Daftar Tugas Operator Sekolah Yang Tidak Semua Orang Ketahui

  1. Mengisi Kehadiran Online di DHGTK Online

Sistem informasi data kehadiran guru dan tenaga kependidikan merupakan aplikasi pencatatan kehadiran secara online untuk guru dan tenaga kependidikan lainnya di sekolah negeri dan sekolah swasta seluruh Indonesia. Proses pencatatan data kehadiran dilakukan oleh sekolah yang terhubung dengan internet secara langsung. Proses pencatatan kehadiran untuk versi awal dapat dilakukan secara harian dan bisa juga dilakukan mingguan atau bulanan.

Sampai saat ini Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) hanya menyiapkan aplikasi entri data untuk absesnsi kehadiran guru disekolah melalui aplikasi hadir GTK. Aplikasi ini diharapkan dapat dimanfaatkan Pemda/Dinas Pendidikan untuk memastikan kehadiran guru yang akan dibayarkan tunjangan profesinya.

Bagaimana sih carai mengisi kehadiran online di DHGTK Online. Cara mengisi kehadiran online di situs DHGTK Online sangat gampang. Silakan klik tautan berikut: http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/

Update terbaru dibeberapa unit pendidikan sudah melakukan absend online ini menggunakan mesin Finger Print atau token absend melalui Handphone masing-masing pegawai. Untuk merakap kehadiran secara online mejadi bagian dari tugas Operator Sekolah.

Lebih lanjut tentang Aplikasi DHGTK Online : Data Kehadiran Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) 2019

  1. Unggah Data Sekolah di SISPENA

Sispena adalah sistem informasi penilaian akreditasi sekolah berbasis web , aplikasi sispena bisa diakses dari mana saja, kapan saja dengan syarat pengguna terhubung dengan internet. Aplikasi sispena ini dibuat dan dikelola oleh Badan Akrediasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M).

Untuk lembaga pendidikan yang akan melakukan Akreditasi Sekolah, tugas ini tentunya akan dilakukan oleh OPS serta mengisi Dapodik Sekolah. Semua tugas yang diuraikan di atas, pengisian harus online, dalam arti memerlukan jaringan internet.

Jadi bagi Pimpinan Sekolah diharapkan lebih peduli atau suportif lagi terhadap sesama OPS karena mereka juga memiliki peran yang sangat penting bagi kemajuan sekolah dan kelancaran jalannya pendataan operasional sekolah. Nah itulah beberapa daftar tugas operator sekolah yang tidak semua orang ketahui.

Sahabat Info GTK demikianlah beberapa Daftar Tugas Operator Sekolah Yang Tidak Semua Orang Ketahui, dengan adanya uraian diatas semoga pihak-pihak yang berada di garis lingkungan kependidikan bisa lebih menghargai dan mengapreisasi keberadaan Operator Sekolah

Akhmad Syadzili Fadhli
Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 5 Kota Tangerang | Berbagi Informasi Melalui Wadah infogtk.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *