Konsep Dasar Dan Pengertian Kurikulum Di Indonesia

Konsep Dasar Dan Pengertian Kurikulum Di Indonesia

infogtk.org – Konsep Dasar dan Pengertian Kurikulum di Indonesia. Apa sih yang dimaksud dengan kurikulum itu? Bagaimana kurikulum itu dibentuk dan dikonsep sedemikian sistematis sehingga sangat cocok untuk diajarkan siswa? Untuk membahas hal tersebut lebih jauh, simak terlebih dahulu terminologi kurikulum sebagai berikut.

Apa Sih Pengertian Kurikulum Itu?

Kurikulum pada mulanya diadopsi dari bahasa Yunani yaitu curere yang berarti jarak tempuh. Di kegiatan berlari itu ada jarak tempuh yang harus dilalui dari mulai start hingga finis. Nah, jarak diantara awal dan akhir ini dinamain dengan curere.

Pengertian Dasar Kurikulum Menurut Kemendikbud

Berdasarkan UU Sisdiknas Nomor 20 tahun 2003, kurikulum disebutkan seperangkat rencana yang didalamnya ada isi, tujuan pendidikan, bahan ajar, serta cara yang dipakai dan dijadikan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran yang diinginkan. Agar kita bisa mengetahui konsep dasar kurikulum yang lebih lengkap, kita bisa membaca pengertian dasar kurikulum dari beberapa ahli.

Pengertian Kurikulum Menurut Beberapa Ahli

Ada beberapa ahli yang menjelaskan definisi kurikulum. Lalu seperti apa sih pengertian dasar kurikulum itu menurut beberapa ahli? Berikut beberapa pengertian dasar kurikulum menurut beberapa ahli.

Pengertian dasar kurikulum menurut Hilda Taba: Menurut Hilda Taba, kurikulum adalah sebuah perangkat pembalajaran yang didalamnya tersusun menggunakan beberapa pertimbangan yang disesuaikan dengan pembelajaran dan perkembangan individu.

Pengertian dasar kurikulum menurut Romine: kurikulum menurut Romine di dalamnya mencakup aktivitas pembelajaran dan pengalaman yang diikuti oleh anak didik dari arahan dari sekolah baik di luar kelas maupun di dalam kelas.

Pengertian dasar Kurikulum Menurut Murray Print didefinisikan sebagai semua ruang pembelajaran yang dijalankan secara terencana. Baik direncanakan oleh lembaga pendidikan maupun pengalaman yang didapatkan oleh para siswa saat kurikulum tersebut diterapkan. Kurikulum juga diartikan sebagai kumpulan dari strategi pembelajaran yang dihimpun dari beberapa pelajaran yang harus ditempuh siswa.

Akhmad Syadzili Fadhli
Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 5 Kota Tangerang | Berbagi Informasi Melalui Wadah infogtk.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *