Empat Hal yang Membuat Siswa Kehilangan Kepercayaan Diri

infogtk.org – Sahabat Info GTK sebagai seorang guru seyogyanya kita wajib mengetahui sifat murid, berikut Empat Hal yang Membuat Siswa Kehilangan Kepercayaan Diri.

Guru merupakan cerminan orang tua dari siswa yang segala tindak-tanduknya di contoh oleh siswa. Namun dalam kenyataanya secara tak sadar guru melakukan keasalahn mengajar yang membuat kepercyaan diri siswa memudar. Berikut diantaranya.

Empat Hal Yang Membuat Siswa Kehilangan Kepercayaan Diri

1. Diskriminasi Terhadap Siswa
Guru kadang secara tak sadar lebih suka perhatian kepada muridnya yang berpenampilan menarik, baik cantik ataupun ganteng.

Sedangkan yang bersifat pendiam jarang sekali diperhatikan. Ingat bahwa ketika Anda menjadi guru harus menempatkan keprofesionalitasnya dalam mengajar tanpa pandang bulu.

Proses mengajar yang pilah-pilih terhadap siswa justru, anggapan akan membuat siswa yang pendiam semakin pendiam dan tidak percaya diri. Guru harus tahu bahwa semua murid itu sejatinya pintar, tida ada murid bodoh jika pembaca Info GTK mengajari siswanya dengan baik.

[artikel number=3 tag=”pendidikan” ]

2. Memotong dan Mengatakan Salah Ketika Siswa Menjawab Pertanyaan
Ketika seorang murid menjawab pertanyaan guru, siswa tersebut sedang berpikir kreatif, dan melatih dirinya supaya bisa percaya diri. Sayangnya tak disadari, guru biasanya langsung memotong jawaban murid karena jawabanya salah.

Semakin guru melakukan lebeling salah terhadap siswa ketika menjawab pertanyaan, maka akan muncul sifat takut dalam diri siswa.

Share This Post

Post Comment