Daftar Tugas Operator Sekolah Yang Tidak Semua Orang Ketahui

Daftar Tugas Operator Sekolah Yang Tidak Semua Orang Ketahui

infogtk.orgDaftar Tugas Operator Sekolah Yang Tidak Semua Orang Ketahui. Salam Satu Data kepada sesama Operator Sekolah atau yang biasa dikenal dengan sapaan OPS, untuk rekan-rekan OPS pasti merasakan kondisi susah senang menjadi OPS di era perkembangan tekhnologi sekerang ini. Harus dipahami, bahwa keberadaan OPS di sekolah itu vital dan jantung sekolah, mengapa begitu? Karena OPS ini yang bertugas menginfut dan mengolah data di Dapodik dimana melalui APlikasi Dapodik semua data sekolah dikirim ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Karena pentingnya peran Operator Sekolah di Sekolah, keberadaan OPS juga harus atau lebih diperhatikan dalam segala hal oleh Kepala Sekolah. Namun, kenyataan dilapangan masih belum banyak dirasakan oleh rekan OPS.

OPS yang selalu berada di belakang layar alias selalu berada di depan komputer dalam pemutakhiran data sekolah yang meliputi kondisi sekolah, guru dan sisiwa, terkadang dianggap masih sebelah mata bagi para pemangku kepentingan. Untuk kolega OPS ini, mereka benar-benar merasa sedih karena ada begitu banyak layanan OPS untuk sekolah yang harus dikerjakan akan tetapi apresiasi yang diberikan kepada mereka masih kurang.

Oleh karena itu, agar Guru dan Tenaga Kependidikan mengetahui lebih banyak tentang tugas-tugas Operator Sekolah, harap perhatikan informasi berikut ini. Berikut tugas operator sekolah yang perlu anda ketahui.

Tugas Operator Sekolah:

  1. Berkaitan dengan Aplikasi Dapodik (dapopaud atau dapodikdasmen).

Data Pokok Pendidikan atau Dapodik adalah sistem pendataan skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional, yang merupakan bagian dari Program perancanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif. Karena tanpa perencanaan pendidikan yang matang, maka seluruh program yang terbentuk dari perencanaan tersebut akan jauh dari tujuan yang diharapkan.

Di sini tugas Operator Sekolah meliputi:

  • Hapus dan Instal Aplikasi Dapodik
  • Input data dalam dapodik
  • Pembaruan data dalam dapodik
  • Memastikan data yang telah dimasukkan dan diperbarui disinkronkan dalam manajemen Aplikasi Dapodik, misalnya dalam pengelolaan Dikdasmen/PAUD untuk unit Dikdasmen/PAUD.
  • Bagi rekan OPS yang menggunakan Aplikasi Dapodik Dikdasmen dapat diakses melalui tautan berikut: http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/
  • Bagi rekan OPS yang menggunakan Aplikasi Dapodik PAUD Online, dapat diakses melalui tautan berikut: https://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/dapodik/Account/Login

Lebih lanjut tentang Aplikasi Dapodik : Yang Terbaru Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020

  1. Mendaftar sebagai Operator Sekolah di situs website sdm.data.kemdikbud

Untuk sesama operator yang baru dan belum terdaftar untuk Operator Sekolah, segera daftarkan karena hal ini memengaruhi akses vervalpd, vervalsp, dan vervalptk.

Dan untuk Kepala Sekolah, diharapkan untuk mengeluarkan Surat Keputusan Operator Sekolah untuk pendaftaran di situs web sdm.data.kemdikbud.

Akhmad Syadzili Fadhli
Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 5 Kota Tangerang | Berbagi Informasi Melalui Wadah infogtk.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *