Kumpulan Lagu Daerah Jawa Timur Beserta Lilirk dan Maknanya

Kumpulan Lagu Daerah Jawa Timur Beserta Lilirk dan Maknanya

infogtk.org – Kumpulan Lagu Daerah Jawa Timur Beserta Lilirk dan Maknanya. Jawa Timur atau disingkat dengan Jatim yang dalam bahasa Jawa diartikan dengan Hanacaraka: ꧋ꦗꦮꦮꦺꦠꦤ꧀, Pegon: جاوا ويتان, translit. Jawa Wétan, bahasa Madura: Jhâbâh Dhimor) adalah bagian dari sebuah provinsi terletak di bagian timur Pulau Jawa, Indonesia, dengan Surabaya sebagai Ibu kota pemerintahan. Memilik luas wilayahnya 47.922 km², dengan jumlah penduduk sebanyak 39.698.631 jiwa (per 2019).

Dengan luas wilayah terluas di antara 6 provinsi di Pulau Jawa menjadikan provinsi Jawa Timur memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di Indonesia setelah Jawa Barat. Secara geografis Jawa Timur di bagian utara berbatasan dengan Laut Jawa, di barat berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah, di bagian timur berbatasan dengan Selat Bali, di selatan berbatasan dengan Samudra Hindia. Panjang bentangan barat-timur sekitar 400 km, lebar bentangan utara-selatan di bagian barat sekitar 200 km, namun di bagian timur lebih sempit hingga sekitar 60 km.

Keberadaan Pulau Madura, Pulau Bawean, Pulau Kangean dan sejumlah pulau-pulau kecil lainnya di Laut Jawa (Kepulauan Masalembu), dan Samudera Hindia (Pulau Sempu, dan Nusa Barung) menjadi bagian dari wilayah Provinsi Jawa Timur.

Jawa Timur memiliki wilayah pula tersebar madura, dipisahkan dengan daratan Jawa oleh Selat Madura. Pulau Bawean berada sekitar 150 km sebelah utara Jawa. Terdapat gugusan pulau-pulau di sebelah timur Madura,  yang paling timur adalah Kepulauan Kangean, dan yang paling utara adalah Kepulauan Masalembu. Di bagian selatan terdapat dua pulau kecil yakni Nusa Barung, dan Pulau Sempu.

Kabupaten dengan jumlah penduduk terbanyak di provinsi Jawa Timur adalah Kabupaten Malang dengan jumlah penduduk 3.046.218 jiwa, sedang kota dengan jumlah penduduk terbanyak adalah Kota Surabaya sebanyak 3.195.487 jiwa. Laju pertumbuhan penduduk adalah 0,76% per tahun (2010).

Dengan banyaknya ragam budaya yang ada di Jawa Timur sudah barang tentu muncul beraneka ragam jenis lagu daerah yang muncul dari kebergaman tersebut. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini Admin mencoba mengulas berbagai macam Kumpulan Lagu Daerah Jawa Timur Beserta Lilirk dan Maknanya.

Berikut adalah kumpulan lagu daerah dari Provinsi Jawa Timur:

1. Gai Bintang (Madura)

Judul : Gai Bintang
Pencipta : Budi Susanto Yohanes
Daerah : Provinsi Jawa Timur
Golongan : Lagu daerah / Lagu wajib daerah

Lagu Gai Bintang adalah lagu daerah Jawa Timur tepatnya lagu daerah Madura. Informasi yang beredar sosok Budi Susanto Yohanes disebut sebagai pencipta lagu ini, namun ada pula informasi yang memberikan keterangan anonim (tidak diketahui).

Lagu Gai bintang merupakan lagu yang mengandung kata-kata puitis, sehingga dari segi kata per kata sulit untuk diterjemahkan.

Lirik lagu Gai Bintang

Gâi bintang alèk gâgâr bulân
Pagâina jânor konèng
Endêng pandêng alèk sajân jâu
Pajâuna kalon alon Léya lètès
Kêmbang katès Tokca tok cèr

Artinya:

Ambil (menjolok dengan galah) bintang yang jatuh (malah) rembulan
Penjoloknya janur kuning
Abang pergi kian jauh
Jauhnya ke alun-alun
Leya letes kembang ates tokca tokcer

Kata “Gai bintang” jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia memilik arti menjolok atau menggalah bintang. Lagu berbahasa Madura memiliki beberapa baris syair pendek. Walaupun pendek, namun memiliki makna mendalam dengan menggunakan simbol-simbol.

Secara makna keseluruhan lagu ini memberikan pesan bahwa kita harus berusaha dengan keras meski pada awalnya suatu cita-cita itu terlihat tinggi atau mustahil didapat. Namun apabila dikerjakan dengan penuh kesungguhan, cita-cita itu akan tercapai. Akan tetapi, cita-cita itu terkadang tidak selalu tercapai atau terpenuhi. Maka ketika hal itu terjadi, manusia harus bisa menerima karena ada hal lain yang didapat.

Not Angka Lagu Daerah Gai Bintang

2. Kembang Malathe

Judul : Kembang Malathe
Pencipta : Abd Moeid Qowey
Daerah : Provinsi Jawa Timur
Golongan : Lagu daerah / Lagu wajib daerah

Satu lagi lagi dengan khas daerah Madura adalah Kembang Malathe. Kembang Melate dalam bahasa Indonesia memiliki arti kembang melati. Lagu Kembang Melate menceritakan tentang keindahan bunga melati. Dilansir dari berbagai sumber lagu ini diciftakan oleh Abd Moeid Qowey.

Lirik lagu Kembang Melate

Kembeng malate pote
Beunah ro’om ngapencote
Gik buru e pettek deri taman sare
Ropana segger tor asre
Bennyak kembeng se sae
Tak seddep akadhi malate
Menangka kasogen kaator kapotre
Se seddep akadhi malate

Artinya:

Kembang melati putih
Aromanya harum bikin kepincut
Baru dipetik dari taman sari
Rupanya segar dan asri
Banyak bunga yang bagus
Tapi tak seharum melati
Sebagai tanda cinta kepada putri
Yang harum seperti melati

Kembang melati menceritakan sebuah kembang yang membuat orang terpincut atau tertarik. Tak hanya itu, bunganya harum semerbak dan tampilannya segar dan alami.

Dalam gambaran bunga melati disebutkan bahwa memang banyak bunga indah, tapi tak seindah bunga melati. Bunga melati itu sebagai tanda cinta kepada seorang putri.

Not Angka Lagu Daerah Kembang Malathe

Pages ( 1 of 5 ): 1 2 ... 5Next »

Share This Post

Post Comment