Kemendikbud Terapkan Erapor Terintegrasi Aplikasi Dapodik

Kemendikbud Terapkan Erapor Terintegrasi Aplikasi Dapodik

infogtk.org – Kemendikbud Terapkan Erapor Terintegrasi Aplikasi Dapodik melalui Direktorat Pembinaan mengembangkan aplikasi “e-Rapor dengan mengimplementasikan Panduan Penilaian secara utuh pada seluruh kurikulum satuan pendidikan pada tingkat SD, SMP hingga SMA/SMK yang berlaku guna meningkatkan pengendalian mutu penilaian.

Sejalan dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No: 23 Tahun 2016 mengenai Standar Penilaian Pendidikan telah dijelaskan bahwa penilaian pendidikan pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah terdiri atas penilaian hasil belajar oleh pendidik, satuan pendidikan, dan pemerintah.

Bentuk penilaian hasil belajar oleh para pendidik berfungsi untuk memantau dan mengevaluasi proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan. Penilaian hasil belajar tersebut dimulai dengan merencanakan penilaian, menyusun instrumen, melaksanakan penilaian, mengolah dan memanfaatkan, serta melaporkan hasil penilaian.

Aplikasi e-Rapor yang diusung pihak Kemendikbud diusung dan dikembangkan bersama-sama dengan guru dan para praktisi pendidikan guna memudahkan guru dalam melaksanakan penilaian tanpa bertentangan dengan Panduan Penilaian.

Aplikasi e-Rapor merupakan sebuah perangkat lunak berbasis web based yang berfungsi untuk menyusun laporan capaian kompetensi peserta didik (Rapor) pada satuan pendidikan di tingkat SD, SMP, hingga SMA/SMK. Aplikasi e-Rapor ini susun dan dikembangkan dengan mengacu pada kaidah-kaidah sistem penilaian yang dikeluarkan oleh nasing-masing Dirjen sehingga dapat diimplementasikan pada satuan pendidikan pelaksana Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013.

Hingga awal tahun tahun ini aplikasi e-Rapor dari amsing-masing jenjang satuan pendidikan telah dikembangkan hingga dengan pembaruan update versi, tidak menutupi meskipun begitu rilisnya membutuhkan waktu yang cukup panjang mengingat adanya update dari aplikasi Dapodik.

Guna menjadikan sistem pengolahan pendataan yang menyeluruh dan terintegrasi dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah maupun SMA/SMK secara resmi telah mengembangkan sistem pendataan dan pengolahan data berbasis teknologi informasi yang diberi nama Sistem Data Pokok Pendidikan atau Dapodik yang didalamnya termasuk data nilai peserta didik.

Adapun aplikasi e-Rapor merupakan aplikasi berbasis web based, dimana dalam penggunaannya sudah terintegrasi dengan Aplikasi Dapodik untuk unit server (admin), Sedangkan untuk unit client (guru, guru BK, wali kelas, dan peserta didik) dapat diakses melalui komputer lain yang terhubung melalui jaringan internet, maupun intranet, dengan menggunakan web

Secara teknis Aplikasi e-Rapor SD, SMP, SMA/SMK didesain terintegrasi dengan Aplikasi Dapodik yang dikeluarkan oleh Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Setditjen Dikdasmen). Pada saat ini telah dirilis Aplikasi e-Rapor yang dapat terintegrasi dengan Aplikasi Dapodik versi terbaru.

Proses Penilaian hasil belajar peserta didik, baik oleh pendidik maupun oleh satuan Pendidikan, akan lebih sistematis, komprehensif, lebih akurat, dan cepat dilakukan apabila didukung dengan perangkat aplikasi komputer. Berkait dengan hal tersebut, sejak tahun 2017 Direktorat Pembinaan SMP,

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menegah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, telah mengembangkan aplikasi e-Rapor yang teritegrasi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik), termasuk panduan pengunaannya. Namun sejalan dengan perkembangan kebijakan penilaian, Dapodik, dan kebutuhan di sekolah, maka saat ini telah dilakukan upaya pengembangan dan penyempurnaan menjadi aplikasi e-Rapor.

Panduan Erapor SD

Panduan Erapor SMP

Panduan Erapor SMA/SMK

 

Aplikasi e-Rapor ini kepdepannya akan terus dikembangkan dan dilakukan penyesuian sejalan dengan perkembangan Aplikasi Dapodik. Aplikasi e-Rapor dikembangkan oleh Tim Pengembang masing-masing satuan pendidikan.

Demikianlah postingan tentang Kemendikbud Terapkan Erapor Terintegrasi Aplikasi Dapodik yang dapat admin Info GTK bagikan pada kesempatan ini, jika terdapat hal-hal atau masukkan lainnya silahlan diskusikan pada kolom komentar yang telah disediakan.

Share This Post

Post Comment