Informasi Lengkap Seputar Verval PTK

infogtk.org – Sobat pendidik dan tenaga kependidikan, apakah Anda sudah mengetahui informasi seputar Verval GTK? Apakah hanya pendidik saja yang berhak untuk melakukan verval atau tenaga kependidikan? Bagaimana cara melakukan verval?

Pentingnya pemahaman kita sebagai pendidik maupun tenaga kependidikan mengenai verval akun ini harus kita ketahui secara lengkap. Oleh sebab itu, melalui artikel ini Anda akan mendapatkan informasi yang lengkap seputar Verval PTK.

Informasi Lengkap Seputar Verval PTK

Apa itu Verval PTK?

Perlu diketahui bahwa setiap pendidik dan tenaga kependidikan harus terdaftar dalam sistem Dapodik. Setelah masuk ke sistem dapodik, maka Pusat data dan Statistik Pendidikan alias PDSP akan melakukan pengelolaan data sekalis statistik pendidikan. Pengelolaan ini dilakukan verifikasi dan validasi data guna menunjang keabsahan data yang disebut sebagai Verval PTK.

Verifikasi dan validasi data bagi pendidik dan tenaga kependidikan ini dilakukan pada laman vervalptk.data.kemdikbud.go.id. Segala proses yang ada dilakukan secara online sehingga masih menjadi satu rangkaian dengan sistem dapodik.

Upaya verifikasi dan validasi data tentunya memerlukan peran aktif pendidik dan tenaga kependidikan yang bersangkutan. Operator dapodik setiap sekolah tentunya akan membantu proses penginputan apabila mendapatkan arahan dari pihak yang bersangkutan. Untuk itu, Anda sebagai pendidik maupun tenaga kependidikan harus berperan aktif dan memahami pentingnya melakukan verifikasi dan validasi data pendidik dan tenaga kependidikan. Sebagaimaan semboyan yang digadang-gadangkan oleh pihak Kemendikbud bahwa “Datamu adalah tanggung jawabmu”.

Peran dan Fungsi Verval PTK

Pada dasarnya, Verval PTK memiliki fungsi untuk melakukan verifikasi dan validasi PTK oleh operator dapodik pada tingkat sekolah dan tingkat kabupaten/kota. Namun, keduanya memiliki tugas yang tentunya berbeda-beda. Adapun penjelasan singkatnya sebagai berikut.

Operator tingkat sekolah

Operator tingkat sekolah memiliki peran yang cukup penting. Operator melakukan pengajuan serta perbaikan pada data individu yang salah pada NUPTK. Selain itu, pengajuan pas foto juga bisa dilakukan oleh masing-masing pendidik maupun tenaga pendidik melalui operator dapodik.

Operator tingkat kabupaten/kota

Operator tingkat kabupaten/kota memiliki peran yang tak kalah pentingnya dengan operator tingkat sekolah. Pasalnya, data-data yang diubah oleh operator sekolah akan diverifikasi oleh operator dinas setempat terutama bila terdapat pengajuan perbaikan data pada NUPTK yang keliru.

Selain untuk melakukan verifikasi dan validasi data, fungsi lainnya yaitu untuk melakukan proses penerbitan maupun perubahan data pada NUPTK. Bagi pendidik dan tenaga kependidikan yang belum memiliki NUPTK, maka dapat mengusulkannya pada laman verval.

Adapun syarat untuk dapat mengusulkan NUPTK diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Telah terdaftar dalam dapodik
  • Belum memiliki NUPTK
  • Telah mendapatkan Surat Keterangan Pengangkatan sebagai pendidik maupun tenaga kependidikan minimal oleh Bupati/Walikota setempat.
  • Telah berijazah S1 atau sederajat untuk tenaga guru pengajar dan minimal SMA untuk tenaga administrasi.

Setelah memenuhi persyaratan di atas, pendidik maupun tenaga kependidikan dapat mengajukan NUPTK melalui laman verval. Adapun berkas-berkas yang perlu dipersiapkan adalah

  • Scan Kartu Tanda Penduduk alias KTP dalam bentuk pdf.
  • Scan ijazah beserta nilai jenjang SD/Sederajat dalam bentuk pdf.
  • Scan ijazah beserta nilai jenjang SMP/Sederajat dalam bentuk pdf.
  • Scan ijazah beserta nilai jenjang SMA/Sederajat dalam bentuk pdf.
  • Scan ijazah S1/Sederajat dalam bentuk pdf.
  • Scan Surat Keterangan Pengangkatan dari Bupati/Walikota setempat dan SK Pembagian Tugas dari Kepala Sekolah dalam bentuk pdf.

Data-data di atas harus discan dalam bentuk pdf dengan ukuran maksimal 1 mb. Kemudian upload menggunakan akun pendidik atau tenaga kependidikan yang akan mengusulkan NUPTK pada laman verval.

Selalu pantau perkembangan dari pengajuan NUPTK melalui laman verval. Apabila ada kesalahan berkas yang diunggah, maka akan ada keterangan penolakan berkas. Anda dapat memperbaikinya kembali sesuai dengan kesalahan berkas.

Data pengusulan tersebut akan diproses mulai dari tingkat kabupaten/kota. Kemudian diteruskan kepada LPMP Provinsi. Terakhir, pihak pusat akan menerbitkan NUPTK bila semua data sudah sesuai. Oleh karena itu, Anda harus sering memantau perkembangan pengusulan NUPTK melalui laman verval sehingga segera diperbaiki bila ada kesalahan.

Fitur pada Verval PTK

Sebelum kita melakukan pengecekan NUPTK maupun verifikasi dan validasi data pendidik dan tenaga kependidikan, alangkah baiknya juga memahami fitur-fitur yang ada pada Verval PTK. Ada beberapa fitur utama berupa DATA PTK dan DOKUMENTASI. Berikut fitur-fiturnya.

Fitur Verval PTK
Fitur Layanan Laman Verval PTK

Fitur Daftar PTK

Fitur Daftar PTK
Fitur Daftar PTK

Fitur ini berada pada bagian sub Data PTK digunakan untuk menampilkan daftar PTK yang berstatus Aktif dan Tidak Aktif. Data tersebut adalah data yang tersimpan baik yang sudah diperbaharui maupun belum diubah.

Fitur ini juga digunakan untuk menampilkan data calon penerima NUPTK serta status penerima NUPTK. Anda akan mengetahui berbagai informasi NUPTK pada menu fitur ini,

Fitur VervalPTK

Fitur Pengajuan NUPTK
Fitur Pengajuan NUPTK

Terdiri dari menu Pengajuan NUPTK, Status Pengajuan NUPTK, Status Klaim NUPTK serta menu Upload Ulang Berkas bagi PTK yang mengajukuan NUPTK yang statusnya ditolak oleh admin Operator Dinas Kab/Kota pada saat mengajukan NUPK. Fitur ini dapat Anda gunakan untuk mengecek secara berkala status data PTK yang telah diajukan.

Fitur Tukar PTK dan Non Aktfi NUPTK

Fitur Tukar NUPTK, Non Aktif NUPTK
Fitur Tukar NUPTK, Non Aktif NUPTK

Fitur pengajuan tukar NUPTK dapat Anda gunakan untuk melakukan perbaikan maupun perubahan data PTK ataupun pengajuan Tukar PTK karena ada kesalahan yang diakibatkan oleh berbagai faktor. Selain itu juga bisa digunakan untuk validasi dan verifikasi data.

Fitur Non AKtif NUPTK dapat Anda gunakan untuk menonaktifkan status NUPTK bagi PTK yang sudag tidak aktif di Dapodik karena faktor berhenti bekerja sebagai guru atau pensiun.

Fitur Perbaikan Arsip dan Identitas

Fitur Perbaikan Arsip dan Identitas
Fitur Perbaikan Arsip dan Identitas

Pada fitur perbaikan arsip Anda dapat memperbaiki atau mengupdate dokument terbaru seperti SK Pengangkatan dan Penugasan, Dokument KTP serta Ijazah yang terbaru. Jika terdapat data PTK yang diperbaiki Anda dapat mengecek secara berkala sambil menunggu Validasi dari Operator Kab/Kota pada menu status perbaikan arsip.

Log Out

Anda tentunya tidak asing dengan fitur yang satu ini. Fitur ini digunakan untuk keluar dari aplikasi verval. Tak hanya itu, pada laman resmi juga digunakan untuk keluar dari akun verval.

Mengecek Penerbitan NUPTK Pada Verval

Setelah NUPTK terbit, Anda dapat mengeceknya melalui dua cara. Pertama, Anda dapat membuka laman vervalptk.data.kemdikbud.go.id lalu pilih akun Anda dan periksa data NUPTK yang telah terbit. Data NUPTK juga akan muncul pada menu data PTK GTK pada laman tersebut.

Kedua, setelah mengetahui NUPTK maka Anda juga dapat mengeceknya pada laman gtk.data.kemdikbud.go.id. Lakukan pencarian NUPTK Anda untuk mengetahui data yang dimunculkan oleh sistem tersebut. Periksa data tersebut apakah sudah sesuai atau belum.

Pada laman tersebut, Anda akan ditampilkan data NUPTK Anda. Misalnya seperti NUPTK, nama Anda, tanggal lahir, tempat lahir, bahkan status keaktifan dari NUPTK Anda. Jika tidak aktif atau terdapat data yang salah, maka segera hubungi operator dapodik di sekolah Anda.

Lalu, bagaimana dengan data NUPTK yang salah bagi pendidik dan tenaga kependidikan? Bawa berkas mendukung untuk memperbaiki data yang salah kepada operator dapodik. Kemudian pihak operator dapodik akan membuka akun PTK. Data akan diperbaiki melalui akun dari PTK yang bersangkutan dan diajukan kembali pada menu tersebut. Jangan lupa pantau kembali untuk mengetahui perkembangan perubahan data yang Anda lakukan.

Bagaimana Cara Verval PTK?

Untuk melakukan verifikasi dan validasi data, pendidik maupun tenaga kependidikan harus menghubungi masing-masing operator dapodik. Selanjutnya, pihak operator dapat melakukan langkah-langkahnya sebagai berikut.

Pihak operator harus login pada laman Verval PTK. Kemudian masukan surel alias alamat email dan kata sandi pada kotak dialog login. Alamat email dan kata sandi ini harus sama dengan email yang Anda pergunakan untuk mengakses dapodikdas.

Setelah menginput alamat email dan kata sandi, jangan lupa klik login. Pastikan bahwa operator dapodik telah menginput alamat email dan kata sandi yang sesuai. Apabila gagal login, maka pastikan kembali pengetikan alamat email dan kata sandi yang diinputnya pada verval tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *