Model Pembelajaran dan Prinsip Pembelajaran dalam Kurikulum 2013

infogtk.orgBerikut Admin Info GTK sampaikan Pengertian Pembelajaran, Model pembelajaran dan Prinsip Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 yang dihimpun dari berbagai sumber.

Ada beragam model pembelajaran yang perlu kita ketahui. Berikut beberapa diantaranya model pembelajaran dan prinsip pembelajaran dalam kurikulum 2013.

  1. Belajar adalah proses interaksi antara siswa, antara siswa dan pendidik, dan antara peserta dan sumber belajar lainnya dalam lingkungan belajar yang berlangsung secara edukatif, sehingga siswa dapat membangun sikap, pengetahuan, dan keterampilan mereka untuk mencapai tujuan yang dinyatakan. Adalah proses yang berisi serangkaian kegiatan mulai dari perencanaan, implementasi hingga penilaian.
  2. Model pembelajaran adalah kerangka kerja konseptual yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan pembelajaran yang diatur secara sistematis untuk mencapai tujuan pembelajaran yang melibatkan sintaksis, sistem sosial, prinsip reaksi dan sistem pendukung (Joice & Wells). Sementara itu, menurut Arends dalam Trianto, mengatakan “model pembelajaran adalah rencana atau pola yang digunakan sebagai pedoman dalam perencanaan pembelajaran di kelas.
  3. Prinsip pembelajaran meliputi: (1) peserta didik difasilitasi untuk mencari tahu, (2) peserta didik belajar dari berbagai sumber belajar, (3) proses pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah, (4) pembelajaran berbasis kompetensi, (5) pembelajaran terintegrasi , (6) pembelajaran yang menekankan jawaban divergen yang memiliki kebenaran multi-dimensi, (7) pembelajaran berdasarkan keterampilan aplikatif, (8) peningkatan keseimbangan, kontinuitas, dan hubungan antara hard-skill dan soft-skill, (9) pembelajaran yang memprioritaskan akulturasi dan memberdayakan siswa sebagai pembelajar seumur hidup.
  4. Pembelajaran yang menerapkan nilai dengan pemodelan (ingngarso sung tulodo), membangun kehendak (ingmadyomangunkarso), dan mengembangkan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran (tut wurihandayani), (11) pembelajaran yang terjadi di rumah, di sekolah, dan di masyarakat, (12) pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran, (13) pengakuan terhadap perbedaan individu dan latar belakang budaya masyarakat. siswa, dan (14) suasana belajar yang menyenangkan dan menantang.
  5. Model pembelajaran mengacu pada pendekatan pembelajaran yang akan digunakan, termasuk tujuan pengajaran, tahapan dalam kegiatan pembelajaran, lingkungan belajar, dan manajemen kelas.
  6. Tujuan menggunakan model pembelajaran sebagai strategi adalah bagaimana pembelajaran dapat membantu siswa mengembangkan diri dalam bentuk informasi, ide, keterampilan nilai dan cara berpikir dalam meningkatkan kapasitas untuk berpikir jernih, bijak dan membangun keterampilan dan komitmen sosial ( Joice & Wells).
  7. Memilih atau menentukan model pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kondisi Kompetensi Dasar (KD), tujuan yang ingin dicapai dalam mengajar, sifat materi yang akan diajarkan, dan tingkat kemampuan siswa. Selain itu, setiap model pembelajaran memiliki tahapan (sintaksis) yang dapat dilakukan siswa dengan bimbingan guru.
  8. Implementasi pembelajaran dengan pendekatan ilmiah sebagaimana diterapkan pada kurikulum 2013, harus diintegrasikan secara sinkron dengan model pembelajaran langkah / tahapan kerja (sintaksis).
  9. Model pembelajaran memiliki empat karakteristik khusus, yaitu:
Akhmad Syadzili Fadhli
Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 5 Kota Tangerang | Berbagi Informasi Melalui Wadah infogtk.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *