Jabatan, Golongan, dan Pangkat PNS 2019

Berikut ini pembagian Pangkat, Golongan, dan Jabatan PNS 2019:

Golongan I

Inilah golongan PNS dengan tingkat jabatan terendah yang membuat besaran penghasilan bulanan mereka paling kecil pula. Ada empat pangkat pada PNS golongan I yakni Juru Muda (IA), Juru Muda Tingkat I (IB), Juru (IC) dan Juru Tingkat I (ID). Dengan gaji pokok bulan pertama Rp 1.486.500, syarat pendidikan golongan I adalah SD (IA) dan SMP (IB) sederajat.

Golongan II

Untuk PNS golongan II, ada empat pangkat juga yakni Pengatur Muda (IIA), Pengatur Muda Tingkat I (IIB), Pengatur (IIC) dan Pengatur Tingkat I (IID). Pangkat terendah IIA harus punya jenjang pendidikan minimal SMA sederajat. Untuk pangkat IIB harus lulusan D1-D2 sederajat dan pangkat IIC ke atas minimal sarjana D3 sederajat.


Golongan III

Sama seperti dua golongan sebelumnya, golongan III juga dibedakan menjadi empat pangkat dengan kualifikasi pendidikan minimal S1-D4 sederajat. Empat pangkat itu adalah Penata Muda (IIIA), Penata Muda Tingkat I (IIIB), Penata (IIIC) dan Penata Tingkat I (IIID). Khusus dokter, apoteker, dokter gigi dan sarjana S2 berhak memulai jabatan mulai golongan IIIB.

Sementara sejak pangkat IIIC, para PNS haruslah punya kualifikasi pendidikan minimal S3 sederajat. Golongan III ini menjadi posisi paling dicari dalam pangkat, golongan dan jabatan PNS terbaru. Gaji pokok mereka pun bisa dibilang sudah cukup memuaskan yakni mulai Rp 2.456.700/bulan.

Golongan IV

Inilah pangkat dan jabatan PNS pada sistem penggajian lama dengan penghasilan terbesar. Ada lima pangkat dalam golongan IV yakni Pembina (IVA), Pembina Tingkat I (IVB), Pembina Utama Muda (IVC), Pembina Utama Madya (IVD) dan Pembina Utama (IVE). Mereka yang sudah menjadi PNS golongan IV jelas telah menjalani profesi selama belasan hingga puluhan tahun.

Dalam sistem penggajian lama empat golongan ini, penghasilan para PNS memiliki banyak komponen penghasilan. Perhitungannya adalah gaji induk (gaji pokok, tunjangan istri/suami, tunjangan anak, tunjangan umum/jabatan fungsional/jabatan struktural, tunjangan beras, tunjangan PPh), tunjangan kinerja, uang makan, honor dan lainnya.

Demikian informasi mengenai Pangkat, Golongan, dan Jabatan PNS 2019 yang dapat admin Info GTK sampaikan, semoga bermanfaat.

Akhmad Syadzili Fadhli
Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 5 Kota Tangerang | Berbagi Informasi Melalui Wadah infogtk.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *