Opini Benarkah Guru Tak Bisa Membuat Soal Berkualitas

Infogtk.id – Sahabat Info GTK menjalani profesi sebagai guru bukanlah hal mudah, terlebih untuk mereka yang mengabdi di tingkat pendidikan dasar, semua wajib dipelajari. Belakang timbul Opini Benarkah Guru Tak Bisa Membuat Soal Berkualitas.

Patut dicermati, selama ini guru itu tidak bisa membuat soal. Tidakmenutup kemungkinan guru dilarang membuat soal dari LKS atau bimbel.

Kebanyak seorang guru banyak yang belum mampu membuat soal yang berkualitas. Banyak dan mudahnya berbagai macam fasilitas ini lah yang membuat seorang tiidak terbiasa menyusun soal.

Pihak provinsi atau institusi tertentu seperti lembaga bimbingan belajar yang selama ini membuat soal bahkan guru juga terbiasa membuat soal dari lembaran kerja siswa (LKS), jadi bukan murni guru sendiri yang membuatnya.

[artikel number=3 tag=”pendidikan” ]

Mendikbud Muhadjir Effendy Mayoritas Guru tak Bisa Bikin Soal

Muhadjir Effendy selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) mengemukakan ini jelas sangat tidak sesuai dengan tugas pokok guru yang bertanggung jawab mengevaluasi siswa.

Dengan adanaya kegiatan  ujian sekolah berstandar nasional (USBN), agar seorang guru dapat mengambil peranan kembali yang selama ini hilang. Tahun lalu sudah diadakan pelatihan membuat soal dan evaluasi.

“Bayangkan, selama ini guru itu tidak bisa membuat soal. Jadi nanti tidak boleh lagi guru mengambil soal dari LKS atau bimbel. Guru harus membuat soal. Soalnya kemudian juga dibimbing agar lebih berkualitas. Jadi konteksnya untuk guru terkait USBN seperti itu,” kata Muhadjir.

Pages ( 1 of 2 ): 1 2Next »

Share This Post

Post Comment