Contoh Pakaian Adat Dari Aceh

Contoh Pakaian Adat Dari Aceh

Pakaian adat aceh masyarakat menyebutnya baju ulee balang. Pada bagian pakaian adat aceh untuk wanita ini memiliki bagian bagiannya sendiri yaitu baju kurung celana cekak musang penutup kepala dan juga perhiasan.

55 Gaya Baju Adat Aceh Untuk Kartinian Kekinian Di 2020 Pengantin Gaya Pengantin Baju Pengantin

Pakaian adat aceh yang dipakai para pria bisa disebut sebagai linto baro.

Contoh pakaian adat dari aceh. Sementara perhiasannya terdiri dari gempang sanggul ilung ilung subang ilang anting anting subang gener dan semua aksesoris lain yang ada di kepala. Seolah olah itu adalah upacara tradisional pernikahan dan acara lainnya. Pada zaman sejarah pakaian tradisional aceh tersebut biasa dikenakan oleh para sultan serta para pembesar kerajaan aceh kala itu namun di era modern.

Pakaian dikenakan baik untuk pria maupun wanita. Uniknya pakaian pria dan wanita aceh memiliki nama yang berbeda pakaian pria disebut linta baro dan pakaian wanita disebut daro baro. Pakaian ini memiliki terbagi menjadi beberapa bagian.

Nama pakaian tradisional aceh memang berbeda dengan nama pakaian tradisional dari daerah lain. Sama seperti baju adat aceh modern khas gayo pun terdiri dari dua macam yakni aman mayok untuk pria dan ineun mayok untuk wanita. Namun pakaian ini sering diimpor langsung dari daerah di luar karena masih sulit untuk mencari bahan pada saat pembuatannya.

Kedua pakaian tersebut memiliki ciri khas pada setiap bagian bagiannya. Pakaian adat aceh suku ini yang terletak di ujung pulau sumatra sebenarnya mempunyai gaun yang unik dan sering digunakan pada saat saat tertentu. Pakaian adat dari aceh juga dapat menunjukkan status sosial seseorang pada jaman dahulu.

Pakaian adat aceh pakaian adat aceh untuk pria disebut linto baro sementara yang untuk wanita disebut daro baro. Beberapa bagian dari pakaian adat aceh gayo ini diantaranya adalah baju pawak kain sarung dan juga ikan pinggang ketawak. Untuk pakaian adat aceh gayo sendiri tentu berbeda dengan baju khas aceh modern yakni linto baro dan daro baro yang umumnya digunakan di aceh barat.

Anda bisa melihat karakteristik dari bagian bagian pakaian adat aceh tersebut pada gambar di bawah ini. Contoh pakaian adat atau pakaian tradisional di indonesia adalah pakaian adat aceh. Berikut adalah nama pakaian adat yang berasal dari aceh.

Pada umumnya meukasah memiliki warna hitam yang melambangkan kebesaran. Pakaian adat aceh untuk pengantin laki laki. Pakaian pakaian adat dari aceh ini biasanya digunakan untuk acara acara penting seperti pernikahan dan acara tertentu.

34 nama provinsi di indonesia dan ibukotanya apabila dieksplorasi dengan baik ada banyak nilai yang terkandung dalam pakaian tradisional aceh. Atasan dari pakaian adat linto baro disebut meukasah. Pakaian adat aceh biasanya terbuat dari nanowood dan akan dikombinasikan dengan bahan bahan yang lain seperti kapas dan yang lainnya.

Pakaian khas aceh terdiri atas berbagai sebuah peralatan seperti pakaian celana perhiasan dan beberapa barang lainnya. Baju yang terlihat seperti beskap ini terbuat dari kain sutra yang ditenun. Baju kurung yaitu baju yang dinekana untuk wanita dengan lengan panjang.

Koleksi Populer Pakaian Adat Aceh Tradisional Pakaianadatacehtradisional Jessy Gallery In 2020 Fashion Hijab

34 Pakaian Adat Tradisional Seluruh Indonesia Lengkap Rimbakita Com Di 2020 Pakaian Budaya Gambar

Adat Aceh Tradisional Di 2020 Pakaian

Koleksi Populer Pakaian Adat Dari Timor Leste Pakaianadatdaritimorleste Jessy Gallery In 2020 Fashion Style Inspiration Style

Pin Di Fesyen Traditional International Clothing

Pin Di Adat Alas Aceh Indonesia

Musi Rawas I South Of Sumatera Taditional Wedding Outfit Pengantin Pakaian Pernikahan Pengantin Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *