Nama Pakaian Adat Sumbawa Ntb

Nama Pakaian Adat Sumbawa Ntb

Pakaian adat ntb provinsi nusa tenggara barat atau ntb adalah suatu wilayah yang terletak di kepulauan nusa tenggara yang terdiri dari gugusan pulau kecil. Pakaian adat nusa tenggara barat lengkap gambar dan penjelasannya provinsi nusa tenggara barat terdiri atas dua pulau besar yaitu pulau lombok dan pulau sumbawa dihuni oleh beberapa suku bangsa.

Gambar Dan Nama Pakaian Adat Tradisional Dari 33 Provinsi Di Indonesia 7 Comments Seni Budaya Gambar Dan Nama Pakaian Adat Tradisio Wanita Pakaian Pakaian Tari

Selain itu daerah ini juga memiliki banyak keunikan budaya masyarakat dan juga beberapa suku bangsa yang mendiami area tersebut seperti suku sasak sumbawa dan juga suku bima yang menjadi mayoritas penduduk nusa tenggara barat.

Nama pakaian adat sumbawa ntb. Pakaian adat khas ntb untuk menikah berasal dari suku sumbawa. Kain songket sendiri umumnya menggunakan benang berwarna emas dan perak atau disebut dengan selungka. Suku bangsa mayoritas yang mendiami daerah tersebut adalah suku bangsa sasak di pulau lombok suku bangsa sumbawa semawa dan bima di pulau sumbawa.

Pakaian adat untuk pengantin laki laki disebut dengan gadu. Berikut ini adalah macam macam pakaian adat yang ada di ntb. Sebagai bawahan para wanita memakai rok panjang yang disebut dengan tope belo dan rok pendek yang disebut tope bene.

Hal ini mengingat secara keseluruhan suku sasak menjadi suku mayoritas di provinsi ntb dengan total sebesar 68 dari total populasinya. Pulau lombok mayoritas dihuni oleh suku sasak sedangkan pulau sumbawa mayoritas dihuni oleh suku bima. Pakaian adat tradisional provinsi nusa tenggara barat adalah pakaian adat lombok ayam taliwang adalah ayam yang disajikan dengan bumbu bumbu yang terbuat dari cabai merah kering bawang merah bawang putih tomat merah terasi goreng kencur gula jawa dan garam.

Tak hanya itu beberapa pakaian adat ntb adalah contoh akulturasi antar suku seperti yang nampak pada pakaian pengantin perempuan sumbawa. Pakaian adat ntb adalah satu contoh karya kebudayaan yang senantiasa lestari mewakili identitas tiga kelompok etnis terbesar di sana sasak mbojo dompu dan bima dan sumbawa. Di antara deretan pulau ini ada dua yang berukuran terbesar yaitu pulau lombok dan pulau sumbawa.

Bentuknya berupa baju lengan pendek yang dihiasi dengan sulaman benang emas berbentuk bunga. Untuk pakaian adat wanita nama pakaian adat ntb suku sumbawa ini dijuluki dengan baju lamung. Setiap jenis pakaian disertai pula dengan foto atau gambar dan keterangannya.

Baju adat ntb untuk menikah. Karena sebagian besar suku di ntb beragama islam dengan konsentrasi mencapai 96 11 produk budaya di sana pun banyak mendapat pengaruh kebudayaan islam. Pakaian adat ntb nusa tenggara barat kendati terdiri atas 2 budaya yang dominan di kancah nasional budaya suku sasak adalah yang sering dikedepankan.

Pakaian adat suku sasak pakaian adat ntb khususnya yang berasal dari suku sasak dikenal dengan nama lambung dan pegon. Pakaian adat sumbawa juga terbuat dari bahan kain songket. Berbicara baju pakaian adat ntb ini kita tidak akan lepas dari keunikan masing masing pakaian adat dari 2 suku besar di ntb yaitu pakaian adat suku sasak dan pakaian adat suku bima ntb.

Nusa tenggara barat atau biasa disebut dengan ntb memiliki banyak ekosistem alam yang sangat mempesona. Ragam pakaian adat nusa tenggara barat.

Pin Di Fesyen Traditional International Clothing

Gambar Dan Nama Pakaian Adat Tradisional Dari 33 Provinsi Di Indonesia 7 Comments Seni Budaya Gambar Dan Nama Pakaian Adat Tradisio Gambar Pakaian Pakaian Tari

Gambar Dan Nama Pakaian Adat Tradisional Dari 33 Provinsi Di Indonesia 7 Comments Seni Budaya Gambar Dan Nama Pakaian Adat Gambar Pakaian Gaun Pengantin Putih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *