Nama Rumah Adat Suku Betawi

Nama ini juga bukan sembarang nama ia memiliki makna bahwa rumah yang bersangkutan bisa didiami oleh delapan keluarga. Keduanya merupakan dua jenis rumah adat yang dibedakan berdasarkan desain dan penghuninya.

Ondel Ondel Adalah Bentuk Pertunjukan Rakyat Betawi Yang Sering Ditampilkan Dalam Pesta Pesta Rakyat Nampaknya Ondel Ondel Memerankan Leluhur Anak Pesta Cucu

Salah satu kekayaan yang dimiliki oleh suku betawi adalah rumah adat jakarta.

Nama rumah adat suku betawi. Rumah betawi ini merupakan salah satu rumah tradisional yang hingga kini masih tetap eksis dan dilestarikan oleh masyarakat. Lebih dikenal dengan nama rumah adat siwaluh jabu. Rumah adat ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan rumah adat jawa namun terdapat beberapa keunikan dan ciri khas.

Di antaranya di propinsi jawa tengah dan jawa timur. Rumah kebaya merupakan sebuah nama rumah adat suku betawi. Selain kesenian dan cerita rakyat betawi juga memiliki bentuk rumah adat yang khas.

Berikut merupakan ulasan 2 jenis rumah adat betawi. Selain rumah kebaya suku betawi juga memiliki rumah adat lainnya seperti rumah gudang rumah joglo dan rumah panggung. Namun tentu saja rumah adat joglo milik suku betawi memiliki ciri.

Pada zaman dulu rumah kebaya umumnya hanya dimiliki oleh mereka yang termasuk golongan orang terpandang. Masing masing keluarga telah mempunyai peran masing masing didalam rumah yang bersangkutan. Namun pada zaman dahulu jakarta ditempati oleh warga asli suku betawi.

Material pembuatan rumah kebaya. Jika anda penggemar acara ftv tentu tidak asing dengan yang namanya suku betawi karena kebanyakan tema acara tersebut menggunakan latar betawi. Keunikan rumah adat betawi ini adalah sebagai satu satunya rumah yang memiliki serambi ukuran luas untuk menerima tamu dan juga sebagai teras tempat bersantai semua anggota keluarga.

Rumah adat betawi selama ini kita mengenal suku betawi sebagai penduduk asli kota jakarta. Disebut dengan rumah kebaya dikarenakan bentuk atapnya yang menyerupai pelana yang dilipat dan apabila dilihat dari samping maka lipatan lipatan tersebut terlihat seperti lipatan kebaya. Rumah kebaya merupakan rumah adat betawi asli yang paling terkenal dan tercatat secara resmi sebagai simbol dari bangunan suku betawi.

Pada abad ke 15 dimana tempat ini masih bernama batavia tempat ini merupakan sebuah pertemuan budaya lokal dan internasional. Selanjutnya yang tidak kalah terkenal adalah rumah adat suku batak karo. Sebagai rumah adat resmi bagi suku betawi tentu saja rumah kebaya mempunyai berbagai macam keunikan di dalamnya salah satu di antaranya yaitu dari segi material yang digunakan.

Berikut ini adalah penjelasan dari masing masing rumah adat betawi. Jika ditelusuri ke belakang betawi sendiri sebenarnya bukan 100 penduduk asli kota ini. Rumah adat dengan nama joglo memang banyak terdapat di wilayah jawa.

Tak hanya logatnya saja yang menarik suku betawi juga memiliki rumah adat dengan bentuk yang unik. Saat ini jakarta dikenal sebagai sebuah kota yang modern dengan gedung tinggi. Karena masih dalam satu pulau maka wajar jika ada persamaan baik nama maupun beberapa arsitektur rumah adatnya.

Pada dasarnya suku betawi memiliki 4 jenis rumah adat yaitu rumah kebaya rumah joglo rumah gudang dan rumah panggung betawi. Rumah adat betawi terdiri dari 2 jenis yaitu kebaya dan panggung.

Rumah Betawi Arsitektur Rumah

24 Nama Nama Rumah Adat Di Seluruh Indonesia Ruana Sagita Arsitektur Vernakular Indonesia Rumah

Rumah Kebaya Merupakan Sebuah Nama Rumah Adat Suku Betawi Dikarenakan Bentuk Atapnya Yang Menyerupai Pelana Yang Dilipat Dan Apabila Dilih Rumah Atap Indonesia

Mewarnai Rumah Adat Minangkabau Gambar Sketsa Kartun

Pin Oleh Bhs Di Rumah Betawi Rumah

Rumah Adat Betawi Minimalis Model Rumah Minimalis Terbaru Rumah Minimalis Rumah Minimalis

Dinding Rumah Adat Betawi Menggunakan Bahan Anyaman Bambu Dengan Atau Tanpa Pasangan Bata Dibagian Bawahnya Daun Pintu Jendela Biasanya Ter Rumah Ruangan Bambu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *