Nama Rumah Adat Riau

Bentuk atapnya dibuat tidak lancip sehingga tidak setinggi rumah adat selaso jatuh kembar atau rumah adat lipat kajang. Gaya arsitektur pada rumah adat kepulauan riau sangat dipengaruhi oleh budaya melayu yang sangat kental.

7 Mengenal Rumah Adat Riau Lengkap Dengan Bentuk Nya

Itu semua adalah salah satu bukti kekayaan negara indonesia yang harus kita jaga dan lestarikan.

Nama rumah adat riau. Sama seperti rumah adat riau yang lainnya rumah adat limas potong juga dibuat dengan bentuk rumah panggung. Rumah adat belah bubung pastinya menjadi rumah adat pertama yang ada di kepulauan riau dimana ia menjadi ikon khas yang harus dikunjungi saat berada di provinsi tersebut. 5 nama rumah adat kepulauan riau.

Rumah adat melayu selaso merupakan rumah adat yang berasa dari provinsi riau. Selain rumah adat asli tradisional dari riau terdapat pula rumah adat modern yang bisa dibangun dengan tambahan sentuhan desain yang lebih modern. Rumah adat riau setiap provisi yang ada di indonesia pasti memiliki kebudayaan masing masing.

Rumah adat riau modern. Rumah adat ini aslinya berasal dari kabupaten kampar provinsi riau yang dulunya juga merupakan tempat tinggal suku bangsa melayu di lima koto riau. Jika dilihat dari jauh rumah ini memang akan terlihat seperti perahu yang dibuat oleh penduduk karena sebagian besar rumah ini ada di daerah yang berbatasan langsung dengan sumatera.

Seperti halnya tarian adat rumah adat senjata adat bahkan makanan adat. Rumah adat riau merupakan kekayaan budaya masyarakat riau yang tidak dimiliki hak ciptanya oleh satu orang tertentu oleh sebab itu rumah adat riau ini boleh diketahui oleh seluruh rakyat riau khususnya dan oleh bangsa indonesia pada umumnya agar generasi penerus bangsa indonesia mengenal peninggalan adat dan budaya nenek moyangnya sendiri diantaranya adalah rumah adat provinsi riau. Adapun beberapa nama nama rumah adat dari kepulauan riau adalah sebagai berikut.

Terdiri dari beberapa tiang dengan bentuk bangunan persegi panjang. Rumah adat selaso jatuh kembar digunakan atau difungsikan sebagai tempat berkegiatan bersama seperti sebagai tempat pertemuan dan rumah ini tidak digunakan sebagai tempat tinggal pribadi. Pada dasarnya nama nama rumah pada jenis ini sama dengan jenis tradisionalnya.

Rumah adat belah bubung. Rumah selaso jatuh kembar adalah rumah adat khas daerah riau yang berupa balai selaso jatuh. Latar belakang dari masyarakat atau suku riau juga merupakan suku melayu.

Nama rumah adat riau selanjutnya adalah rumah melayu atap lontik yang juga disebut dengan pancalang sebab pada bagian dinding depan diberi hiasan berbentuk perahu. Ciri khas rumah adat ini adalah memiliki kolong atau yang biasa kita sebut dengan rumah panggung. Ciri khas dari rumah adat ini juga bisa dilihat dari dekorasi fungsi dan makna filosofi rumah itu sendiri.

Rumah adat riau lainnya yaitu rumah adat melayu atap lontik yang juga biasa disebut dengan nama rumah pancalang atau rumah lancangan. Rumah adat belah bubung modern. Nama rumah adat limas potong diambil dari bentuk desain atapnya yang memang terlihat seperti limas yang terpotong potong.

6 Rumah Adat Riau Dengan Keunikan Desain Dan Karakternya

5 Nama Rumah Adat Kepulauan Riau Gambar Penjelasannya

6 Rumah Adat Kepulauan Riau Fungsi Nilai Filosofis

6 Jenis Rumah Adat Riau Yang Punya Ciri Khas

Rumah Adat Riau Gambar Beserta Penjelasan Lengkapnya

Rumah Adat Riau Sejarah Dan Penjelasan Lengkap Beserta Gambar

5 Rumah Adat Riau Dilengkapi Gambar Dan Penjelasannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *