Konsep Dasar Dan Pengertian Kurikulum Di Indonesia

Pengertian dasar kurikulum menurut Crow and Crow: Menurut Crow and Crow adalah rancangan pembelajaran atau jumlah pelajaran yang dibuat secara teratur untuk menyelesaikan suatu program yang bertujuan untuk mendapat ijazah.

Pengertian dasar kurikulum menurut Holis L. Caswell and Doak S. Campbell dalam olivia. Menurut Holis, pengertian dasar kurikulum adalah kelompok pengajaran yang dibuat secara sistematis. Urutan yang sistematis disini berdasarkan subjek yang dipersyaratkan untuk lulus atau sertifikasi dalam pelajaran sosial.

Pengertian dasar kurikulum menurut Abert I Oliver: kurikulum menurut Oliver dibagikan menjadi empat elemen. Beberapa keempat elemen itu diantaranya program belajar, program pengalaman, program pelayanan, dan kurikulum tersembunyi.

Pengertian dasar kurikulum menurut Dr. Addamardasyi: Menurut Addamardasyi, kurikulum adalah sejumlah pengalaman pendidikan kebudayaan, sosial, olahrga dan hal-hal yang berkaitan dengan kesenian yang disediakan bagi murid-murid di dalam maupun luar sekolah. Tujuan kurikulum mempunyai maksud untuk menolong dan sebagai sarana pengembangan menyeluruh dalam segala segi dan merubah tingkah laku mereka sesuai dengan tujuan-tujuan pendidikan yang diinginkan.


Pengertian Kurikulum 2013

Pada perkembangannya, kurikulum selalu diperbaharui. Kurikulum terbaru yang bisa ditemukan ada pada kurikulum 2013. Lalu apa pengertian dari kurikulum 2013 sih? Kurikulum 2013 sendiri merupakan pengembangan dari kurikulum 2006 yang disusun mengacu kepada Tujuan Pendidikan Nasional berdasar evaluasi kurikulum sebelumnya.

Kelahiran kurikulum 2013 didasari untuk menghadapi tantangan yang dihadapi bangsa di masa depan. Setidaknya ada beberapa pengembangan kurikulum 2013 dibanding kurikulum sebelumnya. Berikut beberapa pengembangan kurikulum 2013:

  1. Keseimbangan Pengetahuan, Keterampilan, dan Sikap
  2. Pendekatan pembelajaran yang Saintifik
  3. Model pembelajaran berbasis masalah, penemuan, dan proyek.
  4. Penilain pembelajaran otentik

Sahabat Info GTK sekarang Anda sudah paham bukan? Konsep Dasar dan Pengertian dasar Kurikulum di Indonesia, semoga bermanfaat

Akhmad Syadzili Fadhli
Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 5 Kota Tangerang | Berbagi Informasi Melalui Wadah infogtk.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *