Mengenal NISN, Manfaat dan Tujuan Keberadaannya Untuk Peserta Didik

infogtk.orgNISN adalah singkatan dari Nomor Induk Siswa Nasional, merupakan kode unik yang menjadi identitas dari seorang siswa atau peserta didik, yang bersifat standar dan berlaku untuk selamanya. Nomor ini akan menjadi pembeda antara peserta didik yang satu dengan yang lainnya baik yang berada di sekolah dalam negeri maupun luar negeri.

Nomor ini diberikan pada seluruh peserta didik berbagai jenjang sekolah yang ada di Indonesia, dengan catatan sekolah tersebut memiliki NPSN dan terdaftar dalam data Referensi Kemendikbud.

Nomor induk siswa yang berlaku secara nasional ini terdiri dari 10 angka unik, yang mana 3 angka yang berada di awal adalah penjelasan dari tahun kelahiran siswa yang bersangkutan. Sedangkan untuk 7 nomor berikutnya adalah nomor acak yang bersifat unik.

Banyak siswa yang mengeluh kesulitan untuk menghafalkan setiap nomor tersebut. Namun hal itu tak perlu dirisaukan, karena untuk melihat atau mengetahui nomor induk siswa bisa dilakukan secara online atau daring.

Mengenal NISN, Manfaat dan Tujuan Keberadaannya Untuk Peserta Didik

Bagaimana NISN Dikelola dan Siapa yang Berwenang Mengelolanya?

Nomor induk yang dimiliki oleh setiap siswa dalam satuan pendidikan ini dikelola dengan sistem pengelolaan yang bersifat nasional. Yang berwenang untuk mengelola nomor ini adalah Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan. Yang memiliki tujuan untuk melakukan identifikasi pada setiap peserta didik yang ada di seluruh wilayah Indonesia secara berkesinambungan.

Secara keseluruhan nomor ini menjadi program Dapodik atau Data Pokok Pendidikan yang harus diselenggarakan oleh satuan pendidikan dengan baik dan benar. Bahwa setiap tahun pelajaran baru, operator sekolah harus mengisikan data peserta didik ke dalam aplikasi Dapodik.

Untuk itu sesuai dengan peraturan Pemerintah Kementerian Pendidikan no.79 tahun 2015 tentang Dapodik yang mengatur tentang batas waktu pengisian Dapodik yang diatur sebagai berikut.

  • Untuk Dapo-Dikoasmen bisa dimasukkan sebelum akhir bulan September dengan syarat berada di tahun yang sama
  • Untuk Dapo-PAUD-Dikmas bisa dimasukkan sebelum akhir bulan November dengan syarat berada di tahun yang sama

Lalu bagaimana jika ternyata pengisian nomor induk siswa belum selesai hingga batas waktu yang sudah ditentukan? Sesuai peraturan yang tersebut di atas, jika input data siswa masih belum selesai hingga batas waktu yang sudah ditentukan maka pemberian nomor akan dilakukan di tahun ajaran berikutnya.

Tujuan dan Manfaat dari Nomor Induk Siswa Nasional

Adapun tujuan dan manfaat keberadaan dari NISN ada beberapa. Diantaranya adalah :

  1. Menjadi identitas peserta didik

Kita semua tahu, jumlah peserta didik dan satuan pendidikan yang ada di Indonesia sangatlah banyak. Tentunya data peserta didik yang terdaftar di setiap sekolah sangat penting untuk mengetahui seberapa berkembangnya kualitas pendidikan di Indonesia, berapa kebutuhan yang diperlukan untuk pendidikan, apa saja fasilitas yang harus ada dan membutuhkan dalam jumlah berapa? Itu semua bisa diketahui dari data peserta didik yang terkumpul di Dapodik.

Nomor ini akan menjadi identitas khusus dari setiap peserta didik dengan sidat standar, konsisten dan berkesinambungan. Data yang tercatat di Dapodik akan selalu di-update sesuai dengan perkembangan pendidikan setiap siswa.

  1. Menjadi pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online

Bahwa nomor induk siswa yang berlaku nasional akan berguna untuk kebutuhan unit kerja yang berada di wilayah Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah sampai Sekolah yang bersifat terpadu, standar serta akuntable yang memiliki basis Teknologi, Informasi dan Komunikasi yang terkini.

  1. Menjadi Sistem Pendukung Program Dapodik

Bahwa nantinya nomor induk siswa yang berlaku secara nasional tersebut akan bermanfaat untuk menunjang program yang dimiliki oleh program pendidikan yang ada di berbagai tingkat dari mulai provinsi, kabupaten hingga kecamatan. Seperti misalnya BOS (Bantuan Operasional Sekolah), PIP, SNMPTN atau Ujian Nasional.

Cara Cek NISN Secara Online

Untuk cek Nomor Induk Siswa Nasional Anda bisa mengeceknya secara online adalah dengan melakukan beberapa langkah berikut ini.

Cek Lama NISN

Langkah yang pertama adalah dengan membuka website resmi untuk cek nomor induk siswa Nasional yaitu di nisn.data.kemdikbud.go.id. Usahakan Anda memiliki jaringan atau koneksi internet yang stabil.

Kolom isian pencarian data nomor induk siswa

Pencarian NISN
Fiur Pencarian NISN

Dalam hal ini untuk mengecek informasi pendidikan dari pemilik nomor induk Anda harus mengetik nomor induk yang dimaksud. Namun jika tujuan Anda membuka website adalah untuk mengetahui nomor induk siswa maka Anda bisa melakukannya dengan meng-klik menu Pencarian Nama yang berada di sebelah kanan atas halaman.

Kemudian Anda harus mengetik Data siswa, Nama siswa, TTL, Nama ibu kandung kemudian klik Cari Data. Lakukan centang pada kolom captcha yang menerangkan bahwa Anda bukanlah robot. Kemudian klik menu Cari Data. Setelah itu laman penelusuran akan memberikan hasil dengan rincian sebagai berikut:

Pencarian Nama
Fitur Pencarian NISN Menggunakan Nama Siswa
  • Nama lengkap
  • Tempat dan tanggal lahir
  • Nama Ibu Kandung

Informasi Penting Terkait Nomor Induk Siswa Nasional

Setelah mengetahui apa itu NISN, manfaat dan tujuan pembuatannya. Berikut ini akan Kita ulas tentang beberapa hal penting terkait nomor induk yang dimiliki oleh setiap siswa tersebut.

  • Diberikan sejak mulai peserta didik menempuh jenjang pendidikan sekolah dasar atau sederajat kelas 1

Awalnya nomor induk nasional hanya diberikan pada siswa pada saat akan mengikuti ujian nasional saja. Namun seiring berjalannya waktu, kini nomor induk siswa Nasional diberikan sejak siswa tersebut terdaftar sebagai siswa kelas 1 jenjang sekolah dasar dan sederajat.

  • Nomor induk ganda

Dalam pengelolaan nomor induk bisa terjadi adanya nomor induk ganda. Hal itu bisa terjadi karena adanya otomatisasi penomoran. Jika hal ini terjadi maka bisa dilakukan perbaikan nomor induk yang hanya bisa dilakukan oleh operator jenjang sekolah SMP, SMA atau SMK melalui aplikasi Verifikasi dan Validasi Peserta Didik atau Verval PD. Bagaimana cara dan alur yang harus ditempuh?

Menurut Petunjuk Pelaksanaan Pengelolaan Nomor Induk Siswa Nasional yang secara resmi diterbitkan oleh Kemdikbud mengatur perbaikan nomor induk dengan alur sebagai berikut.

  1. Melapor pada operator sekolah
    • Cek nomor induk apakah benar ganda atau tidak di website
    • Ajukan perbaikan nomor induk dengan cara melampirkan scan ijazah yang tercantum nomor induk pada aplikasi verval PD. Anda bisa memilih menu untuk Edit Data kemudian pilih Pengajuan untuk data NISN
    • Tunggu ada persetujuan dan verifikasi dari PDSPK

Bagaimana jika ternyata nomor induk yang dimaksud adalah milik peserta didik lainnya? Maka dalam kasus ini operator sekolah akan terlebih dahulu mengecek nomor induk yang benar dan berkoordinasi dengan kepala sekolah untuk membuat surat pernyataan tentang nomor induk yang benar untuk siswa yang bersangkutan.

  1. Melapor pada Operator Pusat

Di langkah ini Operator Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan akan memeriksa pengajuan perbaikan nomor induk siswa yang diajukan oleh operator sekolah

Operator akan melakukan cek dokumen yang dilampirkan sekaligus cek kepemilikan nomor induk secara online di data arsip Dapodik Pusat

Setelah pengajuan perbaikan nomor induk disetujui, kemudian sistem akan secara otomatis melakukan pembaruan nomor induk di Aplikasi Verval PD dan Dapodik. Sekian ulasan dan informasi dari Kami tentang NISN yang diajukan dan dibuat oleh operator sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *