Keanekaragaman Suku Bangsa Dan Budaya Di Indonesia

Keanekaragaman Suku Bangsa Dan Budaya Di Indonesia

  • Kondisi Geografis

Indonesia adalah negara kesatuan yang memiliki ribuan pulau yang dipisahkan oleh selat dan laut. Ini adalah kondisi lingkungan geografis Indonesia. Lingkungan geografis yang demikian merupakan sumber keanekaragaman etnis, budaya, ras dan kelas di Indonesia. Kondisi geografis seperti itu membuat perbedaan dalam kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah mata pencaharian masyarakat. Jenis-jenis pekerjaan yang ada juga menyebabkan beragam peralatan yang diciptakannya, misalnya bentuk rumah dan bentuk pakaian. Akhirnya sampai pada bentuk seni di masing-masing daerah yang berbeda. Kondisi geografis juga menyebabkan setiap pulau memiliki agama dan budaya yang berkembang secara individual.

  • Pengaruh Budaya Asing

Kontak dan komunikasi dengan pedagang asing yang memiliki pola budaya dan agama yang berbeda menyebabkan proses akulturasi elemen budaya dan agama.

  • Kondisi Iklim dan Alam yang Berbeda

Kondisi iklim seperti perbedaan musim hujan dan kekeringan antar daerah, serta perbedaan kondisi alam seperti pantai, gunung menyebabkan perbedaan dalam masyarakat. Ada masyarakat yang mengandalkan laut sebagai sumber pemenuhan kebutuhan mereka, ada juga yang mengandalkan pertanian dan perkebunan, dan lainnya.

  • Keragaman Etnis di Indonesia

Sejak zaman kuno orang Indonesia telah dikenal sebagai masyarakat majemuk. Ini tercermin dalam moto “Unity in Diversity” yang artinya berbeda tetapi tetap satu. Pluralitas yang ada terdiri dari keragaman kelompok etnis, budaya, agama, ras, dan bahasa.

[artikel number=3 tag=”pendidikan” ]

Kebiasaan, seni, kekerabatan, bahasa, dan bentuk fisik dari kelompok etnis di Indonesia memang berbeda, tetapi di samping suku yang berbeda mereka juga memiliki kesamaan termasuk hukum, hak kepemilikan tanah, persekutuan, dan kehidupan sosial yang berbasis keluarga.

Kelompok etnis adalah orang-orang yang terikat oleh kesadaran dan identitas kesatuan budaya. Orang-orang yang termasuk dalam kelompok etnis tertentu, harus memiliki kesadaran dan identitas diri terhadap budaya kelompok etnis, misalnya dalam penggunaan bahasa lokal dan menyukai seni dan adat istiadat.

Kelompok etnis yang tersebar di Indonesia adalah warisan sejarah budaya Indonesia yang menjadi bagian bangsa ini, distribusi etnis dipengaruhi oleh faktor geografis, perdagangan laut, dan kedatangan penjajah di Indonesia. perbedaan etnis dari satu kelompok etnis yang lain di suatu daerah.

Share This Post

Post Comment