal ini operator sekolah mengajukan pembuatan Kartu Indonesia Pintar atau KIP yang merupakan tindak lanjut dari program Beasiswa Siswa Miskin atau BSM yang hanya bisa diproses dengan menggunakan aplikasi Dapodik.

  1. Mengelola Aplikasi Standar Pelayanan Minimal

Adalah sebuah tugas untuk memasukkan data siswa atau sekolah sesuai dengan data yang nyata dan sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan.

  1. Verifikasi dan validasi data peserta didik

Tugas operator sekolah adalah untuk melakukan verifikasi dan validasi data peserta didik dengan cara mengecek data yang ada di data dapodik pusat. Caranya adalah dengan mengunjungi laman website https://sdm.data.kemdikbud.go.id untuk cek NISN serta melakukan perubahan jika ada pembaruan atau perbaikan data.

  1. Layanan Administrasi Tata Usaha

Umumnya tenaga kependidikan yang menjadi operator sekolah berasal dari karyawan Tata Usaha. Hal itu membuat tenaga kependidikan yang merangkap menjadi operator sekolah juga harus melayani keperluan pembuatan sk, surat masuk dan keluar dan lain sebagainya.

  1. Mengelola Inventaris Sarana dan Prasarana

Tenaga kependidikan yang bertugas sebagai operator sekolah juga memiliki tugas untuk melakukan pengecekan pada sarana dan prasarana sekolah. Dari mulai melakukan pembuatan kartu inventaris barang, mencatat dan melakukan inventarisir kondisi yang sebenarnya.

  1. Mengelola Aplikasi BIOUN

Selain tugas di atas, operator sekolah juga bertugas untuk mengecek data peserta didik yang akan mengikuti Ujian Nasional. Dimana hal itu dicek di laman www.pdun.kemdikbud.go.id.

  1. Kelola aplikasi sekolah

Adalah sebuah aplikasi yang bisa diakses oleh orang tua peserta didik, masyarakat atau selaku stake holder, dan semua yang berkepentingan dengan sekolah tersebut. Dan tugas operator sekolah adalah untuk mengelola aplikasi tersebut serta untuk melakukan update secara berkala.

Itulah beberapa tugas dari seorang operator sekolah yang harus diperhatikan dan dilakukan dengan baik serta benar. Salah satu tugas yang berhubungan langsung dengan peserta didik adalah untuk melakukan verval PD. Bagaimana cara melakukannya?

Cara Melakukan Verifikasi dan Validasi Peserta Didik yang Terbaru

Laman Verval PD
Laman Verval PD

Verval PD adalah sebuah website yang berada di dalam data dapodik yang berguna untuk menemukan data peserta didik dan untuk melakukan perbaikan jika terdapat kesalahan pada data yang sudah di entry pada data pusat peserta didik.

Langkah untuk melakukan verifikasi dan validasi peserta didik yang terbaru agar supaya proses cek data berlangsung lancar.

  1. Kunjungi laman https://vervalpd.data.kemdikbud.go.id
  2. Log in dengan menggunakan SSO Dapodik yang ada di sebelah kanan atas laman website
  3. Anda akan diarahkan pada laman untuk verval peserta didik

Pastikan untuk mengecek apakah username dan password yang Anda masukkan sudah benar atau belum

Bagaimana Jika Belum Melakukan Pendaftaran Verval Peserta Didik?

  • Pilih menu register. Lakukan log in ketika Anda berada di laman utama dari website untuk verval peserta didik
  • Pada deretan menu, klik menu untuk edit data, dapatkan menu Register Anggota kemudian klik menu tersebut
  • Pilih menu register sesuai kebutuhan. Apakah Anda akan melakukan register untuk menjadi Admin UNBK, Pusat, UPTD atau Operator Sekolah?

Sistem verval PD ini dilakukan dengan satu tujuan, yaitu untuk melakukan pengelolaan data peserta didik yang ada di sekolah seluruh Indonesia dengan diterapkannya pada setiap sekolah yang memiliki NPSN.

Ketahui Kendala dan Solusi Permasalahan yang Ditemui pada Verval PD

NISN dipakai oleh lebih dari 1 peserta didik

  • Terjadi pada siswa baru atau siswa pindahan
  • Penyebabnya adalah karena siswa terdaftar di verval peserta didik dan belum dikeluarkan dari data sekolah asal
  • Solusinya dengan menghubungi pihak sekolah asal untuk mengeluarkan NISN siswa yang bersangkutan dari verval PD sekolah

Atau dengan menghubungi admin kota tempat sekolah berada untuk melakukan merger NISN yang tercatat ganda.

Nomor Induk Kependudukan atau NIK dipakai lebih dari satu orang

  • Penyebabnya adalah karena sedang dalam proses sinkronisasi dengan dinas dukcapil
  • Solusinya jika NIK sudah valid maka mungkin hanya butuh waktu untuk penyesuaian

Jika data NIK tak ditemukan maka butuh perbaikan. Lakukan perbaikan dengan melakukan Edit Data. Lakukan editing data yang benar dan jangan lupa untuk menyiapkan dokumen yang dibutuhkan dalam bentuk scan yaitu scan KK atau Akte Kelahiran.

Terdaftar lebih dari satu rombongan kelas atau Sekolah

  • Solusinya adalah dengan melakukan cek di e-monitor atau Emis Madrasah. Jika ternyata siswa yang bersangkutan terdaftar lebih dari satu rombel maka lakukan perbaikan dengan melakukan edit pada menu Siswa Aktif

Peringatan The file could not be written to disk

  • Penyebabnya adalah ketika server verval peserta didik dalam kondisi padat lalu lintasnya atau karena format atau ukuran file yang diupload tak sesuai kriteria
  • Solusinya adalah dengan mengubah format dan ukuran file yang diupload dan tunggu hingga jaringan lebih stabil

NIK yang masih kosong

  • Penyebabnya adalah karena pengisian atau input data yang dilakukan belum maksimal atau belum terentri dengan sempurna
  • Solusinya adalah dengan melakukan editing pada menu Edit data dan lakukan pengisian data dengan lengkap serta terperinci

Sekian ulasan singkat tentang verval PD yang bisa Kami bagikan informasinya untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *