Jabatan Pangkat Golongan PNS Guru Terbaru

infogtk.org – Pada dasarnya operator sekolah (Ops) sering kali bingung ketika membuat dan mengetik data kepegawaian, salah satunya tentang Jabatan Pangkat Golongan PNS Guru Terbaru. Untuk itu guna memudahkan pengerjaan akan dibahas pada artikel ini.

Banyak sumber yang membahas akan pembahasan ini mulai dari undang-undang yang diberlakukan dan terkait  daftar lengkap tabel jenjang jabatan fungsional guru terbaru yang sudah disesuaikan dengan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Adapun nama Jabatan Fungsional Guru terbaru adalah, Guru Pertama, Guru Muda, Guru Madya, dan Guru Utama

Berdasarkan Permendiknas Nomor 38 Tahun 2010 terkait tentang Penyesuaian Jabatan Fungsional Guru, bahwasannya Guru  yang  masih  memiliki  pangkat  Pengatur  Muda,  golongan  ruang  II/a,  jabatan Guru Pratama sampai dengan Pengatur Tingkat I, golongan ruang II/d, jabatan Guru Muda  Tingkat  I  yang  tidak  mempunyai ijazah  setingkat S1/D-IV  tidak  dapat  mengusulkan penyesuaian kenaikan jabatan.


Apabila  guru  sebagaimana  dimaksud  pada  ayat  (1)  memperoleh  ijazah  S1/D-IV yang relevan dengan  tugas yang diampunya dan ijazahnya telah ditetapkan angka kreditnya oleh pejabat yang berwenang dapat disesuaikan jabatannya.

Pangkat Guru pns yang telah memiliki pangkat paling rendah Penata Muda, golongan ruang III/a walaupun  yang  bersangkutan  belum  memiliki  ijazah  S1/D-IV  disesuaikan jabatannya.

Akhmad Syadzili Fadhli
Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 5 Kota Tangerang | Berbagi Informasi Melalui Wadah infogtk.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *