Keunikan Rumah Adat Lamin

Rumah lamin juga memiliki simbol khusus yang terdapat pada bagian ujung atap rumah paling atas. Sudah jarang warganya yang menempati rumah adat ini sebagai hunian.

Pin On Home Decor

Bentuk dari rumah adat yang berasal dari kalimantan timur ini persegi panjang dengan atap seperti pelana.

Keunikan Rumah Adat Lamin. Suku dayak ini punya rumah yang sudah turun temurun mereka gunakan. Kamu bisa menyebut hunian mereka dengan nama rumah adat. Ternyata simbol ini memiliki arti pengertian budi luhur nilai keagungan dan kepahlawanan.

Beberapa di antaranya bakal dibahas di sini. Tapi rumah lamin khas kalimantan timur ini akan tetap dijaga keberadaannya karena pemerintah indonesia telah menetapkannya sebagai rumah tradisional tepatnya pada tahun 1967 lalu. Rumah lamin ini memiliki bebagai macam keunikan.

Memiliki panjang sekitar 300 meter lebar 15 meter dan tinggi kurang lebih 3 meter. Namun kabarnya rumah lamin kini sebagai objek wisata atau digunakan saat pelaksanaan upacara adat. Rumah dari suku dayak ini bukan saja berfungsi untuk tempat tinggal namun juga sebagai sebagai tempat digelarnya acara adat bersama warga setempat.

Yuk intip keunikan rumah adat lamin. 5 keunikan rumah adat tradisional lamin kalimantan timur yang keren. Keunikan lain yang dimiliki rumah lamin yang membuatnya berbeda dari rumah adat yang lain adalah bentuknya yang memiliki ukuran besar.

Bahkan untuk ukuran jumbo ini ada rumah yang berukuran 300x15x3 meter untuk panjang lebar dan tingginya. Bentuk rumahnya sangat unik tapi cukup aman menjaga penghuninya dari berbagai macam bahaya. Keunikan rumah adat lamin yang terletak di kalimantan timur menarik untuk diulas pada kesempatan ini.

Simbol ini berupa bentuk ukiran kepala naga. Rumah adat lamin provinsi kalimantan timur dihuni oleh suku asli yaitu dayak. Itulah beberapa keunikan rumah adat lamin khas kalimantan timur.

Mereka hidup di sekitar hutan dan aliran sungai besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *