Manfaatkan Internet Untuk Memulai Bisnis Menguntungkan di Masa Pandemi

Manfaatkan Internet Untuk Memulai Bisnis Menguntungkan di Masa Pandemi

infogtk.org – Salah satu dampak wabah Covid-19 terhadap sektor perekonomian membuat banyak sebagian orang kehilangan pekerjaan karena adanya pemutusan hubungan kerja (PHK) serentak ditiap sektor industri usaha, terlebih bagi para pelaku dunia usaha pusing karena menurunnya pendapatan yang sangat drastis. Tidak sedikit yang harus menutup usahanya sementara, bahkan ada yang gulung tikar karena tak mampu menutupi kerugian dan membayar para karyawannya.

Namun, di tengah situasi yang tidak menentu seperti sekarang ini, keberadaan teknologi justru menawarkan solusi yang dapat kalian manfaatkan untuk sekdar mencari uang tambahan, bahkan tidak menutup kemugkinan dapat menjadi sumber income utama. Ya, internet yang selama ini kalian pakai tuk hanya sekedar browsing atau bermain game ternyata dapat dijadikan lahan penghasilan baru di masa pandemi saat ini. Nyatanya perkembangan pengguna internet di Indonesia semakin meningkat jumlah seiring dengan kemudahan akses yang ditawarkan.

Lalu bagaimana cara manfaatkan internet untuk memulai bisnis menguntungkan di masa pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia saat ini, simak ulasanya?

  1. Tentukan jenis usaha yang dikembangkan

Walau menjanjikan, tidak semua bisnis online bisa langsung membawa untung di masa pandemi. Kalian harus menganalisis dulu jenis usaha yang dapat berjalan stabil dan sedang dibutuhkan masyarakat luas dimasa pandemi ini. Mulai dari dengan cara menjual jasa hingga menjual produk fisik. Salah satu contohnya adalah jenis usaha bahan baku makanan seperti frozen food hingga minuman dengan kapasitas besar.

Untuk jenis usaha yang bergerak dibidang produk fashion seperti pakaian juga masih banyak diminati mengingat karena adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diberlakukan dihampir semua wilayah di Indonesia mengakibatkan konsumen kini tidak bisa datang ke pusat perbelanjaan dan tempat lainnya karena adanya physical distancing. Jika kalian berfikir selangkah kedepan bisa mejadikan peluang usaha karena adanya keterbatasan aktfivitas yang dilakukan orang-orang guna mencegah penyebaran virus Covid-19.

  1. Siapkan dan kelola modal awalnya

Salah satu keuntungan menjalankan bisnis online adalah modalnya yang tidtak terlalu besar. Namun, kalian juga harus menghitung terlebih dahulu modal yang dibutuhkan dan menyiapkan anggarannya. Urus juga rekening khusus yang bakal kalian gunakan untuk mengelola usaha tersebut. Dengan mengatur modal, kalian bakal lebih mudah memantau arus kas hingga memprediksi keuntungan setelah bisnis tersebut berjalan. Pastikan semuanya diatur secara jelas.

  1. Mau promosi di mana, media sosial atau website?

Ada banyak tempat yang bisa kalian gunakan untuk mempromosikan produk yang kalian jual, salah duanya media sosial dan website. Dimana keduanya memilki kelebihan dan kekurangan masing-masing tergantung dari sudut pandang kalian menyikapinya.

Memasarkan produk di media sosial memang terbilang lebih mudah, karena pada umumnya hampir setiap orang memiliki akun media sosisl, akan tetapi ada keterbatasan dalam mengatur dan mengelolanya karena kebijakan yang diberlakukan, tentunya kalian tidak mengingkan hal buruk terjadi pada usaha kalian jika sewaktu-waktu usaha kalian ditutup sepihak tanpa kalian sendiri mengetahui penyebabnya.

Sementara website menyediakan fitur lebih lengkap yang memungkinkan kalian mengelola bisnis di satu tempat. Kendati begitu, persiapan mengembangkannya pun lebih lama. Namun kalian dapat dengan leluasa mengatur sejala jenis promosi yang dilakukan. Karena kontrol penuh ada pada dkalian sebagai pemilik usaha.

  1. Pilih penyedia layanan hosting terbaik

Apa kalian akan memutuskan berjualan di website? Jika jawabannya ya, lanjutkan prosesnya dengan memakai layanan hosting terbaik Indonesia seperti Exabytes. Penyedia layanan hosting yang berpengalaman selama 18 tahun tersebut akan membantu kalian membangun website yang stabil dan layak untuk berbisnis. Jadi, transaksi dengan konsumen pun bakal lebih lancar karena kalian jarang menemukan masalah selama berbisnis menggunakan website sendiri.

Exabytes selaku penyedia layanan hosting terbaik di Indonesia menyediakan berbagai macam pilihan paket guna mendukung jenis usaha kalian, mulai dari untuk keperluan personal branding, UKM hingga untuk keperluan toko online dengan harga yang terjangkau dan Tim support yang siap membantu untuk memulai usaha kalian.

Exabytes merupakan perusahaan hosting yang sudah lama berdiri. Didirikan pada tahun 2001 dan telah dipercaya lebih dari 100.000 pelanggan di 121 negara, mengelola lebih dari 1000 server dengan 100.000+ situs web dan 1.000.000+ akun email. Sebuah pencapaian yang dapat dikatakan baik untuk perusahaan yang bergerak dibidang kayanan hosting. Dan pada akhir April 2016 lalu Exabytes secara resmi masuk ke Indonesia. Dengan menggunakan data center yang diklaim terbaik di Indonesia, yaitu NEX Data Center, sebuah Data Center yang menyediakan premium neutral-carrier colocation server dan sudah beroperasi di Indonesia sejak tahun 2009.

  1. Menyiapkan konten berkualitas untuk berjualan

Percuma saja kalian memiliki website stabil namun konten yang diunggah kurang menjual dan terkesan asal. Maka dari itu, luangkan waktu untuk memotret produk-produk yang akan dipromosikan. Pastikan resolusinya tinggi dan memiliki kualitas gambar yang baik agar tidak pecah saat diperbesar konsumen.

Kemudian, cantumkan deskripsi selengkap mungkin guna menghindari miskomunikasi dengan calon pembeli seperti nama produk, ketersediaan produk (stok), harga, hingga kelebihan yang ditawarkan. Jangan lupa untuk memperbarui informasi untuk menghindari keluhan konsumen.

  1. Jangan lupa untuk mempromosikan produk

Walaupun kalian berjualan menggunakan media website sebagai tempat promosi utama, tetap gunakan media sosial sebagai wadah berpromosi. Platform seperti Facebook dan Instagram menawarkan jumlah pengguna besar yang dapat kalian manfaatkan untuk menjaring konsumen yang sudah ditargetkan.

Kemudian, pastikan juga kalian memasang pemberitahuan bahwa bisnis yang dijalankan sudah mengikuti protokol kesehatan, khususnya dalam pengolahan produk hingga proses pengiriman barang, sharing artikel-artikel yang terkait produk yang kalian jual guna menarik perhatian calon konsumen.

Karena bergantung pada pemakaian internet dan platform online, kalian juga harus menjaga kestabilan website dengan kualitas dan layanan hosting WordPress terbaik seperti yang dihadirkan oleh Exabytes Indonesia. Gunakan nama brand yang sifatnya menjual untuk bisnis kalian sekaligus profesional, maka dari itu layanan penyedia domain murah bisa menjadi alternatif pilihan untuk mengonlinekan jenis usaha kalian selain memudahkan konsumen untuk mengingat brand usaha kalian sekaligus membuat konsumen dapat kembali memakai produk kalian.

Demikian informasi yang dapat Admin Info GTK sampaikan mengenai Manfaatkan Internet Untuk Memulai Bisnis Menguntungkan di Masa Pandemi. Semoga bisnis online kalian berjalan lancar dan sukses!

Artikel ini ikut serta dalam kompetisi Blog Exabytes Indonesia, dengan tema  “Menghasilkan Pendapatan Dengan Memanfaatkan Internet di Masa COVID-19” #LombaBlogExabytes #ExabytesID

Share This Post

Post Comment