Kumpulan Lagu Daerah Jawa Barat Beserta Lilirk dan Maknanya

Lagu Daerah Jawa Barat

infogtk.org – Kumpulan Lagu Daerah Jawa Barat Beserta Lilirk dan Maknanya. Sahabat Info GTK Provinsi Jawa Barat secara geografis berada di Pulau Jawa bagian barat . Pada bagian utara wilayahnya berbatasan dengan Laut Jawa, pada bagian timur berbatasan dengan Jawa Tengah, dibagian selatan berbatasan dengan Samudera Hindia, serta Provinsi Banten dan DKI Jakarta dibagian barat.

Adapun dataran rendah merupakan kawasan pantai utara. Dengan pegunungan di bagian tengah, yaitu bagian dari rangkaian pegunungan yang membujur dari barat hingga timur Pulau Jawa. Gunung Ciremay menjadi titik tertingginya, yang berada di sebelah barat daya Kota Cirebon. Sungai Citarum dan Sungai Cimanuk merupakan sungai-sungai yang cukup penting yang bermuara di Laut Jawa.

Suku Sunda menajdi mayoritas utama penduduk Jawa Barat, dengan tutur kata menggunakan Bahasa Sunda. Di Kabupaten Cirebon dan Kota Cirebon dituturkan bahasa Cirebon yang mirip dengan Bahasa Banyumasan dialek Brebes. Di Kabupaten Indramayu menggunakan bahasa Cirebon dialek Indramayu atau dikenal dengan dermayon dan beberapa kecamatan yang terletak di pantai utara kabupaten Subang dan Kabupaten Karawang seperti Cilamaya Wetan, Cilamaya Kulon dan Pedes (Cemara) menggunakan bahasa Cirebon yang hampir mirip dengan bahasa Cirebon dialek dermayon. Di daerah perbatasan dengan DKI Jakarta seperti sebagian Kota Bekasi, Kecamatan Tarumajaya dan Babelan (Kabupaten Bekasi) dan Kota Depok bagian utara dituturkan bahasa Melayu dialek Betawi.

Jawa Barat terdiri dari dua identitas yang merupakan wilayah berkaraktaristik kontras, terdiri dari bagian masyarakat urban yang sebagian besar tinggal di wilayah Jabodetabek (sekitar Jakarta) serta Bandung Raya, dan bagian masyarakat berkaraketer tradisional yang tinggal dipedasaan. Jumlah penduduk Jawa Barat mencapai 37.548.565 jiwa pada tahun 2002, dengan rata-rata jumlah kepadatan penduduk 1.033 jika/km persegi. Provinsi Jawa Barat menduduki peringkat terendah, dengan 2,02% per tahun. Dibandingkan dengan angka pertumbuhan nasional (2,14% per tahun)

Karena besarnya wilayahnya yang berada jawa Barat hal ini secara tidak langsung banyak budaya-budaya daerah yang bermunculan salah satunya adalah lagu daerah. Lagu daerah jawa barat timbul dari cerminan budaya sunda yang begitu kental, mulai dari lirik, makna hingga instrumentalnya. Bagi warga masyarakat jawa barat khususnya bagi para pelajar mempelajari dan menyanyikan lagu-lagu daerahnya merupakan sesuatu hal yang wajib dilestarikan.

Walaupun eksistensi lagu daerah mulai tergerus seiring dengan perkembangan zaman modern, baik dari dalam maupul luar negeri, namun dalam beberapa kegiatan, lagu-lagu daerah masih terus di lantunkan. Hal ini yang harus terus dipertahankan dan dilestarikan dalam menjaga kebudayaan daerah.

Sebagia bagian dari menjaga dan turut melestarikan budaya yang ada di Indonesia khususnya wilayah Jawa Barat yang telah diwariskan para pendahulu, admin mencoba mengulas dan membahas lagu daerah Jawa Barat yang ternyata ada belasan yang berhasil diarangkum.

Pada uraian kali ini admin mencoba merangkum berbagai kumpulan lagu daerah jawa barat dari berbagai sumber yang dimuat.

Pages ( 1 of 5 ): 1 2 ... 5Next »

Share This Post

Post Comment