Informasi Sekolah Penerima BOS Afirmasi dan BOS Kinerja Tahun 2019

Informasi Sekolah Penerima BOS Afirmasi dan BOS Kinerja Tahun 2019

infogtk.org – Sahabat Info GTK kali ini pemerintah telah menerbitkan regulasi yang baru perihal Kepmendikbud Nomor 364/P/2019 Tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 320/P/2019 Tentang Satuan Pendidikan Penerima Bantuan Operasional Sekolah Afirmasi Dan Bantuan Operasional Sekolah Kinerja Tahun 2019.

Maka dari itu pada pembahasan kali ini Admin mencoba berbagi Informasi Sekolah Penerima BOS Afirmasi dan BOS Kinerja Tahun 2019. Adapun nama-nama sekolah baik dari jenjang SD, SMP maupun SMA dan SMK yang telah mendapatkan Bantuan yang dimaksud dapat Bapak/Ibu unduh pada link yang telah disediakan. Sebelum melanjutkan inti dari pembahasan kita, mari kita jelaskan sedikit informasi terkait apa yang dimaksud dengan BOS afirmasi dan BOS kinerja.

Perlu diketahu bersama bahwa sesuai dengan pasal 1 pada permendikbud nomor 31 tahun 2019 dituliskan bahwa Bantuan Operasional Sekolah Afirmasi yang selanjutnya disebut BOS Afirmasi adalah bentuk program pemerintah pusat yang dialokasikan khusu bagi satuan pendidikan dasar dan menengah yang berada di wilayah daerah tertinggal sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang telah ditentukan.

Sedangkan bentuk Bantuan Operasional Sekolah Kinerja yang selanjutnya disebut BOS Kinerja adalah program Pemerintah Pusat yang khusus dialokasikan bagi satuan pendidikan dasar dan menengah yang dinilai berkinerja baik dalam menyelenggarakan layanan pendidikan.

Baca Juga : Juknis BOS Tahun 2019

Adapun sedikit tambahan terkait Bantuan Operasional Sekolah Reguler yang lebih kita kenal dengan sebutan BOS Reguler adalah bentuk program pemerintah pusat guna penyediaan pendanaan biaya operasi personalia dan nonpersonalia bagi Sekolah yang bersumber dari dana alokasi khusus nonfisik.

Selanjutnya sesuai dengan pembahasan Informasi Sekolah Penerima BOS Afirmasi dan BOS Kinerja Tahun 2019 Petunjuk teknis nya tertuang di dalam Permendikbud nomor 31 tahun 2019 Untuk format file ada ditautan paling bawah artikel ini.

Download SK dan Juknis Penerima BOS Afirmasi dan Kinerja Tahun 2019

Berdasarkan Salinan Lampiran I Dan Ii Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 320/P/2019, berikut admin informasikan daftar nama sekolah semua provinsi di indonesia jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK yang mendapatkan bantuan beserta alokasi, dan jumlah siswa sasaran prioritas.

Baca Juga : Kepala Sekolah Wajib Hati-Hati Menggunakan Dana BOS

File SK dan Daftar Sekolah Penerima dapat di unduh melalui link di bawah ini :

  1. Download Permendikbud nomor 31 tahun 2019 tentang Petunjuk teknis (juknis) bantuan operasional sekolah Afirmasi dan bantuan operasional sekolah kinerja Format PDF (Klik Disini)
  2. Download Revisi Keputusan Mendikbud nomor 364/P/2019 Satuan Pendidikan Penerima Bantuan Operasional Sekolah Afirmasi Dan Bantuan Operasional Sekolah Kinerja Tahun 2019 Format PDF (Klik Disini)
  3. Download Lampiran 1 Penerima Bantuan Operasional Sekolah Afirmasi Dan Bantuan Operasional Sekolah Kinerja Tahun 2019 Format PDF (Klik Disini)
  4. Download Lampiran 2 Penerima Bantuan Operasional Sekolah Afirmasi Dan Bantuan Operasional Sekolah Kinerja Tahun 2019 Format PDF (Klik Disini)

Rincian Penerima Dan Penggunaan Dana Bos Afirmasi Dan Bos Kinerja 2019

1. Bos afirmasi

  • menerima BOS Reguler pada tahun anggaran berkenaan;
  • mengisi data pokok pendidikan paling sedikit 3 (tiga) semester terakhir;
  • berada di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar;
  • memiliki sumber listrik; dan
  • memiliki jaringan internet.

2. Bos kinerja

  • menerima BOS Reguler pada tahun anggaran berkenaan dan tahun anggaran sebelumnya;
  • mengisi data pokok pendidikan 3 (tiga) semester terakhir;
  • memiliki jumlah siswa paling sedikit: 1. 60 (enam puluh) untuk SD; 2. 90 (sembilan puluh) untuk SMP; 3. 180 (seratus delapan puluh) untuk SMA/SMK; dan
  • diprioritaskan bagi yang telah melaksanakan ujian nasional berbasis komputer dan menerapkan proses penerimaan peserta didik baru berdasarkan zonasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang- undangan.

Komponen Penyediaan Fasilitas Akses Rumah Belajar.

1. Rincian pembiayaan BOS Afirmasi dan BOS Kinerja untuk penyediaan fasilitas akses Rumah Belajar terdiri dari:

  • perangkat tablet dengan jumlah unit sebanyak jumlah siswa sasaran prioritas yang ditetapkan Menteri pada satuan pendidikan masing-masing.
  • perangkat komputer PC dengan jumlah 1 (satu) unit;
  • perangkat laptop dengan jumlah 1 (satu) unit;
  • perangkat proyektor dengan jumlah 1 (satu) unit;
  • perangkat jaringan nirkabel (access point) dengan jumlah 1 (satu) unit; dan
  • perangkat penyimpanan eksternal atau hardisk dengan jumlah 1 (satu) unit.

2. Pembiayaan fasilitas akses Rumah Belajar dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut:

  • penyediaan perangkat tablet disertai dengan sarung pelindung (casing);
  • satuan pendidikan penerima BOS Afirmasi atau BOS Kinerja wajib menyediakan semua komponen perangkat penyediaan fasilitas akses Rumah Belajar, kecuali pembiayaan perangkat proyektor bagi satuan pendidikan penerima BOS Kinerja; dan
  • pembelian terhadap semua komponen penyediaan fasilitas akses Rumah Belajar harus mempertimbangkan prinsip efektivitas, efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas penggunaan anggaran

Demikianlah Informasi Sekolah Penerima BOS Afirmasi dan BOS Kinerja Tahun 2019 yang bisa kami bagikan. Smeoga bermanfaat.

Akhmad Syadzili Fadhli
Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 5 Kota Tangerang | Berbagi Informasi Melalui Wadah infogtk.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *