Nama Pakaian Adat Aceh Adalah

Nama pakaian adat aceh dikenal dengan nama pakaian ulee balang. Demikian artikel mengenai pakaian adat nusantara dan semoga bisa menjadi referensi untuk tugas anda.

Pin Di Fesyen Traditional International Clothing

Pakaian adat aceh nangroe aceh darussalam nad adalah salah satu provinsi di indonesia yang terletak di ujung barat pulau sumatera.

Nama pakaian adat aceh adalah. Untuk itulah baju meukeusah ini menjadi baju kebesaran provinsi aceh. Warna hitam dijadikan warna dasar karena menurut kepercayaan masyarakat aceh menjadi lambang kebesaran. Baju meukeusah adalah pakaian adat aceh modern yang terbuat dari tenunan kain sutra dengan warna hitam sebagai warna umumnya.

Pakaian adat aceh yang dipakai para pria bisa disebut sebagai linto baro. Pakaian adat aceh mirip dengan pakaian arab dan melayu. Atasan dari pakaian adat linto baro disebut meukasah.

Nah itulah informasi lengkap mengenai pakaian adat aceh baik pakaian pria maupun wanita aceh mulai dari nama pernak pernik dan keunikan pakaian adat aceh. Provinsi ini mendapat julukan serambi mekah karena adat kebudayaannya yang sangat dipengaruhi oleh kebudayaan islam dari jazirah arab. Hanya digunakan pada saat acara resmi seperti pernikahan upacara adat acara tarian adat aceh dan lain sebagainya.

Kopiah khas aceh berbentuk lonjong ke atas dengan dihiasi lilitan yang dikenal dengan nama tengkulok. Pada pakaian adat aceh wanita bagian kerah baju menyerupai kerah baju khas china. Ada dua nama pakaian adat aceh yang wajib kalian ketahui yakni linto baro pria dan daro baro wanita.

Pakaian adat aceh ulee balang merupakan warisan secara turun temurun yang sudah ada dari kerajaan perlak dan kesultanan samudra pasai. Namanya cuma beda pada nama depannya aja. Uniknya pada warga aceh ternyata setiap baju yang dikenakan akan mudah dikenal mereka berasal dari keluarga mana dan seperti apa.

Pada umumnya meukasah memiliki warna hitam yang melambangkan kebesaran. Yuk simak lebih dalam antara keduanya. Terdapat unsur islami pada pakaian adat aceh.

Pakaian ini memiliki terbagi menjadi beberapa bagian. Pakaian adat aceh memiliki keunikan tersendiri karena memang namanya mengandung sebuah filosofi disebuat sebagai gayo atau pakaian adat yang sangat modern. Tak hanya itu pengaruh budaya islam dan melayu juga ada dalam busana ini.

Sedangkan untuk pakaian adat aceh modern sudah pasti bahan yang dipakai layaknya membuat pakaian. Sebab ternyata setiap baju adat aceh ada tingkatannya sendiri. Kaunikan dari pakaian adat aceh adalah sebagai berikut ini.

Kalau modenya masih sama ya budaya dan image aceh masih tetap kental. Aceh adalah salah satu daerah yang ada di indonesia dan terletak di ujung barat pada berbatasan malaysia antara samudra hindia. Pakaian adat aceh memang banyak memiliki keunikan serta ciri khas yang berbeda dibandingkan dengan pakaian adat di daerah lain.

Tengkulok terbuat dari kain sutra dengan hiasan bintang persigi delaman yang terbuat dari kuningan atau emas. Baju adat ini adalah refleksi dari seni dan kebudayaan masyarakat setempat kerena mempunyai ciri yang kental dengan kekhasan a la aceh. Baju yang terlihat seperti beskap ini terbuat dari kain sutra yang ditenun.

Meukeutop adalah pelengkap pakaian adat aceh berupa penutup kepala atau kopiah.

Pakaian Adat Palembang Dodot Fotografi Pengantin Pengantin Fotografi

Aceh Indonesian Traditional Clothes Pakaian Indonesia

Koleksi Populer Pakaian Adat Aceh Tradisional Pakaianadatacehtradisional Jessy Gallery In 2020 Fashion Hijab

Pin Di Adat Alas Aceh Indonesia

Gambar Dan Nama Pakaian Adat Tradisional Dari 33 Provinsi Di Indonesia Pengantin Gambar Pakaian

34 Pakaian Adat Tradisional Seluruh Indonesia Lengkap Rimbakita Com Di 2020 Pakaian Budaya Gambar

Batak Mandailing North Sumatera Pakaian Pengantin Pria Pakaian Perkawinan Baju Pengantin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *