Mendikbud Integrasikan NISN Dengan NIK

infogtk.org – Menindaklanjuti hasil kerjasama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahyo Kumolo perihal pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Data Kependudukan dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) 10 November 2016 yang lalu, Kemendikbud akan mengintegrasikan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dengan Data Kependudukan dan Catatan Sipil di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada tahun 2019.

“Hari ini kita mengatur bahwa MoU itu berjalan di lapangan dan yang paling penting pada hari ini ada kesepakatan untuk nanti seluruh siswa itu tak lagi memakai Nomor Induk Siswa Nasional melainkan menggunakan Nomor Induk Kependudukan, cukup dimanfaatkan satu”, disampaikan Mendikbud untuk membangunkan media usai Rapat dengan Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil, Kemendagri, Zudan Arif Fakrullah, di Kantor Kemendikbud, Jakarta (22/01/2019).

Tujuan diintegrasikannya Dapodik dengan NIK, dijterangkan Mendikbud, data kedua ini bisa diterapkan untuk sistem zonasi yang diperluaskan pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). “Dulu orang tua datang ke sekolah untuk mengambil domba.


Nanti kita menunggu dengan dukungan dari aparat Kemendagri, menyanggah sekolah lah bersama aparat desa dan aparat kelurahan mendata anak ini masuk sekolah mana, di data oleh pemerintah hanya untuk masuk sekolah negeri ”, dikeluarkan.

Syarif Hidayatullah
Operator SDN Periuk 3 Kota Tangerang | Pembina Pramuka | Guru Spritual

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *