Jurnal Harian Guru K13 Revisi 2018 Kelas 5 Semester 1 2019

Posted on

infogtk.org – Jurnal Harian Guru K13 Revisi 2018 Kelas 5 Semester 1 2019 merupakan bentuk format manajemen guru yang begitu penting untuk dipersiapkan sebelum memulai kegiatan belajar. sudah barang tentu, kurikulum harian dalam K13 Revisi 2018 sedikit berbeda dengan kurikulum untuk revisi sebelumnya pada kelas 5 kurikulum 2013. Guna memfasilitasi pendaftaran kegiatan belajar mengajar, guru tentu saja juga harus mengoordinasikan jurnal harian. Tetapi jurnal harian yang ingin Anda gunakan adalah versi terbaru dari versi revisi K13 karena cocok dengan kompetensi inti dari buku K13.

Sebagai seorang guru, Anda, tentu saja, terbiasa mengkoordinasi jurnal harian. Dalam format jurnal harian, KI dan KD dapat menjadi topik, halaman, dan materi pendidikan untuk menjadi lebih lengkap, tambahkan beberapa poin untuk memfasilitasi pemantauan proses pembelajaran. Dalam konten atau dalam membuat kurikulum Anda sendiri, guru harus bisa meluangkan waktu dan kesabaran dalam menyusunan materi pembelajaran yang akan disampaikan ke peserta didik..

Karena dalam pembuatan jurnal harian guru, terdiri dari format hari / tanggal, mata pelajaran atau topik, materi pendidikan, jam kerja, pelajaran di KI dan KD. Karena alasan ini, jurnal harian tidak dapat ditulis dalam jumlah besar atau pada saat yang sama karena harus menyesuaikan dengan materi pembelajaran.

Beberapa Manfaat Jurnal  Guru Antara Lain:

  1. Sebagai pengingat kegiatan. Otak manusia memiliki keterbatasan dalam mengingat sesuatu. Terlebih terhadap kegiatan yang sudah lama dilakukan. Dengan melihat kembali buku jurnal harian, maka kita bisa mengingat kembali kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
  2. Sebagai bentuk pertanggung jawaban. Tunjangan sertifikasi yang diperoleh oleh seorang guru memaksa kita untuk melakukan profesi ini dengan profesional. Dalam hal ini Jurnal harian guru bisa dimanfaatkan sebagai bentuk pertanggungjawaban.

Buku jurnal guru ini terdiri atas:

  1. Identitas atas yang terdiri dari: Sekolah, Hari, Tanggal
  2. Kolom yang terdiri dari: No, Waktu, Tempat, Uraian Kegiatan, Keterangan
  3. Bagian bawah diberikan tanda tangan guru dan mengetahui kepala sekolah.

Jurnal Kelas 5 ini adalah bagian dari kepemimpinan guru sekolah dasar karena penyelesaian jurnal fungsional untuk kegiatan pengajaran, pembelajaran dan manajemen, jika kepala sekolah dan pengawas menggambarkan keterampilan mengajar atau materi fisik di bawah pengawasan. Karena semua kegiatan belajar mengajar diperlukan di kelas, guru kelas harus menerima jurnal harian atau makalah pelatihan. Demikian pula, guru kelas 5 harus memiliki buku harian kelas 5.

Akhmad Syadzili Fadhli
Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 5 Kota Tangerang | Berbagi Informasi Melalui Wadah infogtk.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *