Model Pembelajaran Sesuai Karakteristik Siswa Milenial

Infogtk.org – Guru abad ke-21 seharusnya memiliki sejumlah karakteristik yang pas dan ideal untuk mendidik siswa milenial. Sudah seharusnya pula Model Pembelajaran Sesuai Karakteristik Siswa Milenial. Tugas mendidik dan mengajar pada abad ke-21 memiliki tantangan tersendiri. Sebab itu, guru perlu memahami contoh figur pelajaran yang cocok dan layak serta pantas dengan keperluan kemajuan zaman.

Anak sekolah di era milenial mempunyai karakteristik benar-benar aware teknologi, berwawasan global, nyata, bebas, serta progresif, percaya diri, dan berorientasi regu/tim.

Guru abad ke-21 seharusnya memiliki sejumlah karakteristik yang pas dan ideal untuk mendidik siswa milenial. Karakteristik hal yang demikian antara lain menciptakan siswa dan siswi sebagai produser, dapat belajar teknologi baru, serta berwawasan global, siap dengan era komputerisasi, berkolaborasi, pelajaran berbasis proyek, dan terus berinovasi.

 


Karakteristik Siswa Milenial Menyesuaikan Model Pembelajaran

Dosen disebuah Universitas Pakuan Bogor Dr Yuyun Elizabeth Patras M.Pd mengemukakan pendapatnya, tentang contoh pelajaran atau metode /teknik yang dapat diterapkan oleh seorang guru yang bertumpu terhadap karakteristik peserta ajar, karakteristik kompetensi yang seharusnya dikontrol atau dikendalikan oleh peserta ajar, dan energi dukung lingkungan belajar.

Contoh pelajaran abad ke-21 adalah metode/teknik yang diterapkan  guru untuk memfasilitasi pengaman belajar terbaik  buah hati cocok dan layak dengan keadaan sibuah hati, lingkungan belajar si buah hati, dan energi dukung yang dimiliki,” kata Yuyun.

Syarif Hidayatullah
Operator SDN Periuk 3 Kota Tangerang | Pembina Pramuka | Guru Spritual

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *