Keanekaragaman Suku Bangsa Dan Budaya Di Indonesia

infogtk.org – Keanekaragaman Budaya Indonesia menjadi topik pembahasan admin Info GTK kali ini. Keanekaragaman Suku Bangsa Dan Budaya Di Indonesia. Indonesia adalah negara kepulauan yang penuh dengan kekayaan dan keanekaragaman budaya, ras, suku, kepercayaan, agama, bahasa daerah, dan banyak lainnya. Meskipun penuh dengan keanekaragaman budaya, Indonesia masih satu sesuai dengan moto-nya, Bhineka Tunggal Ika yang berarti “walaupun berbeda tetapi masih satu”. Keragaman budaya didukung oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang dipisahkan oleh laut.

Perbedaan seperti itu ada dalam etnis, agama, ras, dan budaya. Keragaman yang ada di Indonesia adalah kekayaan dan keindahan masyarakat Indonesia. Pemerintah harus mampu mendorong keberagaman menjadi kekuatan untuk dapat mewujudkan persatuan dan integritas nasional menuju Indonesia yang lebih baik.

Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Keanekaragaman Dalam Komunitas Indonesia

Keragaman bangsa Indonesia dapat dibentuk oleh sejumlah besar kelompok etnis yang tinggal di wilayah Indonesia dan tersebar di berbagai pulau dan wilayah di seluruh Indonesia. Setiap kelompok etnis memiliki karakteristik dan karakteristiknya sendiri dalam aspek sosial dan budaya. Menurut penelitian badan statistik BPS, yang dilakukan pada 2010, di Indonesia ada 1.128 kelompok etnis.

Keragaman yang ada di masyarakat dapat menjadi kekayaan rakyat Indonesia dan potensi bangsa. Namun, keberagaman juga merupakan tantangan karena itu karena orang yang memiliki perbedaan pendapat dapat keluar dari kendali. Munculnya perasaan regionalisme dan kesukuan yang berlebihan serta disertai dengan tindakan yang dapat merusak persatuan, justru dapat mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Karena itu, upaya untuk mencapai kerukunan dapat dilakukan dengan menggunakan dialog dan kerja sama dengan prinsip-prinsip kesetaraan, kebersamaan, toleransi dan saling menghargai satu sama lain. Keragaman masyarakat Indonesia disebabkan oleh beberapa hal, termasuk yang berikut:

Akhmad Syadzili Fadhli
Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 5 Kota Tangerang | Berbagi Informasi Melalui Wadah infogtk.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *