Daftar 20 Kementerian Yang Membuka Formasi CPNS 2019

Daftar 20 Kementerian Yang Membuka Formasi CPNS 2019

infogtk.org – Tepat pada tanggal 11 November 2019 Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) telah resmi membuka akses pendaftaran rekrutmen Calon Pegawai Cegeri Sipil (CPNS 2019).

Tertuang dalam pengumuman yang dikeluarkan oleh Kemenpan-RB Nomor: B/1069/M.SM.01.00/2019 keputusan tersebut soal Informasi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2019 di lingkungan Pemerintah Pusat dan Daerah. Pendaftaran tersebut nantinya akan dilakukan secara daring (online) melalui laman sscasn.bkn.go.id. Berikut 20 Kementerian yang telah mengumumkan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019:

1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) turut mengumumkan penerimaan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019. Hal tersebut tertuang dalam surat Pengumuman yang dikeluarkan oleh pihak Kemendikbud No: 126533/A.A3/KP/209 tentang Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019. Terdapat 202 formasi yang disediakan Kemendikbud bagi para pelamar lulusan SMA/SMK/SLTA, D-III hingga S1 yang nantinya akan ditempatkan di Unit Utama Pusat dan Unit Pelaksana Teknis.

Untuk informasi lengkapnya dapat dilihat melalui lama resmi Kemendikbud.

2. Kementerian PUPR (PUPR)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga telah mengumumkan penerimaan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2019. Terdapat 1.048 formasi yang bagi para pelamar lulusan Diploma Tiga (D-III)/Diploma Empat (D-IV)/Sarjana (S-1), dan Pasca Sarjana (S-2) yang diberikan PUPR .

Untuk informasi lengkapnya dapat dilihat melalui lama resmi PUPR.

3. Kementerian Agama (Kemenag)

Kementerian Agama (Kemenag) tahun ini juga mengumumkan penerimaan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019. Hal tersebut tertuang dalam surat pengumuman No: P-7986/SJ/B.II.2/KP/00.2/11/2019 tentang Pelaksanaan Seleksi CPNS Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun Anggaran 2019. Sejumlah 5.815 formasi telah disediakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) dimana terbagi menjadi 6 kategori jabatan, yakni guru, dosen, penghulu, jabatan fungsional, penyuluh agama, dan pelaksana.

Untuk informasi lengkapnya dapat dilihat melalui lama resmi Kemenag.

4. Kementerian Keuangan (Kemenkeu)

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) juga menerima lowongan bagi beragam jabatan pada CPNS 2019 ini. Hal tersebut sesuai dengan surat Nomor: PENG-01/PANREK/2019 tentang Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di wilayah Lingkungan Kementerian Keuangan Tahun Anggaran 2019. Terdapat 202 formasi yang disediakan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan terbagi atas 10 unit penempatan.

Untuk informasi lengkapnya dapat dilihat melalui lama resmi Kemenkeu.

5. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB)

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) turut mengumumkan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019. Hal itu sesuai dengan keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor: 368 Tahun 2019 tentang Penetapan Kebutuhan PNS di lingkungan Kemenpan RB Tahun Anggaran 2019. Total terdapat 140 formasi yang terbagi menjadi dua unit penempatan, yakni di unit penempatan Kemenpan-RB sebanyak 56 formasi atau Komisi Aparatur Sipil Negara sebanyak 84 formasi.

Untuk informasi lengkapnya dapat dilihat melalui lama resmi Menpan.

6. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) secara resmi mengumumkan penerimaan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 di lingkungannya dalam laman resmi Kemenpora pada hari Senin, 11 November 2019. Berdasarkan pengumuman No: 11. 8. 1/BI/XI/2019 tentang Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kemenpora, sedikitnya terdapat 11 formasi jabatan yang dibutuhkan di lingkungan kementerian yang membidangi urusan pemuda dan olahraga tersebut.

Dalam pengumuman tersebut disebutkan pula, pihak Kemenpora telah membagi kriteria pelamar menjadi empat klasifikasi, yakni umum, lulusan terbaik atau cumlaude, putra/putri Papua dan Papua Barat, dan disabilitas. Kebutuhan formasi CPNS 2019 di lingkungan Kemenpora memberikan peluang bagi lulusan Diploma (D-III) dan Sarjana (S-1).

Untuk informasi lengkapnya dapat dilihat melalui lama resmi Kemenpora.

7. Kementerian Perindustrian (Kemenperin)

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) juga turut mengumumkan penerimaan seleksi CPNS 2019. Terdapat 359 formasi yang telah disiapkan bagi lulusan Diploma Tiga (D-III), Diploma Empat (D-IV), Strata 1 (S-1), dan Strata 2 (S-2).

Untuk informasi lengkapnya dapat dilihat melalui lama resmi Kemeperin.

8. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) turut mengumumkan penerimaan dan membuka kesempatan bagi para pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019. Hal tersebut sesuai dengan pengumuman Nomor: 810/12416/SJ Tentang Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Dalam Negeri Tahun Anggaran 2019. Terdapat 370 formasi untuk 70 jabatan yang telah disediakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Adapun formasi tersebut dibagi menjadi tiga jenis, yaitu formasi umum, cumlaude, disabilitas, serta putra/putri Papua/Papua Barat. Untuk formasi umum, jumlah alokasi formasi umum adalah 324, cumlaude dengan 37 formasi, disabilitas dengan 7 formasi, dan putra/putri Papua/Papua Barat dengan 2 formasi.

Untuk informasi lengkapnya dapat dilihat melalui lama resmi Kemendagri.

9. Kementerian Luar Negeri (Kemenlu)

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) secara resmi mengumumkan penerimaan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019. Terdapat 132 formasi bagi pelamar lulusan Sarjana (S-1) dan Master/Magister (S-2) yang disediakan Kemenlu .

Untuk informasi lengkapnya dapat dilihat melalui lama resmi Kemlu.

10. Kemenko Maritim

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia secara resmi juga membuka penerimaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Dalam penerimaan tahun ini terdapat 72 formasi yang disediakan oleh Kemenko Maritim bagi para pelamar lulusan D-III, D-IV, S-1, dan S-2.

Untuk informasi lengkapnya dapat dilihat melalui lama resmi https://maritim.go.id.

11. Kementerian Kesehatan (Kemenkes)

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) secara resmi mengumumkan seleksi CPNS 2019 di jajaran lingkungannya. Terdapat 2.205 formasi yang disediakan Kemenkes bagi para pelamar lulusan D-III, D-IV, S-1, dan S-2.

Untuk informasi lengkapnya dapat dilihat melalui lama resmi Kemenkes.

12. Kementerian Pertanian (Kementan)

Kementerian Pertanian (Kementan) ecara resmi mengumumkan penerimaan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019. Hal itu sesuai dengan pengumuman Nomor: 4456/KP.110/A/09/2019 tentang Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Pertanian Republik Indonesia Tahun Anggaran 2019. Terdapat 518 formasi pada seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2019 ini. Dalam periode CPNS 2019 ini, Kementan membuka kesempatan bagi para lulusan SMK, D-III, dan S-1. . Kementerian Pertanian mengalokasikan 362 kursi untuk 37 jabatan fungsional dan 156 kursi untuk 50 jabatan pelaksana.

Untuk informasi lengkapnya dapat dilihat melalui lama resmi Kementan.

13. Kementerian PPPA (KemenPPPA)

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KemenPPPA) mengalokasikan total 25 formasi pada CPNS 2019 ini. Sesuai dengan pengumuman Nomor 179 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil di KemenPPPA, KemenPPPA membutuhkan 25 formasi jabatan di lingkungan KemenPPPA.

Untuk informasi lengkapnya dapat dilihat melalui lama resmi Kemenpppa.

14. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham)

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) juga telah mengumumkan penerimaan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019. Terdapat 4.598 formasi yang diberikan Kemenkumham terdiri dari 87 formasi cumlaude, 19 formasi disabilitas, 180 fomasi untuk putra/putri Papua dan Papua Barat, serta 4.312 formasi umum.

Selain itu, Kemenkumham juga membuka kesempatan bagi para lulusan SMA/SMK/MA. Lulusan SMA/SMK/MA mendapat jatah 3.532 formasi dengan 2.875 formasi disediakan untuk jabatan penjaga tahanan serta 101 formasi untuk putra/putri Papua dan Papua Barat. Lulusan SMA/MA/SMK juga bisa mendaftar pada jabatan Pemeriksa Keimigrasian Pelaksana/Pemula dengan jumlah formasi sebanyak 657. Kemenkumham juga membuka lowongan bagi Diploma III, Sarjana/S-1/D-IV, dan dokter.

Untuk informasi lengkapnya dapat dilihat melalui lama resmi Kemenkumham.

15. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) 

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) membuka total 705 kursi yang terbagi menjadi 27 jabatan di CPNS 2019. Terbuka bagi lulusan SMK, D-III, S-1, dan S-2, di mana terdapat sejumlah persyaratan khusus bagi masing-masing jalur.

Untuk informasi lengkapnya dapat dilihat melalui lama resmi http://ropeg.menlhk.go.id

16. ementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN)

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) juga telah resmi mengumumkan pembukaan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019. Total terdapat 727 formasi yang sudah disiapkan bagi para lulusan D-1, D-III, hingga S-1.

Untuk informasi lengkapnya dapat dilihat melalui lama resmi https://atrbpn.go.id.

17. Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker)

Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) turut membuka seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPN) 2019. Kemnaker memberikan peluang bagi para lulusan D-III, D-IV, S-1, dan S-2 dengan menyediakan 416 formasi yang diberikan .

Untuk informasi lengkapnya dapat dilihat melalui lama resmi Kemnaker.

18. Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka total 1.244 formasi pada penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019. Jabatan yang dibutuhkan Kemenhub antara lain Inspektur Keamanan Penerbangan, Teknisi Penerbangan, Ahli Ukur Kapal, Pemeriksa Perkeretaapian, untuk jabatan teknis di sektor transportasi. Kemenhub juga membuka formasi untuk jabatan umum seperti Pranata Hubungan Masyarakat, Analis Kepegawaian dan Ahli Perencana.

Untuk informasi lengkapnya dapat dilihat melalui lama resmi Kemenhub.

19. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) juga membuka seleksi penerimaan CPNS tahun 2019. Terdapat 50 formasi yang disediakan ESDM bagi para pelamar lulusan Diploma Tiga (D-III) dan Sarjana (S-1).

Untuk informasi lengkapnya dapat dilihat melalui lama resmi https://cpns.esdm.go.id.

20. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT)

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI telah resmi mengumumkan penerimaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Total ada 230 formasi yang disediakan PDIT bagi para pelamar lulusan Diploma Tiga (D-III) dan Sarjana (S-1).

Untuk informasi lengkapnya dapat dilihat melalui lama resmi https://kemendesa.go.id.

Demikian Daftar 20 Kementerian Yang Membuka Formasi CPNS 2019 yang dapat Admin Info GTK sampaikan. Bagi para pelamar yang mencoba keberuntungnya di tahun 2019 siapkan berkas administrasi guna memudahkan proses registrasi.

Akhmad Syadzili Fadhli
Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 5 Kota Tangerang | Berbagi Informasi Melalui Wadah infogtk.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *