Nama Pakaian Adat Suku Palembang

Nama Pakaian Adat Suku Palembang

Pakaian adat palembang kerajaan sriwijaya yang kokoh dan termasyhur di masa silam telah mewariskan beragam adat dan kebudayaan secara turun temurun terutama bagi masyarakat melayu yang tinggal di sumatera selatan. Jadi mari kita mengenal pakaian adat sumatera selatan.

Pin Di Fesyen Traditional International Clothing

Sesuai dengan namanya aesan gede atau baju besar adalah baju pakaian adat palembang yang menunjukan dan melambangkan kebesaran.

Nama pakaian adat suku palembang. Pakaian adat ini melambangkan keagungan masyarakat daerah sumatera selatan. Rumah adat palembang adalah kekayaan khazanah indonesia. Suku palembang juga merupakan salah satu kelompok etnis terdekat dari suku komering suku palembang di palembang semakin lama semakin berkurang tetapi di tepian sungai musi masih banyak ditemukan suku palembang.

Sebagai karya budaya pakaian adat hadir untuk mengekspresikan identitas dan bisa juga menunjukkan status sosial perkawinan dan agama. Busana adat palembang ini biasanya lebih sering kita lihat pada acara resepsi pernikahan yang digunakan oleh kedua pasang mempelai pengantin dengan kombinasi warna merah dan emas. Suku melayu palembang atau yang lebih dikenal dengan suku palembang adalah salah satu suku melayu yang terletak di wilayah kota palembang dan sekitarnya.

Pakaian adat palembang aesan gede. Palembang sebagai ibukota sumatera selatan sumsel dikenal sebagai daerah yang teguh menjaga budaya lokal salah satunya adalah rumah adat. Dengan pemahaman bahwa upacara pengantin merupakan upacara besar maka penggunaan pakaian adat aesan gede ini maka diharapkan kedua pengantin akan nampak anggun dan besar seperti halnya raja raja sriwijaya.

Pada bagian tubuh terdiri dari kalung kebo munggah dan juga slempang sawit. Untuk bagian tangan terdiri dari gelang kulit bahu gelang gepeng gelang sempuru dan juga gelang ulo betapo. Provinsi sumatera selatan memiliki 2 pakaian adat yang saat ini dikenal dengan nama aesan gede dan aesan paksangko.

Nama pakaian adat palembang aesan gede untuk pria juga terdiri dari beberapa bagian yakni kesuhun dan tebeng malu. 6 pakaian adat sumatera selatan nama keterangan gambar 12 desember 2020 24 agustus 2020 oleh joanda kevin dahulu sumatera selatan dikenal sebagai pusat kekuasaan kerajaan sriwijaya dan dihuni oleh beragam suku. Salah satu warisan budaya tersebut misalnya dapat kita temukan pada pakaian adat palembang yang hingga kini masih sering digunakan para pengantin dalam upacara adat pernikahannya.

Sesuai dengan namanya aesan gede atau baju besar adalah baju pakaian adat palembang yang menunjukan dan melambangkan kebesaran. Pakaian adat sumatera selatan sebagaimana daerah lain di indonesia sumatera selatan khususnya palembang mempunyai pakaian tradisional dengan ciri khasnya sendiri. Setiap suku di indonesia memilikinya tidak terkecuali di sumatera selatan yang beribu kota palembang.

Berdasarkan pada catatan sejarah paaian tradisional sumatera selatan adalah berasal dari zaman kesultanan palembang sejak abad ke enam belas hingga abad ke sembilan belas pertengahan. Baju adat sumatera selatan yang pertama adalah aesan paksangko. Aesan gede ini digunakan sebagai pakaian pengantin.

Dari bebepara rumah adat palembang masing masing memiliki nama yang memiliki makna dan fungsi masing masing pula. Aesan gede ini digunakan sebagai pakaian pengantin.

Makna Budaya Aesan Gede Pakaian Adat Sumatera Selatan Backpacker Jakarta

Gambar Pakaian Adat Sumatera Selatan Palembang

Pakaian Adat Palembang Dodot Fotografi Pengantin Pengantin Fotografi

Pakaian Adat Sumatera Selatan Serta Penjelasannya Tambah Pinter

6 Pakaian Adat Sumatera Selatan Nama Keterangan Gambar

Pakaian Adat Palembang Ulasan Lengkap Di Palembang

Gambar Dan Nama Pakaian Adat Tradisional Dari 33 Provinsi Di Indonesia 7 Comments Seni Budaya Gambar Dan Nama Pakaian Adat Gambar Pakaian Gaun Pengantin Putih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *