Mengenal Pentingnya Info GTK Bagi Pendidik

infogtk.org – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan secara kontinyu terus berupaya meningkatkan kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan. Sebagai contoh dari adanya berbagai tunjangan, kenaikan pangkat, penghargaan, dan sebagainya.

Oleh karenanya, agar para pendidik dan tenaga kependidikan tersebut dapat diketahui datanya, maka harus mendaftarkan diri terlebih dahulu dalam sebuah laman khusus bernama Info GTK.

Di laman ini, Anda sebagai guru dapat melakukan pengecekan validasi data yang dilakukan melalui aplikasi Dapodik (Data Pokok Pendidikan). Tentunya, laman info tersebut memiliki beberapa fungsi dan ketentuan lainnya. Apa sajakah itu, berikut beberapa ulasan mengenai laman info untuk GTK tersebut.

Mengenal Pentingnya Info GTK Bagi Pendidik

Seberapa Penting Harus Mengecek Info GTK?

Laman info ini memang digunakan sebagai pengecekan sekaligus validasi dan membantu guru menampilkan data dari pihak sekolah. Pengecekan ini sangat penting untuk dilakukan. Sebab, data-data yang menyangkut di dalamnya dapat menjadi acuan dari berbagai kebijakan yang akan diambil untuk para guru dan tenaga kependidikan.

Sebagai contoh, identitas dari guru atau tenaga kependidikan tersebut. Jika data-data yang tersedia adalah valid dan sinkron dengan data di Dapodik, tentunya tidak perlu repot melakukan pelaporan atau penggantian identitas.

Kemudian dari riwayat pangkat profesi yang dapat memengaruhi besaran gaji pokok setelah guru tersebut mendapatkan sertifikasi pendidik. Ada juga beberapa hal lain seperti TMT (Terhitung Mulai Tanggal) tugas, pengangkatan, hingga pembagian tugas dalam satu rombongan kelas.

Selain itu, para pendidik dan tenaga pendidik juga dapat memanfaatkan laman info tersebut untuk mengetahui status penerima bantuan, seperti yang terjadi pada tahun 2020 lalu.

Dengan adanya laman info ini, Anda sebagai PTK non-PNS juga dapat mengetahui apakah Anda terdaftar sebagai penerima Program Bantuan Subsidi Upah bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Non-PNS (BSU PTK) 2020 tersebut.

Selain itu, laman info untuk pada GTK ini juga memiliki beberapa fungsi khusus yang akan sangat berguna bagi para pendidik maupun tenaga kependidikan itu sendiri. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Guru dapat memantau hasil masukan infut data Dapodik yang dilakukan oleh pihak operator sekolah. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui sejauh mana hasil entri datanya, apakah sudah sudah sesuai dan berhasil, valid, atau malah gagal.
  2. Guru juga dapat memperbaiki kesalahan data. Perbaikan ini tentunya tidak dapat dilakukan oleh guru tersebut seorang diri. Anda perlu lapor ke operator sekolah untuk melakukan perbaikan data tersebut.
  3. Dapat memantau terbitnya berbagai surat keputusan. Salah satunya, Surat Keputusan Penerima Tunjangan Profesi (SKTP) bagi tenaga pendidikan yang sudah bertstatus penerima tunjangan sertifkasi maupun keputusan penerima tunjangan lainnya. Tentu lembar surat tersebut sangat bermanfaat dan bisa menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan berbagai tunjangan guru.
  4. Mengetahui update informasi lainnya. Adapun berbagai informasi yang disebar melalui laman info pada GTK tersebut sangat terkait dengan kebijakan guru, seperti sertifikasi, penyetaraan guru, dan sebagainya.

Jika Anda ingin mengakses laman info tersebut, pastikan operator sekolah sudah mengentri data pada Dapodik. Selain itu, pastikan juga server GTK sudah menarik data tersebut di setiap awal semester tahun pelajaran.

Anda juga perlu perhatikan bahwa info pada GTK tersebut memiliki masa aktif selama 1 semester atau 6 bulan saja. Hal ini sesuai dengan pendataan Dapodik sehingga setelah 1 semester tersebut dapat diperbarui atau dilakukan pengecekan kembali.

Lantas, Bagaimana Cara Mengeceknya?

Mengecek status GTK pada laman info tersebut sangat mudah dan cepat. Anda hanya perlu mengetahui akun username dan password PTK yang ada di aplikasi Dapodik untuk login ke akun Info GTK tersebut.

Terdapat dua cara untuk login ke laman informasi tersebut, yang pertama adalah langsung login menggunakan akun GTK, dan yang selanjutnya adalah login menggunakan SSO Dapodik.

Adapun ketentuannya juga sama, yakni menggunakan email yang aktif, tidak boleh menggunakan email orang lain, serta jika ada pengaturan ulang pada akun tersebut dapat dilakukan melalui laman Manajemen Dapodik.

Home Info GTK
Laman Home https://info.gtk.kemdikbud.go.id
  1. Login menggunakan akun GTK

Dalam melakukan login dengan cara yang pertama ini, pastikan Anda masih mengetahui akun dan password PTK yang terdapat pada Dapodik. Jika sudah, maka Anda dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut.

Login Akun GTK
Laman Login Info GTK Menggunakan Akun GTK Dapodik
  • Kunjungi web info.gt.kemdikbud.go.id
  • Klik Login Langsung ke GTK
  • Isi data-data terkait yakni akun dan password PTK
  • Klik tombol Login
  • Setelah berhasil masuk ke laman tersebut, Anda dapat mengecek apakah seluruh data kepegawaian telah sesuai ataupun valid.
  1. Login menggunakan SSO Dapodik

Atau juga bisa dilakukan melalui laman individual pada PTK tersebut. Caranya juga tidak kalah mudah, yakni sebagai berikut.

Login SSO Dapodik
Laman Login Info GTK Menggunakan Akun SSO Dapodik
  • Kunjungi web info.gt.kemdikbud.go.id lalu klik Login Menggunakan SSO
  • Selain itu, untuk lebih singkatnya Anda dapat mengunjungi website ptk.datadik.kemdikbud.go.id dan klik Login Menggunakan SSO
  • Masukkan informasi akun PTK, baik username/email serta password yang masih aktif dan valid.
  • Klik tombol Masuk
  • Apabila Anda sudah berhasil login, pilih menu Biodata
  • Scroll atau geser kursor ke bawah, klik teks buka info pada GTK dan secara otomatis, laman tersebut akan terbuka
  • Jika sudah terbuka, maka Anda dapat langsung mengecek data PTK apakah sudah valid atau belum
Lembar Login InfoGTK
Lembar Login InfoGTK

Bagaimana Kalau Ada Kendala?

Laman web info pada GTK memang merupakan bagian penting dalam data-data para guru. Hanya saja, berbagai kendala memang sering kali terjadi karena adanya beberapa hal. Adapun beberapa permasalahan yang sering terjadi adalah sebagai berikut.

Cek Info yang Tidak Dapat Dibuka

Hal ini sejatinya tidak selalu karena kendala pada server atau maintenance. Biasanya, hal ini juga dapat terjadi karena adanya sinkronisasi atau migrasi data yang dilakukan oleh Dapodik, SIM PKB hingga bagian lainnya.

Yang perlu dilakukan adalah konfirmasi dulu ke bagian/pihak yang bersangkutan seperti operator sekolah atau operator dinas, kemudian menunggu proses perbaikan yang biasanya membutuhkan estimasi waktu sekitar 2×24 jam.

Keaktifan yang Belum Terverifikasi oleh BKN

Anda mungkin pernah mengalami perbedaan data atau ketidakcocokkan data semacam ini. Misalnya dalam penulisan jabatan fungsional di mana pada data BKN masih menggunakan referensi yang lama, sedangkan seharusnya sudah menggunakan referensi yang aru.

Oleh karenanya, Anda dapat menunggu terlebih dahulu untuk proses sinkronisasi dari pihak terkait dan biasanya akan dilakukan koordinasi untuk diinput syarat-syarat perbaikan datanya.

Adanya Keterangan User ID dan Password Kosong

Hal ini kerap terjadi pada GTK yang belum memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK). Hal ini membuat beberapa guru dapat masuk ke SIM PKB namun susah untuk masuk ke laman Info GTK. Oleh karenanya, sangat penting untuk senantiasa memasukkan data UKG sebagai nomor unik untuk dapat melakukan identifikasi data pada setiap guru.

Tentunya, ada beberapa kendala lain yang dapat terjadi pada saat guru akan mengakses platform info tersebut, namun Anda tentu tidak perlu merasa panik. Anda bisa berkoordinasi dengan pihak operator dapodik sekolah maupun operator dapodik dinas terkait untuk mengatasi kendala Anda tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *