Gambar Rumah Adat Betang

Replika rumah betang di palangka raya. Rumah betang sungai uluk palin merupakan rumah tradisional suku dayak tamambaloh palin tamam apalin dengan adat.

Rumah Panjang Atau Betang Suku Dayak Rumah Kalimantan

Gambar rumah betang rumah adat kalimantan tengah yang panjang dan luas.

Gambar Rumah Adat Betang. Rumah adat betawi ini memiliki nilai filosofis seperti namanya yakni kebaya karena konstruksi bangunan memang terlihat seperti kebaya. Indonesia merupakan negara yang dikaruniai kekayaan budaya yang berlimpah terdiri dari banyak provinsi dimana tiap provinsi memiliki budaya dan adat istiadatnya yang berbeda beda unik dan memiliki ciri khasnya masing masing dan salah satu warisan budaya yang sampai saat ini tetap terjaga adalah rumah adat. Rumah betang adalah rumah adat khas kalimantan yang terdapat diberbagai penjuru kalimantan dan dihuni oleh masyarakat dayak terutama di daerah hulu sungai yang biasanya menjadi pusat permukiman suku dayak.

Ciri pertama yang kita lihat dari rumah adat betang adalah bentuknya yaitu rumah panggung dengan tangga yang menuntun orang menuju pintu masuk. Apabila dilihat dari arah samping maka akan terlihat seperti lipatan kebaya ditambah lagi kebaya merupakan kain tradisional betawi yang hingga saat ini masih dipakai dalam beberapa upacara adat. Rumah adat kalimantan tengah di kesempatan artikel kali ini kami akan mengulas secara lengkap tentang bagaimana keunikan keunikan lain dari rumah adat khas masyarakat dayak di kalimantan tengah ini mulai dari arsitektur struktur fungsi dan gambar gambarnya.

Ia dapat berukuran mencapai 100 150 meter dengan lebar 50 meter dan tinggi 12 15 meter. Namu sudah identik engan penggunakan bahan kayu besi atau kayu ulin. Rumah betah memang hampir mirip dengan rumah adat suku dayak dari provinsi lain.

Rumah adat khas ini memiliki beberapa keunikan tersendiri seperti di bangun dengan tidak menggunakan sembarang kayu saja. Rumah betang rumah panjang. Selain rumah betang di kalimantan tengah juga kita mengenal beberapa rumah adat lainnya seperti rumah baanjung baánjung adalah nama kolektif untuk rumah tradisional suku banjar dan suku dayak bakumpai.

Rumah betang terkenal karena kemegahan dan ketinggian rumah panggungnya. Bentuknya bahkan mirip sekali dengan gambar rumah adat pada uang rp 500 00 zaman dulu. Rumah adat kalimantan tengah ini bernama rumah adat betang.

Rumah betang toyoi di tumbang malahoi. Pada umumnya struktur bangunan ini berupa rumah panggung dengan tinggi lantai mencapai lima meter dari permukaan tanah. Rumah betang uluk palin.

Biasanya betang berukuran sangat luas. Rumah betang sungai uluk palin di indonesia terdapat berbagai macam warisan budaya dari nenek moyang yang sampai saat ini masih terjaga dan dilestarikan secara turun temurun. Rumah adat betang punya bentuk yang sangat unik.

Rumah betang adalah bangunan adat kalimantan tengah kalteng dan juga secara khusus merupakan rumah adat suku dayak ngaju. Tapi ternyata rumah betang punya keunikan sendiri dari segi konstruksi dan juga filosofinya. Gambar rumah betang uluk palin.

Suku banjar biasanya menamakan rumah tradisonalnya dengan sebutan rumah banjar atau rumah bahari. Rumah betang atau rumah panjang merupakan salah satu rumah adat suku dayak yang berada di kalimantan.

Pin Di Asian

Betang Architecture Bali Home Fashion Arsitektur

Miniatur Rumah Lanting Rumah Diatas Sungai Khas Melayu Museum Kalimantan Barat Pontianak Miniatur Rumah Rumah Kalimantan

Huma Betang Rumah Adat Dayak Rumah Buku Gambar

Mengintip Rumah Adat Dayak Betang Mitos Hantu Kepala Terbang

Pin Di Indonesian Architecture

Mengenal Rumah Adat Suku Dayak Betang Mitos Hantu Kepala Terbang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *