Nama Pakaian Adat Sumatera Selatan

Nama rumah adat sumatera selatan yang kedua adalah rumah cara gudang yang didirikan dengan tiang setinggi 2 meter. Pakaian adat ini melambangkan keagungan masyarakat daerah sumatera selatan.

Pin Di Fesyen Traditional International Clothing

Keunikan dari pakaian adat pria adalah bahannya yang terbuat dari beludru merah dan dilengkapi dengan songket dengan cara memakai seperti saat menggunakan sarung.

Nama pakaian adat sumatera selatan. Salah satu warisan budaya tersebut misalnya dapat kita temukan pada pakaian adat palembang yang hingga kini masih sering digunakan para pengantin dalam upacara adat pernikahannya. Baju adat sumatera selatan yang pertama adalah aesan paksangko. Di tambah dengan kelengkapannya semakin menambah kesakralan yang nampak pada tampilan pakaian adat yang berfungsi sebagai identitas.

Untuk material bangunan terbuat dari kayu. Pakaian adat palembang kerajaan sriwijaya yang kokoh dan termasyhur di masa silam telah mewariskan beragam adat dan kebudayaan secara turun temurun terutama bagi masyarakat melayu yang tinggal di sumatera selatan. Busana adat palembang ini biasanya lebih sering kita lihat pada acara resepsi pernikahan yang digunakan oleh kedua pasang mempelai pengantin dengan kombinasi warna merah dan emas.

Untuk area lantai dibuat tidak berundak seperti rumah limas. Pakaian adat merupakan perlambang kebesaran sekaligus sebagai refleksi falsafah dan pandangan hidup konsep dan gagasan serta tanggung jawab terutama pemimpinan suatu etnik sub etnik. Pakaian adat sumatera selatan sebagaimana daerah lain di indonesia sumatera selatan khususnya palembang mempunyai pakaian tradisional dengan ciri khasnya sendiri.

Berdasarkan pada catatan sejarah paaian tradisional sumatera selatan adalah berasal dari zaman kesultanan palembang sejak abad ke enam belas hingga abad ke sembilan belas pertengahan. Pakaian adat sumatera selatan yang satu ini juga hanya digunakan oleh pengantin. Hal ini bisa dilihat dari pilihan warna dan corak yang menghiasi pakaian adat tersebut.

Karena di dalamnya terdapat unsur filosofi hidup dan keselarasan. Perihal pakaian adat tradisional sumatera selatan. Pakaian adat besemah ini berasal dari daerah pagar alam sumatera selatan dan biasa digunakan oleh pengantin pria dan wanita setempat.

Pada busana pengantin palembang gaya aesan paksangko pengantin wanita mengunakan baju kurung warna merah tabur bunga bintang keemasan kain songket lepus teratai penutup dada serta hiasan kepala berupa mahkota pak sangkong kembang goyang kelapo standan kembang. Secara fungsional pakaian adat itu hanya boleh dipakai pada upacara tertentu mutia 1996. Rumah ini memiliki atap berbentuk limas yang dinamakan dengan rumah cara gudang karena bentuknya yang memanjang seperti gudang.

Pakaian adat sumatera selatan propinsi sumatera selatan yang beribukota di palembang ini di kenal juga dengan sebutan bumi sriwijaya hal ini dikarenakan pada abad ke 7 sampai abad ke 13 masehi wilayah ini merupakan pusat kerajaan maritim terbesar dan terkuat di indonesia yakni kerajaan sriwijaya. Pakaian adat sumatera selatan bisa dikatakan sebagai simbol peradaban budaya masyarakat sumatra selatan.

Musi Rawas I South Of Sumatera Taditional Wedding Outfit Pengantin Pakaian Pernikahan Pengantin Wanita

West Sumatra Traditional Cloth Vector Image On Vectorstock West Sumatra Free Vector Illustration Vector Illustration

Pengantin Kalimantan Penelusuran Google Traditional Outfits Special Clothes Victorian Dress

Baju Tradisional Batak Afibusana Pakaian Pengantin Pria Pakaian Pengantin Pria

Baju Adat Minang Traditional Outfits Indonesian Wedding Clothes

Gambar Dan Nama Pakaian Adat Tradisional Dari 33 Provinsi Di Indonesia 7 Comments Seni Budaya Gambar Dan Nama Pakaian Adat Tradisio Wanita Pakaian Pakaian Tari

Pakaian Adat Palembang Dodot Fotografi Pengantin Pengantin Fotografi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *