Mengapa Pendidikan Non-Formal Perlu Diperkenalkan Sejak Dini?

Mengapa Pendidikan Non-Formal Perlu Diperkenalkan Sejak Dini

infogtk.org – Orangtua mana yang tak ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya? Untuk mengoptimalkan tumbuh kembang sang anak, berbagai macam persiapan pun dilakukan sejak si Kecil masih berada di dalam kandungan. Tak terkecuali kebutuhan pendidikan yang akan mendorong anak tumbuh sebagai pribadi cerdas, sehat, dan tentunya kreatif. Mengapa Pendidikan Non-Formal Perlu Diperkenalkan Sejak Dini?

Berkaitan dengan frasa “sistem pendidikan”, lebih lanjut diungkapkan bahwa sistem pendidikan tidak hanya mengacu pada tingkat dan tipe pendidikan formal seperti sekolah kejuruan, umum dan spesialisasi, tetapi juga seluruh program dan proses sistematik pendidikan di luar pendidikan formal yaitu yang dikenal dengan “pendidikan non formal”.

Memperkenalkan Pendidikan Non-Formal Sejak Dini

Ketika merencanakan biaya pendidikan untuk anak, sebagian besar orangtua akan memfokuskan mereka pada pendidikan formal dari tingkat dasar hingga bangku kuliah. Namun, ada juga orangtua yang merasa si Kecil masih membutuhkan penunjang untuk mengembangkan bakat atau talenta terpendam yang kadang digali secara mendalam di sekolah formal.

Di sinilah pendidikan non-formal berperan. Sesuai namanya, jalur edukasi ini akan membantu anak melengkapi, menambah, atau mengganti kegiatan-kegiatan dari pendidikan formal. Dalam praktiknya, beberapa lembaga pendidikan non-formal pun sudah menyetarakan kualitas mereka selayaknya sekolah maupun perguruan tinggi.

Sayangnya, masih ada orangtua yang meragukan fungsi pendidikan non-formal. Alasannya beragam dari kurangnya pemahaman, tak ingin membuat si Kecil kelelahan, hingga tersandung biaya. Namun, pendidikan non-formal seperti kursus sebenarnya dapat memberikan berbagai manfaat kepada anak saat diperkenalkan sejak dini, antara lain:

Baca Juga : Pelibatan Keluarga Pada Penyelenggaraan Pendidikan di Era Kekinian

  • Memudahkan anak untuk bergaul

Memudahkan anak untuk bergaulDi sekolah-sekolah formal, terkadang anak sulit untuk berteman karena tidak menemukan teman-teman yang memiliki hobi atau minat yang sama. Akibatnya, mereka cenderung mudah minder dan pendiam, tentunya hal ini dapat berkibat tidak baik terhadap pertumbuhan anak.

Beda halnya dengan di tempat kursus si Kecil dapat dengan cepat bergaul dengan teman-teman barunya, karena memulai pergaulan dengan hobi atau minat yang sama.

  • Lingkungan belajar lebih menyenangkan

Lingkungan belajar lebih menyenangkan

Sekolah memang merupakan hal penting yang wajib dilakukan bagi setiap anak untuk mendapatkan pendidikan yang terbaik. Dengan bersekolah, anak akan mendapatkan pengetahuan yang berguna untuk masa depannya.

Terkdang rutinitas sekolah yang padat tak jarang memicu kebosanan dari anak, terutama di usia saat mereka masih senang-senangnya bermain. Beberapa orangtua mungkin berpikir mengikutsertakan si Kecil ke kursus akan membuat mereka semakin menjadi terlihat jenuh.

Faktanya, lingkungan di tempat kursus akan memberikan suasana baru yang lebih segar karena sistem pembelajarannya tergolong fleksibel.

  • Memupuk rasa percaya diri

Memupuk rasa percaya diri

Manfaat lainnya yang bakal dirasakan anak saat ikut kursus adalah meningkatkan kepercayaan diri mereka. Misalnya, si Kecil yang terlihat senang menyanyi dapat didaftarkan ke kursus vokal untuk mendalami kemampuannya.

Studi menunjukkan bahwa dengan memberikan anak Anda bimbingan secara privat, nilai akademis sang anak dipercaya dapat meningkat secara drastis, seperti jika anak Anda selalu mendapatkan nilai 70, dengan les privat, nilai akademis anak Anda dapat melejit hingga nilai 90. Dengan begitu, anak akan lebih maksimal mengembangkan talenta mereka tanpa merasa tertekan.

  • Bertemu orang-orang profesional

Bertemu orang-orang profesional

Pengajar yang membagikan ilmu dan pengalaman di tempat kursus bukanlah orang-orang sembarangan. Mereka biasanya merupakan sosok-sosok profesional yang punya jam terbang tinggi sesuai bidangnya. Anak pun bukan hanya memperoleh pengetahuan dari sumber terbaik, melainkan juga memiliki kesempatan lebih besar untuk terjun dunia yang bakal membesarkan namanya.

Dengan kursus privat, guru privat pasti akan lebih fokus dalam mengajari sang anak. Guru dapat mengetahui cara belajar si anak dan menerapkannya setiap kali guru membimbingnya dalam belajar sehingga membuat anak Anda lebih berkonsentrasi dalam belajar.

Baca Juga : Haruskah Anak Pintar Semua Mata Pelajaran

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh pendidikan non formal sebenarnya ada pada fleksibilitas waktu yang dimiliki. Selain bisa dijalankan secara manunggal, pendidikan non formal bisa dijalankan pula secara berdampingan dengan pendidikan formal.

Menunjang Potensi Anak Bersama KBL Performing Arts

Lantas dengan berbagai manfaat yang telah diuraikan di atas, di mana sebaiknya anak mengikuti pendidikan non-formal terpercaya? Jika si Kecil menunjukkan bakat di bidang seni seperti tarik suara, menari, bermain alat musik, atau bahkan modelling, maka KBL Performing Arts adalah tempat kursus tepat yang dituju.

Sekilas Tentang KBL Performing Arts.

Dengan standar internasional, KBL Performing Arts menyediakan empat program utama yang dapat disesuaikan talenta si Kecil. Antara lai vocal, stage act, music, dan role model. Masing-masing program kursus diisi oleh pengajar-pengajar terbaik dan profesional di bidangnya. Bukan hanya itu, KBL memastikan setiap program selalu mengikuti perkembangan terkini. Jadi para peserta yang mengikuti kursus tak akan ketinggalan trend-trend terbaru.

Program Kursus KBL

Sahabat Info GTK kehadiran KBL Performing Arts diharapkan dapat membantu orangtua menemukan lembaga pendidikan non-formal untuk menunjang kebutuhan anak. Untuk informasi lebih lengkap, silahkan akses website resminya di Kbl.co.id

Share This Post

Post Comment